Saturday, December 3, 2022
HomeBulldozerJenis Jenis Bulldozer

Jenis Jenis Bulldozer

Bulldozer merupakan salah satu unit traktor dengan bilah terpasang di bagian depannya. Terdapat pisau untuk mendorong, memotong, membabat, serta menggulung material di depan traktor. Setiap model bulldozer memiliki jangkauan operasi dan penyesuaian Blade yang berbeda-beda ada namun idealnya dapat bekerja sekitar 5 km perjam.

Roda bulldozer dan pusat gravitasi yang rendah memberikan reaksi dan stabilitas pada lereng permukaan yang tidak rata. Serta meningkatkan transfer daya ke tanah. Dan juga terdapat berbagai macam jenis bilah serta pelengkap lainnya yang dapat digunakan Dozer. Fungsinya agar kerja bulldozer dapat fleksibel dalam tugas serta kondisi yang berbeda-beda.

Perlu diketahui bahwa memilih mesin alat berat yang tepat sesuai dengan jenis Medan dan itu sangatlah penting, kita tetap harus memilah barang yang tersedia dengan memperhatikan kondisi Medan sebelum memilih kendaraan berat. Maka dari itu kita harus tahu jenis-jenis is serta model-model dari bulldozer.

Baca Juga : Jenis-Jenis Bulldoze,Fungsi dan Kelengkapannya

  • Bulldozer Perayap ( Crawler Bulldozer )

Bulldozer Crawler atau biasa disebut bulldozer perayap sangat cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan upaya traksi yang tinggi. Mesin kelas berat ini sangat bagus dalam hal memindahkan material berat dari satu area menuju area lain. Dimana bulldozer ini juga cukup ideal dalam melintasi Medan padat dan tidak teratur karena triknya memberikan traksi yang mengagumkan. Karena perayap yang lebih besar memiliki river yang membantu menghancurkan serta membersihkan Medan yang padat.

  • Bulldozer Mini

Dari namanya nya tentu anda sudah bisa menebak bahwa ukuran bulldozer yang satu ini ini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada bulldozer pada umumnya. Bulldozer yang lebih kecil ini juga juga dikenal sebagai bulldozer kompak. Bulldozer mini ini sangat cocok untuk proyek yang membutuhkan and1 and manuver dan keserbagunaan yang lebih banyak daripada alat yang lebih besar. Karena ukurannya yang lebih kecil bulldozer mini ini sangat cocok untuk jenis proyek pembersihan serta perataan Medan.

Bulldozer Hibrid

Bulldozer Hibrid merupakan peralatan canggih yang memanfaatkan komponen elektronik serta dilengkapi dengan kombinasi bilah yang mampu bekerja dalam kondisi tergenang air dan dalam kondisi yang yang sulit sekalipun secara bersamaan.

  • Bulldozer Roda ( Wheel )

Jenisyang satu ini terkadang disebut juga sebagai bulldozer ban serta biasanya lebih besar daripada bulldozer Perayap. Kebanyakan roda bulldozer dilengkapi dengan converter torsi dan transmisi power shift, sebagian di antaranya menggunakan distribusi mesin penggerak langsung. Bulldozer yang satu ini sangat mudah dalam hal bermanuver daripada bulldozer jenis perayap hal itu disebabkan karena roda ban yang memberikan fleksibilitas yang lebih baik. Serta memiliki kemudi hidrolik yang sepenuhnya diartikulasikan dan bergerak pada sumbu yang lebih kecil. Mesin ini sangat baik jika digunakan di kondisi Medan dengan tanah yang lunak atau sensitif karena bahan lebih lembut daripada trek.

  • Bowl Dozer

Jenis yang satu ini mampu mendorong serta membawa material dengan jumlah yang relatif lebih sedikit. Hal ini disebabkan karena terdapat dinding dinding besi di samping Blade. Bowl Dozer juga bisa dipakai untuk jarak yang relatif lebih jauh. Pemilihan bulldozer sangatlah penting setelah anda tahu jenis-jenisnya tentu anda akan lebih paham terkait bulldozer mana yang harus anda beli atau sewa. Anda hanya tinggal menetapkan tujuan Anda saja apakah untuk meratakan tanah atau sejenisnya, serta Anda harus memperhatikan kondisi Medan setelah anda tahu itu semua maka anda akan lebih paham jenis apa yang harus anda pilih.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular