Saturday, June 22, 2024
HomeAlat beratInilah 4 Tipe Excavator Andalan Berkualitas Tinggi Milik PT. Pindad

Inilah 4 Tipe Excavator Andalan Berkualitas Tinggi Milik PT. Pindad

Sebagai BUMN yang menyediakan berbagai produk yang berkaitan dengan bidang pertahanan di Indonesia, tentu PT. Pindad memiliki berbagai produk berkualitas tinggi. Diantara berbagai produk yang dimilikinya, beberapa tipe excavator dinilai sebagai produk-produk andalan PT. Pindad untuk memasuki pasar alat berat.

baca Juga : Sejarah Perusahaan Pindad Produsen Excavator

Mengenal 4 Tipe Excavator Milik PT. Pindad

PT Pindad dikenal memiliki beberapa divisi produk dan jasa yang digarapnya salah satunya adalah divisi alat berat. Selain divisi alat berat, terdapat beberapa divisi lainnya diantaranya divisi kendaraan khusus divisi senjata dan divisi munisi.

Dalam divisi alat berat sendiri terdapat dua produk utama yaitu excavator dan jasa permesinan. Beberapa produk yang dimiliki PT. Pindad dalam divisi alat berat diantaranya:

  • Motor Traksi
  • Paddy Dryer
  • Traktor Roda Empat PTM-45
  • Combine Harvester
  • Rota Tanam
  • Stunga X Pindad Incinerator
  • Excava 200
  • Excava 55
  • Generator
  • Excava 200 Amphibious
  • Telehandler
  • Excava 200 Long Arm
  • Machining Facilities

Berbagai produk divisi alat berat tersebut digunakan dalam berbagai bidang mulai dari konstruksi hingga pertanian. Di antara berbagai produk yang dimilikinya, 4 tipe excavator yang dimiliki oleh PT Pindad cukup menarik perhatian karena dinilai memiliki spesifikasi yang tinggi dibandingkan dengan excavator sejenis. Adapun spesifikasi dari keempat excavator tersebut diantaranya:

Tipe Excavator – Excava 200

Excava 200 merupakan alat berat pertama yang diproduksi oleh PT Pindad pada 2015 lalu. Tipe excavator bernama excava 200 ini memiliki kapasitas angkut sebesar 20 ton dengan engine RPM mencapai 2000 RPM.

Excava 200 memiliki mesin DEUTZ AG BF06M2012C, Diesel Fuel, serta dilengkapi dengan fitur-fitur seperti sistem pendingin mesin, sistem pendingin hidrolik, sistem pendingin transmisi, sistem pendingin intercooler, sistem pendingin oli hidrolik, dan sistem pendingin udara. Berbagai spesifikasi yang dimiliki oleh excava 200 ini membuat tipe excavator ini menjadi excavator yang dinilai memiliki kualitas yang tinggi.

tipe excavator
Penampakan Excavator 200 Milik PT. Pindad

Excava 55

Selain excava 200, PT. Pindad juga memiliki excavator dengan kapasitas yang lebih kecil yakni Excava 55. Excava 55 ini memiliki beberapa spesifikasi diantaranya kapasitas bucket maksimal 0,18 m3 serta rated power mencapai 36,2 kW.

Tipe excava 55 ini termasuk dalam excavator kelas mini yang sangat cocok digunakan dalam berbagai kebutuhan alat berat di ruang kerja yang kecil. Manuver alat yang lincah membuat kebutuhan penggunaan excavator di area kerja yang sempit bisa lebih efektif.

Excava 200 Amphibious

Seperti namanya, excavator tipe 200 amphibious ini merupakan excavator yang bisa digunakan di 2 permukaan yakni darat dan air. Serupa dengan tipe excava 200 biasa, tipe excavator amphibious ini memiliki kapasitas angkut maksimal 20 ton.

Tidak berhenti sampai disini, spesifikasi alat berat yang satu ini semakin terlihat canggih berkat adanya instalasi pontoon dalam mesin alat berat excavator ini. Spesifikasi ini membuat excavator mampu pengerukan dengan posisi terapung diatas perairan dangkal sehingga pekerjaan-pekerjaan di area perairan dangkal bisa lebih maksimal saat diselesaikan menggunakan excava 200 amphibious ini.

Excava 200 Long Arm

Excavator tipe excava 200 long arm merupakan excavator dengan bentuk yang serupa seperti excava 200 namun memiliki arm yang dikostumisasi menggunakan arm yang lebih panjang dari excava 200 standar. Long arm yang dipasang pada excavator ini berfungsi untuk menjangkau material dengan posisi yang lebih jauh.

Spesifikasi dari keempat tipe excavator yang diproduksi oleh PT. Pindad ini disesuaikan dengan kebutuhan alat berat yang ada di Indonesia. Meski dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan alat berat dalam negeri, namun produk-produk yang diproduksi oleh PT. Pindad tetap berhasil menjangkau pasar luar negeri dengan baik dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular