Wednesday, May 25, 2022
HomecraneMemindahkan Material Lebih Efektif dengan Crane CKS800

Memindahkan Material Lebih Efektif dengan Crane CKS800

Crane merupakan salah satu jenis alat berat yang digunakan untuk keperluan konstruksi. Alat berat ini biasa dipakai untuk memindahkan material ke tempat lain. Cara kerja crane ini adalah dengan mengangkat material yang akan dipindahkan atau dialihkan secara horizontal.

Pada tahap akhir, crane akan menurunkan material sesuai dengan tempat yang diinginkan. Salah satu keistimewaan menggunakan alat berat seperti crane CKS800 ini adalah dapat mempermudah pekerjaan. Alat ini dapat berputar 360 derajat dan dibuat sesuai dengan keterampilan mengangkat yang cukup besar dengan jangkauan pindah yang bisa mencapai puluhan meter.

Mengenal Fungsi Crane

Fungsi dari alat berat ini adalah mengangkat material dan memindahkannya ke tempat sesuai dengan tujuan. Biasanya material yang diangkat bukan yang bersifat ringan, melainkan material berat untuk keperluan konstruksi, bangunan, pelabuhan, bidang industrial, pergudangan dan lainnya.

Secara umum crane merupakan katrol yang beroperasi dengan sistem hidrolik dan bekerja mengandalkan bantuan udara atau sistem pneumatik. Alat ini memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsinya seperti Hydraulic Crane, Tower Crane, Truck Crane dan sebagainya. Masing-masing digunakan sesuai dengan fungsi dan cara kerja alat tersebut.

Cara Kerja Crane

Setelah memahami tentang fungsi crane, mungkin Anda masih bertanya kira-kira bagaimana cara kerja alat crane? Secara sederhana seperti yang telah dijelaskan sebelumnya cara kerja alat ini dengan memindahkan material ke tempat lain secara horizontal. Pengerjaannya dengan memanfaatkan sistem hidrolik dan pneumatik.

Setiap jenis crane dilengkapi dengan kemampuan dan kelebihan tersendiri. Ada pula yang memiliki kapasitas pengangkatan benda yang sangat besar yaitu crane terapung. Anda harus mengetahui jenis dan fungsi alat yang tepat untuk pekerjaan tertentu sebelum Anda memilih jenis crane yang akan digunakan. Dengan demikian pekerjaan dapat diselesaikan dengan tepat dan efektif.

Crane CKS800
Sumber : marketbook.web.id

Crane CKS-800

Operator yang menggunakan crane ini akan mendapatkan 2 pilihan diantaranya “independent circuit”. Pada pilihan ini pompa hidrolik menggerakkan main dan aux hoist serta mengoperasikan boom secara terpisah. Ada pula “dual circuit” yang menggunakan 2 pompa. Gunanya untuk mengalirkan oli hidrolik, mengoperasikan motor hoist.

Kedua sirkuit tersebut telah tersedia dalam akses single touch atau sekali sentuh. Pilihan “Independent Circuit” untuk main dan aux hoist dapat optimal digunakan bahkan jika bersamaan. Keduanya tetap aman digunakan bersamaan tanpa mengganggu sirkuit antara satu dan lainnya. Crane CKS800 menampilkan sisi profesional saat bekerja di konstruksi.

Baik CKS series, BMS series atau 7000S series dilengkapi dengan fungsi free-fall dan didesain untuk dual hoist circuit. Kecepatan setiap winch mempermudah crane untuk mengangkat beban pada main dan support hoist berbeda. Winch yang gesit ini membuat crane lebih powerfull serta membuat handling bucket memiliki performa yang lebih baik sehingga pekerjaan di pelabuhan atau pondasi dan konstruksi sipil dapat berjalan dengan baik.

Untuk CKS series dan 7000S series terdapat pompa terpisah yang bermanfaat untuk mengangkat boom sehingga dapat lebih lancar. Kobelco sendiri mengembangkan wet brake untuk fitur pada winches. Jika suhu meningkat, forced-oil-cooling yang ada dalam crane akan membuat sistem brake ini tahan terhadap penurunan kemampuan pengereman.

Penggunaan multiple disk pada crane juga dipastikan dapat mendukung kemampuan pengereman crane. Dengan adanya multiplate disk,crane tetap dapat beroperasi dengan maksimal meski menggunakan tenaga rem yang kecil.

Denganberbagai spesifikasi dan fitur yang handal, crane ini dipastikan mampu bertahan dalam jam operasional yang lama meski menggunakan tenaga pengereman yang kecil.Itulah pembahasan mengenai crane CKS800 dengan beberapa kelebihan dan cara kerjanya. Semoga dapat bermanfaat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular