Saturday, January 28, 2023
HomeExcavatorKomponen Utama Excavator yang Memiliki Peran Penting Dalam Kinerja Excavator

Komponen Utama Excavator yang Memiliki Peran Penting Dalam Kinerja Excavator

Excavator menjadi salah satu jenis alat berat yang cukup banyak digunakan di lapangan. Agar kinerja excavator bisa berjalan maksimal, ada beberapa komponen utama excavator yang digunakan.

Seperti diketahui bersama bahwa excavator kerap kali digunakan dalam pekerjaan-pekerjaan berat yang berhubungan dengan proyek pembangunan di lapangan. Beratnya pekerjaan yang dilakukan oleh excavator tentu membuat berbagai area dalam alat ini disusun dengan sangat teliti dengan fungsi tertentu.

Mengenal Komponen Utama Excavator

Seperti disampaikan sebelumnya, excavator terdiri dari beberapa komponen penting yang mendukung setiap fungsi yang dimilikinya. Adapun beberapa komponen utama excavator diantaranya :

Kabin

Komponen penting pertama dalam excavator yang perlu ada ketahui adalah kabin. Kabin sendiri merupakan area atau tempat operator untuk mengendalikan excavator. Dalam komponen ini terdapat berbagai tools yang bisa digunakan untuk mengendalikan komponen excavator lainnya. Dengan pentingnya fungsi kabin, tidak heran jika area ini menjadi area yang cukup diperhatikan dan di rawat dengan sangat teliti.

Komponen Utama Excavator Track

Selain kabin, track juga menjadi komponen yang cukup penting dalam sebuah excavator. Track sendiri berperan sebagai kaki bagi excavator sehingga perannya tidak bisa disepelekan. Ada beberapa bagian track yang menunjang kinerja excavator diantaranya track frame, final drive, roller, front idler, hingga track shoes.

komponen utama excavator
machineryline.id

Setiap bagian track excavator memiliki fungsinya masing-masing dalam menunjang kinerja excavator. Beberapa bagian bahkan seringkali tersedia dalam berbagai jenis seperti track shoes yang memiliki jenis tertentu menyesuaikan dengan jenis lapangan atau permukaan jalan tempat excavator tersebut bekerja.

Boom

Boom menjadi komponen yang juga memiliki peran penting dalam excavator. Boom sendiri memiliki posisi sebagai lengan yang mengerjakan pekerjaan excavator seperti menggali dan mengangkut material tertentu. Pada dasarnya lengan yang langsung mengerjakan pekerjaan excavator disebut sebagai bagian arm.

Boom sendiri merupakan lengan besar yang membantu pengoperasian arm tersebut. Keberadaan boom cukup penting karena boom membantu arm agar bisa menjangkau material yang akan diangkutnya. Dalam pengoperasiannya, boom juga berkaitan dengan arm dan bucket sehingga material pekerjaan yang digarap bisa diselesaikan sesuai target pekerjaan yang ada.

Bucket

Komponen utama excavator bucket juga menjadi ujung tombak yang menentukan kinerja excavator. Bucket sendiri merupakan keranjang yang digunakan oleh excavator selama proses pemindahan material.

Ada beberapa jenis bucket yang digunakan dalam excavator diantaranya ripper bucket, rock bucket, slope bucket, dan clamshell bucket. Penggunaan dan pemilihan bucket excavator ini biasanya tergantung pada jenis pekerjaan dan material yang digarap oleh excavator yang bersangkutan.

Itulah beberapa komponen utama yang ada dalam excavator dan dikenal memiliki peran yang cukup penting dalam menunjang kinerja excavator. Selain komponen diatas, ada beberapa komponen lainnya yang juga memiliki peran tersendiri terhadap kinerja excavator.

Beberapa komponen tersebut diantaranya adalah arm, bucket cylinder, boom cylinder, arm cylinder, swing drive dan engine. Setiap komponen yang ada dalam excavator di kombinasikan bergantung pada lokasi pekerjaan, jenis material, jenis pekerjaan, hingga jenis excavator yang digunakan.

Excavator menjadi alat berat yang cukup sering digunakan dalam berbagai pekerjaan pembangunan di berbagai negara. Bahkan untuk pekerjaan seperti pengangkutan material tertentu, excavator juga dinilai cukup tepat untuk digunakan.

Mengetahui berbagai komponen utama excavator dengan detail bisa membuat Anda lebih mengenal alat berat excavator dengan lebih dalam. Dengan mengenal excavator lebih dalam, Anda bisa mengetahui fungsi dan peran excavator dalam hal tertentu.

Previous articleFaktor Penyebab Internal Dari Kerusakan di Bucket Cylinder Pada Excavator
Next articleKetahui Tips Memilih Bucket Excavator yang Tepat
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular