Saturday, December 3, 2022
HomeKonstruksiJembatan Jurug A Dan B Ditutup, Rombongan Alat Berat Siap Datang Sabtu

Jembatan Jurug A Dan B Ditutup, Rombongan Alat Berat Siap Datang Sabtu

Informasi mengenai revitalisasi Jembatan Jurug Solo telah menyebar luas di masyarakat sejak berbulan-bulan yang lalu. Tidak tanggung-tanggung, berbagai jenis alat berat juga siap diterjunkan untuk menyelesaikan proyek ini.

Revitalisasi jembatan ini direncanakan akan berlangsung selama 3 bulan mulai tanggal 1 oktober 2022 hingga 17 januari 2023. Revitalisasi yang dilakukan secara besar-besaran membuat jembatan ini harus di tutup total agar tidak dilewati oleh pengendara.

Diantara 3 jembatan yang ada di lokasi yang sama, Jembatan Jurug B merupakan jembatan yang akan di revitalisasi. Meski hanya jembatan B yang di revitalisasi, namun pasalnya jembatan A juga ikut di tutup karena struktur bangunan Jembatan Jurug A sudah terlalu rapuh dan cukup berbahaya untuk digunakan.

Beragam Alat Berat Dilibatkan

Proses revitalisasi jembatan memang harus dilakukan dengan melibatkan berbagai peralatan khusus . Meski proyek revitalisasi baru di mulai pada awal oktober, namun berbagai persiapan mulai dari penutupan jembatan akan dimulai sejak pertengahan bulan september.

Alat Berat Mulai Di Datangkan

Berdasarkan informasi yang beredar, berbagai peralatan berat akan mulai di datangkan sejak 17 september 2022. Manager konstruksi PT. Baja Titian Utama yang menangani proyek besar ini yaitu Bambang Nurhadi menuturkan bahwa pada hari sabtu 17 september 2022 alat berat yang akan digunakan dalam proyek akan mulai masuk ke area konstruksi.

Diantara berbagai alat yang masuk, crane dan breaker beton akan menjadi alat pertama yang di datangkan. Hal ini dikarenakan kedua alat ini dibutuhkan dalam proses pembongkaran jembatan.

Baca Juga : Lakukan Pelebaran Jalan, Alat Berat Eksekusi Lahan

Setelah crane dan breaker beton di datangkan, proyek pembongkaran jembatan akan di mulai pada senin 19 september 2022. Setelah pembongkaran selesai dilakukan maka proyek pembangunan kembali jembatan akan secepatnya dimulai.

Proses pembuatan tiang pancang 50 meter dan bored pile yang akan digunakan pada jembatan baru nantinya juga akan dimulai setelah proses pembongkaran selesai dengan sempurna. Pasalnya waktu penyelesaian proses awal ini juga belum dapat dipastikan mengingat kondisi cuaca yang kerap kali hujan lebat hingga potensi naiknya arus Sungai Bengawan Solo.

Jika cuaca mendukung maka proses pembongkaran dan persiapan pembangunan kembali bisa selesai dengan cepat. Sebaliknya proses akan lebih lambat jika terdapat kendala dari segi cuaca dan arus sungai.

Penutupan Jalan Dan Rekayasa Lalu Lintas

alat berat
kumparan.com

Mengingat Jembatan Jurug B merupakan jalur lalu lintas utama sama seperti jembatan A dan C, maka sudah dapat dipastikan jika arus lalu lintas di jembatan ini cukup padat. Hal ini menjadi pertimbangan utama yang membuat pemerintah memutuskan untuk menutup jalan akses ke jembatan B dan melakukan rekayasa lalu lintas selama proyek revitalisi dilakukan.

Penutupan jembatan mulai dilakukan pada sabtu 17 september 2022 pukul 10.00 karena persiapan proyek seperti kedatangan alat berat dan lain sebagainya sudah mulai dilakukan. Rekayasa lalu lintas dan pemindahan jalur lalu lintas juga akan di mulai pada hari yang sama.

Karena jembatan A ikut di tutup bersama dengan jembatan B, maka seluruh arus lalu lintas akan dialihkan dan diarahkan agar bisa menggunakan jembatan C sebagai jalur utama. Meski sebenarnya jembatan A masih bisa di lewati kendaraan, namun kondisi bangunan yang telah rapuh dinilai terlalu membahayakan bagi pengendara karena estimasi jumlah pengguna jembatan A yang akan meningkat secara drastis.

Pihak Dishub Solo dan Dishub Karanganyar telah melakukan sosialisasi hingga memasang rambu lalu lintas dan petunjuk arah untuk mempermudah para pengguna jalan dalam mengakses jalur jembatan C. Dengan berbagai persiapan termasuk kedatangan alat berat yang dipercepat diharapkan proyek revitalisasi Jembatan Jurug B ini juga bisa selesai lebih cepat dari estimasi sebelumnya.

Sumber : solopos.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular