Monday, July 15, 2024
HomeAlat beratPT AMMAN Menambah Armada Excavator Liebherr

PT AMMAN Menambah Armada Excavator Liebherr

PT AMMAN menambah armada alat berat excavator Liebherr setelah sebelumnya mendatangkan excavator backhoe Liebherr R 9350 pada 11 April 2019 dan kembali mendatangkan excavator backhoe Liebherr R 9350 kedua pada 19 Mei 2019.

Profil PT AMMAN

liebherr

PT AMMAN Mineral Nusa Tenggara merupakan perusahaan pertambangan Tambang Batu Hijau dimana mulai beroperasi di tahun 2000 silam. Perusahaan dengan misi menjadi perusahaan transformatif yang menciptakan warisan terbaik ini mengelola Tambang Batu Hijau yang terletak di pulau Sumbawa, kepulauan Nusa Tenggara, dengan jarak sekitar 1.540 kilometer ke arah timur dari Jakarta.

Dilansir dari MedcoEnergi, PT AMMAN Mineral Nusa Tenggara (AMNT) merupakan suatu perusahaan pertambangan yang diperoleh MedcoEnergi melalui akuisisi sekitar 50 persen saham di PT AMMAN Mineral Investama, dengan secara tidak langsung mengontrol 82,2 persen saham AMNT pada 2 November 2018.

AMNT sendiri saat ini mengelola atau mengoperasikan sekitar 25.000 hektar tambang tembaga dan emas yang bertempat di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara, Indonesia. Lebih lanjut, prediksi terkini AMNT dapat mengelola Tambang Batu Hijau hingga 2023 dengan melihat proses produksi saat ini.

R 9350 Ketiga PT AMMAN

liebherr

Dilansir dari Equipment Indonesia, PT AMMAN Mineral Nusa Tenggara kembali menghadirkan excavator backhoe Liebherr R 9350 ke-3 guna memperkuat sistem operasi armada pada tambang Batu Hijau yang berlokasi di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Tambang Batu Hijau sendiri merupakan tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia dan menjadi aset pertambangan kelas dunia yang dikelola oleh PT AMMAN.

Di tahun 2019 lalu, PT AMMAN menghadirkan excavator backhoe Liebherr pertama dengan seri R 9350 pada 11 April 2019, yang kemudian kembali membawa excavator backhoe Liebherr R 9350 kedua pada 119 Mei 2019.

Hal ini menunjukkan bahwa excavator backhoe milik Liebherr terbukti meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja dalam sektor pertambangan yang juga menghadirkan inovasi teknologi terbaru dalam sektor pertambangan.

Diketahui, penggunaan kedua mesin alat berat jenis R 9350 mampu meningkatkan produktivitas dalam usaha tambang tersebut. Performa yang baik ini juga dibantu oleh dukungan purna jual dari PT Liebherr Indonesia Perkasa. Hal tersebut yang membuat PT AMMAN kembali mempercayakan excavator backhoe Liebherr R 9350 sebagai alat berat yang membantu kinerja pertambangan tembaga dan emas di tambang Bukit Hijau.

Perakitan alat berat ketiga yang dimiliki oleh PT AMMAN ini dimulai sejak 14 April 2021 dengan waktu perakitan sekitar 2 minggu. Namun, karena departemen pelatihan PTL berada di lokasi tambang serta beberapa teknisi perusahaan sedang membutuhkan pelatihan untuk unit R 9800 baru, maka diputuskan untuk dibagi dalam beberapa tim yang membuat proses perakitan jauh lebih lama. Setidaknya dibutuhkan 4 minggu untuk menyelesaikan awal proses perakitan hingga commissioning serta proses serah terima unit.

Dalam proses perakitan, PT AMMAN terus memberi bantuan dengan memudahkan seluruh persyaratan akses pengangkatan dan pekerjaan di ketinggian yang dibutuhkan oleh tim Liebherr, terlebih oleh tim pemeliharaan dan derek PT AMMAN Mineral Nusa Tenggara.

Perakitan excavator backhoe Liebherr R 9350 untuk PT AMMAN pada akhirnya dapat diselesaikan pada Jumat, 21 Mei 2021 dengan menuntaskan berbagai masalah teknis, pemeriksaan hidraulik serta kelistrikan yang ada.

Pada 22 Mei 2021, tim PT Liebherr Indonesia Perkasa berhasol menyelesaikan commissioning serta melakukan serah terima excavator backhoe R 9350 kepada mitra bisnis, yakni PT AMMAN. Kedua pihak kemudian menandatangani dokumen akhir resmi, dimana mesin mulai melakukan perjalanan ke tambang guna melaksanakan tugas operasional pertamanya, yakni memuat keluar dari ore stockpile.

Dalam tambang Batu Hijau, unit R 9350 menjalankan berbagai tugas operasional seperti bench loading, stockpile loading, bench clean down work, dan lain sebagainya, dimana pekerjaan tersebut wajib dilakukan guna memenuhi target produksi sehari-hari.

Penggunaan R 9350 milik Liebherr ini telah mengikuti seluruh pedoman perawatan yang telah ditetapkan oleh tim perawatan tambang PT AMMAN. Lebih lanjut, hal tersebut juga didukung dengan adanya panduan ketat dari tim PTL di lokasi, serta mengikuti seluruh jadwal penggantian berbagai komponen yang direkomendasikan. Hal ini bertujuan untuk mencapai waktu henti atau downtime alat berat yang minila dengan ketersediaan waktu kerja yang maksimal.

Pihak Liebherr sendiri terus mengupayakan memperpanjang masa pakai berbagai komponen pada mesin tersebut. Adanya program Remanufaktur – yakni dengan sistem pelumasan yang unggul serta penguatan suku cadang yang mengalami tekanan, Liebherr berharap mampu mengurangi frekuensi penggantian suku cadang. Hasil dari Remanufaktur sendiri adalah meminimalisir dampak lingkungan serta penurunan biaya kepemilikan secara keseluruhan bagi PT AMMAN.

Spesifikasi Singkat Liebherr R 9350

liebherr

Seri R 9350 sendiri dikenal sebagai salah satu mesin mining dari Liebherr yang paling populer, diproduksi oleh pabrikan asal Jerman dengan total penjualan sekitar 220 unit di seluruh dunia. R 9350 yang tergolong dalam excavator besar ini dirancang untuk dapat bersaing di pasar mesin pertambangan kelas menengah yang dilengkapi bucket 18 m3 dan cocok untuk armada truk pertambangan 100 ton.

R 9350 juga dilengkapi dengan mesin diesel Cummins QSK45 bertenaga kuda tinggi serta mematuhi batas emisi yang sesuai dengan EPA Tier 2 AS, sehingga R 9350 dapat beroperasi dengan optimal dengan mengurangi dampak operasi terhadap lingkungan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular