Monday, July 15, 2024
HomeAlat beratLongsor Ganggu Lalulintas, BPBD Bogor Atasi dengan Alat Berat

Longsor Ganggu Lalulintas, BPBD Bogor Atasi dengan Alat Berat

Curah hujan yang tinggi masih memberikan ancaman berupa bencana longsor dan banjir berbagai daerah di Indonesia. Kondisi ini membuat pemerintah berbagai daerah waspada dan mulai menyediakan alat berat sebagai langkah antisipasi.

Bencana longsor menjadi salah satu bencana yang banyak terjadi akibat curah hujan yang tinggi. Kamis (15/02/2024), bencana longsor terjadi di wilayah Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Baca Juga: Alat Berat PUPR Mulai Tangani Longsor Puncak Pada Jumat

BPBD Bogor Turunkan Alat Berat Untuk Bersihkan Tanah Longsor

Akibat hujan deras yang melanda Kecamatan Bogor Selatan, tanah longsor terjadi di Jalan Raya Kertamaya. Hujan deras ini terjadi sekitar pukul 11.15 WIB dan membuat tebing setinggi 8 meter longsor.

Tanah longsor ini membuat sebagian badan jalan tertutup oleh material longsor. Beruntung tidak ada pengguna jalan yang sedang melewati jalan tersebut saat longsor terjadi sehingga tidak ada korban luka maupun korban jiwa dari kejadian ini.

Alat Berat BPBD Berhasil Bersihkan Longsor, Damkar Akan Lanjutkan Penanganan

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Hidayatulloh menuturkan bahwa longsor yang terjadi akibat hujan deras ini telah ditangani oleh BPBD dengan mendatangkan 1 unit alat berat. Tim gabungan BPBD dan Dinas PUPR Kota Bogor langsung mendatangi lokasi kejadian setelah laporan diterima dan pembersihan langsung dilakukan.

Baca Juga: Longsor Putus Jalan Antar Kabupaten, 3 Alat Berat Turun Tangan

Meski tidak menimbulkan korban, namun arus lalulintas di Jalan Raya Kertamaya diketahui terputus karena badan jalan lebih banyak yang tertutup material longsor. Longsor ini juga membuat pohon setinggi 5 meter yang ada di atas tebing tertarik dan miring ke arah badan jalan.

Beruntung material longsor yang menutupi badan jalan tidak terlalu banyak sehingga proses pembersihan bisa diselesaikan hanya dalam beberapa jam saja. Kondisi pohon yang miring juga telah dievakuasi sehingga tidak membahayakan para pengguna jalan.

Arus lalu lintas di Jalan Raya Kertamaya telah dibuka kembali dan dapat digunakan secara normal. Namun Hidayatulloh menuturkan bahwa setelah pembersihan tersebut, masih ada sisa material yang masih menempel di aspal dan hanya bisa dibersihkan dengan cara disemprot menggunakan air.

Terkait kondisi ini, Hidayatulloh menjelaskan bahwa peran alat berat dan tim gabungan BPBD dan PUPR telah selesai. Penyemprotan sisa material tersebut nantinya akan dilakukan oleh personel Dinas Pemadam Kebakaran.

Sumber: megapolitan.okezone.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular