Saturday, June 22, 2024
HomeMiningMenelaah Kesuksesan Bumi Resources Dalam Sektor Tambang Mineral

Menelaah Kesuksesan Bumi Resources Dalam Sektor Tambang Mineral

Sektor tambang mineral menjadi salah satu sektor pertambangan dengan skala yang cukup besar di Indonesia. Terdapat beberapa perusahaan yang diketahui bergelut dalam sektor ini dan berhasil menjadi perusahaan besar di Indonesia.

PT. Bumi Resources Tbk. merupakan salah satu perusahaan tambang yang memiliki peran signifikan dalam industri sumber daya mineral di Indonesia. Sejak pendiriannya, PT. Bumi Resources Tbk. telah mengalami pertumbuhan yang pesat dan terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar global. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan pertambangan non-batu bara terbesar di Indonesia, dengan cadangan mineral yang beragam, termasuk tembaga, emas, perak, nikel, dan bauksit.

Baca Juga: 3 Perusahaan Tambang Batu Bara Terbesar di Indonesia

Sejarah Pendirian Bumi Resources Perusahaan Tambang Mineral

PT. Bumi Resources Tbk. didirikan pada tahun 1973 dengan nama PT. Bumi Modern yang bergerak di bidang perhotelan dan pariwisata. Di tahun 1998, PT. Bumi Modern mengubah bisnis utamanya menjadi bidang minyak, gas alam, dan pertambangan berdasarkan RUPS Luar Biasa tanggal 31 Agustus 1998.

Tepat pada 20 September 2000, PT. Bumi Modern resmi mengganti namanya menjadi PT. Bumi Resources Tbk. setelah berhasil mengakuisisi saham Gallo Oil (Jersey) Ltd. PT. Bumi Resources Tbk. fokus pada eksploitasi dan pengelolaan sumber daya mineral, termasuk logam-base dan logam mulia.

Perkembangan Bisnis Perusahaan Tambang Mineral Bumi Resources

Skala bisnis PT. Bumi Resources Tbk. di sektor pertambangan terus meluas melalui akuisisi berbagai saham di sektor ini. Tahun 2001, 80% saham produsen batubara terbesar keempat di Indonesia yaitu PT. Arutmin Indonesia berhasil diakuisisi.

2 tahun berikutnya, akuisisi kembali dilakukan terhadap saham dari beberapa perusahaan besar diantaranya Sangatta Holdings Ltd (SHL), Kalimantan Coal Ltd (KCL), dan PT. Kaltim Prima Coal (KPC). Akuisisi yang dilakukan terhadap beberapa perusahaan besar ini berhasil meningkatkan skala bisnis PT. Bumi Resources Tbk dan menjadikan perusahaan ini sebagai salah satu perusahaan tambang mineral terbesar di Indonesia.

Tahun 2008, PT. Bumi Resources kembali memperbesar bisnisnya melalui akuisisi Herald Resources Ltd Australia. Atas akuisisi ini, PT. Bumi Resources Tbk berhasil memiliki beberapa lokasi pertambangan di sektor tambang seng, timah, dan emas di Sumatera.

tambang mineral
Sektor Pertambangan Mineral Di Indonesia Berhasil Diangkat Oleh BUMN dan Perusahaan Swasta yang Bergerak Di Dalamnya

Kini, PT. Bumi Resources Tbk berhasil beroperasi di beberapa sektor pertambangan sekaligus dengan beberapa wilayah operasi besar diantaranya:

  • Wilayah Dairi adalah wilayah operasi terbesar yang menghasilkan tembaga, emas, dan perak
  • Wilayah Gorontalo adalah wilayah operasi yang terletak di Gorontalo, dan menghasilkan nikel
  • Wilayah Sulawesi Tengah adalah wilayah operasi yang terletak di Sulawesi Tengah, dan menghasilkan bauksit

Setiap lokasi pertambangan yang dimiliki PT. Bumi Resources Tbk melakukan pertambangan yang meliputi berbagai aktivitas mulai dari eksplorasi, pertambangan, pengolahan, pemurnian, produksi, hingga pemasaran hasil tambang berupa mineral baik mineral logam maupun mineral non logam.

Bumi Resources telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Indonesia, antara lain:

  • Menyediakan lapangan kerja bagi ribuan masyarakat Indonesia
  • Menyumbang devisa bagi negara
  • Meningkatkan infrastruktur dan perekonomian di daerah operasinya

Setelah berhasil menjalankan berbagai strategi bisnisnya, kini PT. Bumi Resources Tbk telah berhasil menjadi perusahaan pertambangan mineral besar di Indonesia dengan batubara sebagai komoditas utamanya. Pemasaran komoditas tambang yang dilakukan juga tidak hanya fokus di dalam negeri namun telah berhasil mencapai pasar global melalui ekspor ke berbagai negara seperti India, Jepang, China, Hingga Korea Selatan.

PT. Bumi Resources Tbk. juga telah berhasil memiliki beberapa anak perusahaan yang berasal dari akuisisi yang dilakukan diantaranya Kaltim Prima Coal, Arutmin Indonesia, Gallo Oil, Pendopo Energi Batubara, dan Bumi Resources Minerals. Besarnya skala bisnis yang kini dimiliki PT. Bumi Resources Tbk juga berhasil membuat nama Indonesia semakin dikenal di sektor pertambangan global.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular