Saturday, June 22, 2024
HomeHeavy machineKecelakaan Dump Truck Di 2 Tempat Berdampak Fatal

Kecelakaan Dump Truck Di 2 Tempat Berdampak Fatal

Peralatan-peralatan yang digunakan dalam aktivitas pertambangan menjadi jenis peralatan yang cukup diwaspadai karena memiliki ukuran yang besar. Mulai dari alat berat seperti excavator dan bulldozer hingga beberapa jenis dump truck diketahui memiliki risiko kecelakaan yang cukup tinggi jika tidak dirawat ataupun digunakan dengan baik.

Hingga saat ini kecelakaan akibat truk tambang menjadi salah satu dampak negatif yang diantisipasi oleh berbagai kalangan. Tidak hanya terjadi di wilayah lokasi pertambangan saja, kecelakaan yang melibatkan truk pertambangan kerap kali terjadi di jalanan umum.

Baca Juga: Truk Kontainer Pengangkut Alat Berat Kecelakaan, 2 Orang Tewas

Kecelakaan Dump Truck Sebabkan 2 Tewas Dan 1 Luka Berat

Kecelakaan yang disebabkan oleh truk tambang kembali memakan korban selama dua hari berturut-turut di dua lokasi berbeda. Salah satu kecelakaan melibatkan pekerja tambang yang membuat pekerja tersebut mengalami luka berat sedangkan salah satu kecelakaan lainnya justru berdampak pada tewasnya warga.

Kaki Pekerja Tambang Putus Akibat Dump Truck Terbalik

Pada Sabtu 16 desember 2023, salah seorang karyawan PT. Koninis Fajar Mineral (KFM) mengalami kecelakaan usai dump truck yang dikemudikannya terbalik. PT. KFM sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan bijih nikel di Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah.

Kecelakaan korban bernama Muh Ikbal (37) terjadi pada Sabtu pukul 10.00 WITA di jalan koridor PT. KFM Kecamatan Bunta Kabupaten Banggai. Korban diketahui merupakan seorang pengemudi truk nomor lambung 54 warna merah milik sub kontraktor PT. EIM.

Saat kecelakaan terjadi, korban diketahui mengendarai truk tersebut dari arah holing menuju ke Jaei KM 1,8. Namun truk yang dikendarainya diduga hilang kendali hingga mengakibatkan truk bermuatan ore nikel tersebut terbalik. Akibat kecelakaan ini, korban mengalami luka berat diantaranya kaki kanan korban putus sementara kaki kiri korban diketahui hancur.

Saksi di lokasi kejadian yang merupakan anggota kepolisian dan pihak manajemen safety PT. EIM langsung mengevakuasi korban ke Puskesmas Bunta untuk mendapatkan perawatan medis. Kapolsek Bunta Syukri Larau menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi terkait dengan kejadian ini.

Ibu Dan Anak Di Parung Panjang Tewas Akibat Tertimpa Dump Truck

dump truck
Dump Truck Banting Setir, Motor Ibu Dan Anak Tertimpa Dump Truck

Di lokasi berbeda, satu unit dump truck mengalami kecelakaan di Jalan Raya Sidomanik, Desa Jagabaya, Kecamatan Parung Panjang. Panit Lantas Polsek Parung Panjang Ipda Wardi menuturkan saat kejadian, truk tambang tersebut berpapasan dengan mobil colt diesel yang berlawanan arah.

Sopir yang kaget akibat papasan dengan mobil colt diesel langsung membanting stir ke arah kiri yang mengakibatkan truk tidak terkendali hingga truk terjungkal dan menimpa sepeda motor yang berada di pinggir badan truk. Kecelakaan ini menyebabkan seorang ibu dan seorang anak asal Desa Pingku yang mengendarai sepeda motor tewas akibat tertimpa dam truk tersebut.

Untuk mengevakuasi kedua korban pihak kepolisian harus mendatangkan satu unit alat berat untuk mengangkat badan truk yang menimpa korban dan sepeda motornya. Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai status atau proses penyelidikan yang dilakukan terkait dengan kecelakaan yang terjadi di Parung Panjang tersebut.

Kecelakaan yang disebabkan oleh dump truck tambang kerap kali terjadi di jalan umum maupun di jalan jalur pertambangan baik disebabkan oleh kecelakaan tunggal maupun kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan lainnya. Untuk mengantisipasi kecelakaan tersebut penting untuk memeriksa kondisi kendaraan dengan baik serta memastikan perjalanan menggunakan kendaraan tersebut dilakukan dengan hati-hati.

Sumber: radarbogor.id/detik.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular