Saturday, January 28, 2023
HomeEducationLongsor Tutupi Jalan, Excavator Langsung Turun Tangan

Longsor Tutupi Jalan, Excavator Langsung Turun Tangan

Mendekati penghujung tahun, curah hujan di berbagai wilayah di Indonesia semakin tinggi. Tingginya curah hujan menimbulkan beberapa dampak buruk seperti bencana banjir dan longsor seperti yang terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat hingga harus segera mendatangkan unit alat berat excavator.

Alat Berat Excavator Dan Bencana Longsor

Indonesia yang diketahui memiliki cukup banyak wilayah pegunungan membuat bencana longsor kerap kali menghantui wilayah-wilayah tersebut. Seperti salah satu bencana longsor yang terjadi pada Selasa 11 Oktober 2022 di Kecamatan Sendana, Majene, Sulawesi Barat.

Baca Juga : Alat Berat Kobelco yang Dapat Digunakan untuk Penanganan Bencana di Indonesia

Kronologi Bencana Longsor Tutupi Jalan Utama Di Majene

Bencana longsor yang terjadi pada siang hari ini disebabkan oleh tingginya curah hujan yang terjadi. Karena derasnya hujan yang terjadi, tebing yang berada di sisi jalan wilayah Lalattedzong Leppangan ini tidak bisa menahan material yang ada di atasnya.

Alhasil material yang ada di atas tebing longsor karena dorongan air hujan dan menutupi seluruh bagian jalan. Bagian jalan yang terdampak akibat bencana longsor ini merupakan jalan yang menghubungkan Kabupaten Majene dengan Kabupaten Mamuju. Jalan poros Majene-Mamuju ini merupakan salah satu jalan yang banyak digunakan sehingga tidak heran jika kejadian longsor ini cukup mengkhawatirkan banyak kalangan.

Excavator Segera Didatangkan Untuk Menangani Longsor

Meski merupakan jalan besar dengan jumlah pengguna yang tinggi, beruntung tidak ada korban dalam bencana longsor ini. Kepala BPBD Majene, Ilhamsyah menuturkan bahwa pihak BPBD segera melakukan koordinasi dengan PUPR Majene serta UPTD Bina Marga setempat setelah mendapat laporan mengenai bencana longsor ini.

Untuk menangani longsor ini, satu unit excavator langsung didatangkan untuk memindahkan material longsor tersebut. Dalam wawancaranya, Ilhamsyah mengatakan bahwa hingga saat ini masih belum diketahui jumlah alat berat yang dibutuhkan untuk mengatasi dampak dari bencana longsor tersebut hingga satu unit alat berat di berangkatkan lebih dahulu dengan tujuan untuk melakukan penanganan darurat.

excavator
detik.com

Setelah diketahui kebutuhan alat berat dan peralatan lainnya, BPBD dan PUPR serta UPTD Bina Marga akan langsung melengkapi kebutuhan tersebut sehingga dampak bencana bisa segera di tangani. Hingga laporan terakhir, material longsor ini menutupi 10 meter jalan Majene-Mamuju.

Alat Berat yang Digunakan Untuk Menangani Material Bencana

Kondisi wilayah Indonesia yang kerap menjadi lokasi bencana longsor mau tidak mau membuat berbagai jenis alat berat di sediakan di Indonesia. Alat berat jenis excavator dan alat berat lainnya yang bisa digunakan untuk memindahkan material juga menjadi alat berat utama yang disediakan di berbagai daerah di Indonesia.

Material longsor yang biasanya berbentuk tanah basah ini memang harus dipindahkan menggunakan alat berukuran besar agar proses penanganan bisa cepat diselesaikan. Ada beberapa jenis alat berat yang kerap hadir dalam proses penanganan bencana longsor diantaranya :

  • Excavator
  • Bulldozer
  • Backhoe
  • Dumptruck

Setiap alat berat memiliki fungsi masing-masing sehingga beberapa jenis alat berat kerap kali di datangkan untuk membantu menangani satu bencana yang sama. Pasalnya fungsi dari setiap alat berat juga kerap kali saling melengkapi sehingga menggunakan beberapa jenis alat berat bisa membantu penanganan bencana tersebut lebih cepat selesai.

Curah hujan yang semakin tinggi menjelang akhir tahun memang menjadi kondisi yang harus diwaspadai oleh seluruh kalangan di berbagai wilayah di Indonesia. Potensi bencana banjir dan longsor dalam skala besar seakan menjadi ancaman bagi masyarakat di Indonesia.

Berbagai langkah pencegahan juga telah dilakukan oleh pemerintah setempat mulai dari mendatangkan excavator untuk normalisasi sungai hingga membangun beberapa benteng untuk mencegah turunnya material longsor. Diharapkan dengan adanya langkah pencegahan ini, berbagai dampak bencana bisa di minimalisir dengan maksimal.

Sumber : sulbar.tribunnews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular