Saturday, June 22, 2024
HomeAlat beratInilah 3 Alat Berat Pertanian Berkualitas Tinggi Milik PT. Pindad

Inilah 3 Alat Berat Pertanian Berkualitas Tinggi Milik PT. Pindad

PT. Pindad merupakan perusahaan produsen peralatan di bidang pertahanan ternama di Indonesia. BUMN yang satu ini dikenal memiliki cukup banyak produk dengan kualitas dan fungsi yang penting di berbagai bidang, salah satunya alat berat pertanian.

Seperti diketahui bersama bahwa bidang pertanian menjadi salah satu bidang yang banyak digarap masyarakat Indonesia sebagai mata pencaharian. Hal ini membuat PT. Pindad turut menciptakan alat-alat yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa bidang ini.

Baca Juga : Profile Alat Berat Pindad

Alat Berat Pertanian PT. Pindad Mempermudah Para Petani

Meski bidang pertanian pada dasarnya bisa tetap berjalan meski dilakukan secara manual tanpa bantuan alat berat, namun keberadaan alat berat yang saat ini bisa digunakan dalam bidang pertanian dinilai cukup membantu para petani. Berbagai pekerjaan bisa lebih cepat selesai serta memberikan hasil yang maksimal dengan bantuan alat berat tersebut.

PT. Pindad menyadari pentingnya peran alat berat dalam bidang pertanian sehingga PT. Pindad membuat beberapa jenis alat berat untuk digunakan oleh para petani di Indonesia. Adapun beberapa alat berat tersebut diantaranya :

Alat Berat Rota Tanam

Alat berat pertanian pertama yang dibuat oleh PT. Pindad adalah rota tanam. Rota tanam merupakan alat berat yang berperan penting dalam proses pengolahan tanah di bidang pertanian.

Fungsi utama dari rota tanam adalah mengolah tanah hingga tanah bisa memiliki kandungan bahan organik yang lebih baik. Proses pengolahan tanah ini biasanya dilakukan sekaligus dengan proses pencacahan sisa hasil tani yang ada di tanah seperti jagung, padi, dan lain sebagainya.

Rota tanam memiliki kapasitas lebar area kerja mencapai 1,5 meter dengan kapasitas kerja mencapai 5-6 jam per hektare tanah. Rota tanam juga dilengkapi dengan alat penyemprot decomposer sehingga bisa digunakan sekaligus untuk mengaplikasikan pupuk cair di area tani yang sedang digarap.

Alat Berat Pertanian Combine Harvester

alat berat pertanian
Bentuk alat berat combine harvester milik PT. Pindad

Selain rota tanam, PT. Pindad juga memproduksi alat berat jenis combine harvester yang mampu mempermudah proses panen para petani. Combine harvester ini memiliki beberapa fungsi diantaranya memanen padi dan jagung hingga memasukkan hasil panen ke dalam karung serta mampu bekerja di lahan basah dan kering.

Berbagai fungsi yang dimiliki oleh combine harvester membuat proses panen para petani bisa selesai lebih cepat dengan hasil yang memuaskan. Alat berat pertanian ini bisa menyelesaikan proses panen seluas 1 hektare dalam jangka waktu 6-7 jam saja dengan lebar area kerja mencapai 1,6 meter setiap kali mesin beroperasi.

Alat Berat Paddy Dryer

Masih berkaitan dengan proses panen, PT. Pindad memiliki satu jenis alat berat yang disebut paddy dryer. Seperti namanya, alat berat ini digunakan untuk mengeringkan padi yang telah dipanen.

Saat padi dipanen, kondisi padi masih basah dengan kadar kelembapan mencapai 26%. Pada kondisi ini, padi tidak dapat langsung disimpan karena akan membuat kualitas padi menurun sehingga padi perlu dikeringkan terlebih dahulu.

Proses pengeringan padi secara manual membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga penggunaan alat berat paddy dryer jauh lebih disarankan. Paddy dryer mampu membantu menurunkan kelembapan hingga mencapai kadar 12%.

Mesin yang kerap disebut mesin pengering biji-bijian ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya ruang pengering, ruang tempering, sumber pemanas, unit bucket elevator, motor penggerak, kipas (blower) dan perlengkapan lainnya. Mesin ini menggunakan sistem pemanasan tidak langsung saat mengeringkan padi sehingga padi ataupun biji-bijian lainnya bisa menurun kelembapannya hingga mencapai kadar maksimal.

Selain ketiga alat berat diatas, PT. Pindad juga memiliki alat berat pertanian lainnya salah satunya adalah traktor. Setiap alat berat yang dibuat oleh PT. Pindad dibuat menggunakan teknologi terbaru serta menyesuaikan dengan kebutuhan sehingga kualitasnya sesuai dengan kebutuhan di Indonesia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular