Tuesday, December 5, 2023
HomeAlat beratKenali Jenis, Fungsi dan Cara Merawat Carrier Roller

Kenali Jenis, Fungsi dan Cara Merawat Carrier Roller

Excavator merupakan alat berat yang kerap digunakan di industri konstruksi perhutanan dan pertanian. Fungsinya untuk menggali dan memuat suatu material seperti tanah bebatuan dan lainnya. Excavator terdiri dari tiga bagian yaitu attachment, base frame dan juga undercarriage. Salah satu perawatan komponen yang penting pada excavator adalah merawat carrier roller. Komponen ini merupakan bagian yang berbentuk hampir sama dengan track roller

Jumlah dan Tipe Carrier Roller

Carrier roller merupakan komponen undercarriage yang terletak di atas track frame. Panjang track dapat menentukan jumlah carrier roller yang mendukung bobot bagian atas dari track. Carrier roller ini mencegah track agar tidak melengkung, yang dapat menyebabkan track mencambuk (mengayun) selama dioperasikan. 

carrier roller
made-in-china.com

Perlu diketahui bahwa, terdapat dua tipe carrier roller, yaitu tipe flange dan tipe flat. Tipe flange terbagi lagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe center flange dan single flange. Sedangkan jumlah Carrier Roller yang dipasang pada unit sangat tergantung dari panjang track yang digunakan. Biasanya antara 1 atau 2 buah di setiap sisi.

Fungsi Carrier Roller

Komponen alat berat yang satu ini memiliki fungsi menahan berat gulungan atas dari track shoe agar tidak melentur. Fungsi lainnya adalah mencegah gerakan tetap lurus bagian track shoe antara sprocket ke idler (front idler) ataupun sebaliknya. Selain mengetahui fungsi dari komponen ini, ada baiknya jika Anda juga mengetahui hal-hal yang bisa merusak komponen ini beserta cara merawatnya.

Penyebab Kerusakan pada Carrier Roller

Dalam merawat carrier roller perlu diketahui apa saja kerusakan yang dapat merusak komponen tersebut. Kotoran tanah yang menumpuk dapat menyebabkan fungsi dari carrier roller berubah yang semula fungsinya sebagai penghantar gaya dan penahan track link pada bagian atas kemudian berputar menjadi media gesekan pada permukaan track link.  

Saat permukaan link berhubungan dengan pin dan bushing akan terjadi keausan jika ada tanah yang masuk dalam persinggungan tersebut. Jika tanah tersebut masuk saat unit bekerja maka proses keausan akan lebih cepat.

Keausan pada permukaan carrier roller dengan merata akibat bersinggungan dengan permukaan track link itu merupakan kerusakan normal. Sedangkan keausan pada flange diakibatkan adanya persinggungan dengan posisi track termasuk dalam kerusakan tidak normal dan masih bisa diminimalisir. Biasanya akibat adanya gerakan snaky track maupun in-out

Tanah yang menempel saat unit bekerja atau beroperasi akan menguras yang mengakibatkan carrier tidak berputar sebagaimana mestinya. Nilai yang menjadi penyebab keausan pada permukaan komponen ini tidak merata atau hanya ada pada satu sisi permukaan saja. Hal ini juga memicu keausan ke Batas maksimal lebih cepat.

Perawatan Komponen Undercarriage dan Carrier Roller

Untuk merawat komponen excavator tentunya cara yang paling mudah adalah menjaga kebersihan komponen dan juga memeriksa kondisi track. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya perlu pengecekan secara rutin apakah ada puing-puing atau kotoran yang terperangkap di sela-sela track.

carrier roller
indiamart.com

Dalam merawat carrier roller ataupun komponen lainnya memang kotoran tersebut perlu diperhatikan karena dapat merusak bagian yang bersinggungan. Selain itu performa alat berat pun akan kurang maksimal karena adanya kotoran tersebut.

Jika dibiarkan maka kotoran akan terakumulasi dan menempel pada komponen tersebut. Biasanya cara yang mudah adalah dengan mengayunkan lengan alat ke satu sisi. Selanjutnya tekan tanah hingga track lainnya terangkat dan putar track ke depan dan belakang sambil ditinggikan.

Sedangkan untuk kotoran yang padat atau basah dapat dibersihkan dengan menggunakan sekop baik pada bagian trackpad roller ataupun sprocket. Lakukan pula pemeriksaan pada bagian bawah agar dapat memantau adanya tanda-tanda kelembaban atau kebocoran.

Dengan merawat carrier roller dan komponen excavator lainnya secara rutin dapat memperpanjang usia excavator dan mencegah kerugian yang lebih banyak karena kerusakan komponen. Jadi, jangan lupa untuk rajin mengecek komponen alat berat!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular