Dragline

Karakteristik Dragline

Alat untuk menggali tanah dan memuat material, seperti truk ataupun tempat penimbunan galian disebut dengan dragline.  Power shovel berkapasitas 2,5 cu-yd dapat dirubah menjadi dragline dengan melepas boom shovel diganti boom dan brucket dragline.

Dragline merupakan salah satu jenis excavator yang memiliki ukuran besar, memiliki fungsi pemindah material dalam skala besar, hampir sama dengan crawlier tapi penggunaannya lebih efektif dan menggunakan kawat baja tanpa tenaga hidrolik.

Karena pengikat tali yang fleksibel dari bucket ke boom, dragline melakukan tugasnya pada jarak dan kedalaman yang jauh lebih besar dari mekanisme traksi dibanding jenis mesin lainnya.

Dragline biasa dijumpai pada pekerjaan pengerukan dasar atau tepi sungai. Dragline biasanya tidak perlu masuk ke dalam tempat galian, menggali pada tempat yang penuh air atau berlumpur, sangat baik penggalian untuk parit, sungai yang curam.

Cara Kerja Dragline

Dalam suatu proyek penggalian menggunakan power shovel atau dragline mempunyai keuntungan disebabkan oleh keadaan medan dan bahan yang digali.

Dragline mempunyai tiga tipe yaitu crawler mounted, dipergunakan pada tanah dengan daya kecil sehingga floating besar tetapi kecepatan gerak rendah dan biasa dipergunakan untuk membawa alat ke lokasi pekerjaan, wheel mounted dan truck mounted.

Dragline terdiri dari beberapa sistem dasar yaitu mesin traksi, sistem tali dan ember. Sistem kabel meliputi traksi dan kabel pengangkat diikat ke embel dan rantai. Memindahkan benda kerja ke bidang vertikal dan menarik ember ke mesin yang akan terjadi pada pemotongan batu dan pemuatan tanah.

Excavator dragline secara bersamaan menarik kabel pengangkat dan traksi yang menyebabkan jarak antara unit miring dan pengnghubung tumbuh dengan dikencangkan pada kabel pelepasan, hsilnya tepi depan bucket terangkat ke atas sehingga mencegah tanah tertumpuk.

Setelah memindahkan tanah ke bongkar muat, gaya traksi dan tali pengangkat akan berkurang membuat tegangan kabel bongkar melemah sehingga menyebabkan ember kehilangan keseimbangan dan tumpah, hingga perlu dilakukan pengulangan proses pemuatan tanah.

Penggalian ember ke tanah terjadi hanya bila di bawah berat dragline itu sendiri. Karenanya perlu memastikan kekuatan penggalian tinggi, batuan harus cukup longgar. Batuan yang padat dan keras perlu perencanaan bila menggunakan excavator dragline hingga perlu terlebih dahulu baking powder atau blasting berbentuk baji.

Pengoperasian baik traksi dan tali pengangkat harus berada di bawah tegangan konstan untuk menghindari tumpang tindih. Pengoperasian mekanisme kabel menyebabkan boom mengalami peningkatan dan penurunan. Karenanya saat bekerja dengan batuan tanag keras dan padat, bucket yang lebih kecil dipasang agar tidak melebihi maksimal kapasitas beban.

Keuntungan dan Kerugian

Gaya tarikan oleh sistem hidrolik atau kabel blok dan bucket dihubungkan dengan kokoh ke bom pada cara kerja excavator konvensional, sedangkan dragline bergerak relatif bebas terhadap mesin utama.

Penggalian dengan excavator dragline dapat dilakukan pada jarak cukup jauh dari titik berdiri, karena boom yang ringan dan panjang, memungkinkan kinerja peralatan jenis ini mengurangi biaya penggalian. Sehingga mekanisme kontrol bucket yang sederhana dan tahan lama memungkinkan mengurangi biaya perawatan peralatan.

Akurasi penggalian dan pembongkaran menurun karena suspensi bucket yang fleksibel menjadi kelemahan dari excavator dragline. Hal ini membuat pengiriman batu langsung ke kendaraan menjadi sulit, sehingga terjadi penimbunan tanah di tempat penimbunan dari tempat tersebut ke tempat penimbunan truk.

Ukuran Dragline

Ukuran dragline dilihat dari ukuran bucketnya yang dinyatakan dalam cu-yd sama dengan bucket power shovel, menggunakan lebih dari satu ukuran bucket tergantung pada panjang boom dan jenis tanah yang digali. Batasan kapasitas angkut maksimal yaitu beban yang menyebabkan kemiringan alat, sehingga memerlukan pengurangan ukuran bucket jika boom yang digunakan panjang atau berat volume material yang besar.

Agar kinerja excavator dragline maksimum, lokasi penggalian harus terletak tepat di depan alat berat, karakteristik mesin berada dalam kisaran:

  • Panjang boom kurang dari 15 sampai 100 meter.
  • Kapasitas bucket utama kurang dari 6,3 sampai 168 m3.
  • Radius maksimum penggalian kurang dari 15,3 meter atau lebih.
  • Tekanan tanah kurang dari 0,06 sampai 0,225 Mpa.

Ciri khas dari excavator dragline adalah bobot pengoperasian, dimana bobot mobil paling ringan beberapa kali lebih banyak daripada peralatan khusus dengan penggerak hidrolik atau sistem blok kabel yang dapat membatasi ruang lingkupnya.

Jenis Drive Excavator

Excavator dragline paling sering dipergunakan di area pengembangan radius dan kedalaman berskala besar dalam pekerjaan pengupasan, penambangan dan penggalian.

Dragline dengan bucket berlubang untuk menambang batu dari dasar reservoir serta membersihkan sungai, danau atau selama konstruksi struktur hidrolik dipergunakan dalam pekerjaan reklamasi tanah.

Dragline tidak cukup praktis untuk dipergunakan di lokasi konstruksi dikarenakan mesin kecil dengan produktivitas rendah tanpa mesin hidrolik. Mesin seperti itu sebagian besar berada pada platform datar, dikirim ke lokasi kerja dalam bentuk yang dibongkar, dengan demikian excavator ini berjalan memiliki massa yang besar yang tidak dapat dipertahankan oleh penggerak yang dilacak.

Jangkauan penggalian dragline dapat diperluas dengan menambahkan panjang boom, maka stabilitas dragline harus diperhitungkan karena dapat mengakibatkan pengurangan kekuatan alat pada bagian ujung bucket dikaitkan kabel drag berfungsi untuk menarik bucket ke arah dragline saat penggalian, umumnya dioperasikan pada sudut boom 40 derajat.

Jenis material yang digali sebaiknya material yang lunak sampai agak keras, dimana pemakaian dragline sangat menguntungkan pada proyek pembuatan saluran dimana tanah mengandung air. Dragline dengan bucket kecil dan ringan biasanya untuk penggalian material lepas dan kering. Apabila dipergunakan pada penggalian material lebih keras maka alat tersebut harus ditambahkan rantai drag dan bucket diperkuat dengan pelat baja yang berfungsi membantu bucket dalam menggali batuan pecah dan material padat, sedangkan bucket dragline yang sedang biasanya dipakai menggali lempung dan kerikil atau pasir padat.

Uralmash adalah perusahaan pembuat mesin dalam negeri yang memiliki excavator dragline di berbagai belahan dunia. Karakteristik teknis dan model berada dalam jangkauan luas, memungkinkan dapat memilih mesin sesuai dengan kebutuhan merupakan salah satu perwakilan peralatan loncatan yang paling diandalkan.

Persaingan perusahaan domestik merupakan kepedulian dalam mempromosikan model yang dilacak ke pasar dunia dengan teknik yang lebih ringan dalam pengembangan bidang tanah yang relatif kecil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *