Saturday, January 28, 2023
HomeKonstruksiMengenal Alat Berat Cold Milling Dalam Proyek Perbaikan Jalan

Mengenal Alat Berat Cold Milling Dalam Proyek Perbaikan Jalan

Proyek pembangunan infrastruktur berupa jalan di Indonesia terus dilakukan agar setiap daerah di Indonesia bisa lebih produktif dan mudah di akses. Ada cukup banyak peralatan yang digunakan dalam proses pembangunan ini, salah satunya adalah alat berat cold milling.

Peralatan-peralatan besar memang menjadi peralatan utama yang digunakan dalam pembangunan ini karena mampu membuat proyek selesai lebih cepat dan maksimal. Bukan hanya dalam pembangunan jalan, perbaikan jalan rusak juga kerap dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis alat berat.

Baca Juga : Jenis Alat Berat untuk Pengerasan Jalan

Fungsi Alat Berat Cold Milling Untuk Perbaikan Aspal

Proyek konstruksi jalan yang dilakukan tidak hanya berkaitan dengan pembuatan jalan baru saja namun juga berkaitan dengan perbaikan jalan aspal di beberapa daerah di Indonesia. Cold milling menjadi salah satu alat berat yang kerap hadir dalam proyek konstruksi jalan tersebut.

Cold milling sendiri memiliki fungsi utama sebagai alat untuk mengelupas permukaan aspal. Fungsi inilah yang membuat cold milling banyak digunakan dalam proyek perbaikan jalan aspal.

Lapisan aspal lama dari jalan yang rusak akan dikeruk atau dikupas oleh cold milling sehingga permukaan jalan bisa kembali rata sebelum diperbaiki menggunakan aspal yang baru. Aspal lama yang telah dikeruk oleh cold milling ini nantinya akan dibuang ke truk menggunakan conveyor belt yang terpasang pada alat berat cold milling tersebut.

Kapasitas pengerukan aspal yang dimiliki oleh cold milling berbeda-beda tergantung ukuran alat cold milling yang digunakan. Pemilihan kapasitas ini biasanya dipengaruhi oleh kondisi jalan yang akan diperbaiki. Perbedaan kapasitas ini juga membuat durasi pengerjaan menggunakan cold milling berbeda-beda.

Brand Penyedia Alat Berat Cold Milling

alat berat cold milling
lectura-specs.com

Di Indonesia, ada cukup banyak brand alat berat yang kerap digunakan dalam proyek-proyek konstruksi jalan. Diantara beberapa brand tersebut, beberapa brand yang diketahui memiliki produk berupa alat berat cold milling diantaranya :

Brand Alat Berat Cold Milling Bomag

Brand pertama yang diketahui memiliki produk alat berat berupa cold milling adalah Bomag. Bomag merupakan brand yang menyediakan alat berat untuk beberapa kebutuhan seperti pemadatan tanah hingga proyek jalan aspal.

Ada beberapa produk cold milling yang dimiliki oleh brand ini diantaranya BM 600/15, BM 1000/35, BM 2000/60-2 dan beberapa tipe lainnya. Setiap tipe cold milling memiliki kapasitas lebar kerja dan kedalaman pengupasan aspal yang berbeda-beda sehingga brand ini dikenal mampu menangani proyek jalan dalam berbagai skala.

Brand Catterpillar (CAT)

Selain Bomag, CAT atau Catterpillar juga menjadi brand alat berat lainnya yang memiliki produk serupa dengan cold milling. Meski memiliki fungsi yang sama, namun CAT memperkenalkan alat berat ini dengan nama cold planer.

Beberapa tipe cold planer seperti PM620 dan PM622 menjadi alat berat andalan Catterpillar dari jenis cold planer. Kedua tipe ini dikenal dengan manuvernya yang tinggi hingga memiliki efektivitas pengerjaan aspal yang sangat maksimal.

Brand Komatsu

Komatsu sebagai salah satu brand alat berat ternama di Indonesia juga diketahui memiliki jenis alat berat yang sama dengan nama road cutter. Dengan kualitas alat berat milik brand Komatsu yang telah dikenal luas, kualitas road cutter milik Komatsu juga telah terbukti sangat handal dan banyak digunakan dalam berbagai proyek perbaikan jalan di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Alat berat cold milling memiliki peran yang cukup penting dalam tahap awal proyek perbaik jalan aspal di Indonesia. Penggunaan alat berat ini juga cukup berpengaruh terhadap efektivitas proyek yang dilakukan sehingga tidak heran jika pemilihan alat berat ini dilakukan dengan cukup teliti.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular