Saturday, June 22, 2024
HomeEducationKebakaran Smelter Nikel PT. IMIP Tewaskan 13 Pekerja

Kebakaran Smelter Nikel PT. IMIP Tewaskan 13 Pekerja

Kebakaran besar terjadi di pabrik pengolahan smelter nikel PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS). Kebakaran smelter nikel ini membuat area pabrik terbakar hebat dan baru bisa dipadamkan beberapa jam kemudian.

Pabrik pengolahan nikel PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel yang terletak di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Sulawesi Tengah terbakar pada minggu 24 Desember 2023 pagi. Akibat insiden kebakaran Ini 13 pekerja tewas dan 46 lainnya mengalami luka-luka.

Baca Juga: 10 Alat Berat Padamkan Kebakaran TPA Rawa Kucing

Pada Minggu pagi sekitar pukul 06.15 WITA, smelter nikel PT. IMIP yang terletak di Morowali terbakar. Insiden kebakaran ini menjadi salah satu peristiwa kecelakaan kerja yang cukup besar di Indonesia pada tahun 2023 ini.

Akibat kecelakaan ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) harus menurunkan tim khusus penanganan kecelakaan kerja ke lokasi kejadian. Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif menuturkan bahwa saat ini tim khusus sedang melakukan investigasi terkait dengan kecelakaan kerja yang terjadi di Morowali. Febri juga berharap pihak perusahaan kooperatif sehingga proses investigasi bisa berjalan dengan lancar.

Kronologi Kebakaran Smelter Nikel PT. IMIP

Kebakaran smelter nikel yang menewaskan 13 orang pekerja ini diketahui bermula saat aktivitas pemeliharaan pada Minggu pagi dimulai. Diketahui bahwa pada Minggu pagi, smelter tersebut sedang melakukan pemeliharaan terhadap tungku forenikel bernomor 41 mulai pukul 05.30 WITA.

Saat pemeliharaan dilakukan, diketahui bahwa terdapat sisa slag atau terak dalam salah satu tungku yang keluar dari tungku. Terak tersebut kemudian bersentuhan dengan barang yang mudah terbakar dan memicu percikan api.

Percikan api tersebut juga membuat dinding tungku runtuh sehingga sisa terak lainnya ikut keluar dan memicu api yang lebih besar. Pekerja yang saat itu masih bekerja disekitar tungku tidak menyadari awal mula percikan api sehingga langsung dihadapkan dengan kobaran api yang besar.

kebakaran smelter nikel
Kebakaran Smelter Nikel PT. IMIP Telan Puluhan Korban

Puluhan pekerja terjebak di area kerja yang telah dikelilingi oleh api dan terpaksa menyelamatkan diri dengan berbagai cara. Beberapa pekerja harus melompat dari ketinggian untuk kemudian dievakuasi oleh pekerja lainnya, sedangkan beberapa pekerja lainnya tidak sempat menyelamatkan diri dan mengalami luka bakar yang cukup parah hingga ada yang meninggal dunia.

Korban Kebakaran Smelter Nikel Langsung Dievakuasi Ke Berbagai Fasilitas Kesehatan

Kebakaran yang terjadi di smelter nikel PT. IMIP ini cukup cepat membesar karena banyaknya barang yang mudah terbakar di lokasi kejadian. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.10 WITA.

Akibat kebakaran ini, 13 pekerja tewas diantaranya 9 pekerja Indonesia dan 4 pekerja asing. 46 pekerja lainnya mengalami luka dengan berbagai tingkatan. 5 pekerja melakukan rawat jalan, 12 pekerja sedang di observasi di Klinik IMIP, serta 29 lainnya dirujuk ke RSUD Morowali. Mayoritas korban mengalami luka akibat terkena uap panas dan luka-luka setelah melompat dari ketinggian.

Hingga saat ini, lokasi kebakaran smelter nikel PT. IMIP ini masih diamankan oleh petugas karena proses investigasi masil dilakukan. Kemenperin dan pihak kepolisian juga saat ini masih menyelidiki beberapa penyebab lainnya seperti kondisi implementasi K3 di smelter nikel PT. IMIP.

Sumber: liputan6.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular