Saturday, January 28, 2023
HomeEducationMotor Grader

Motor Grader

Motor grader pada umumnya dijumpai di proyek-proyek pembangunan jalan, bahkan juga di pertambangan. Dengan perkembangan teknologi, grader berevolusi menjadi mesin modern dengan kekuatan besar.

Motor grader merupakan alat berat yang disertai pisau panjang guna meratakan permukaan atau melakukan proses perataan dalam sebuah konstruksi, umumnya mempunyai tiga roda disertai mesin dan kabin berada di atas roda belakang diikuti dengan blade.

Motor grader sebagai salah satu jenis alat berat yang sering dipergunakan dalam membantu pekerjaan konstruksi, memiliki tiga poros sumbu dengan traktor terletak pada poros belakang dan pisau (blade) pada bagian tengah.

Cara kerja motor ini yaitu bergerak maju mundur dengan daya rendah mendorong bidang menggunakan blade yang terpasang, dimana blade pada umumnya berukuran besar dan tajam bergerak turun apabila grader maju dan grader mundur blade akan kembali terangkat.

Grader kerap dipergunakan dalam pemeliharaan jalan datar maupun berkerikil, dimana jalan beraspal grade biasa dipergunakan untuk menyiapkan landasan dasar supaya permukaan datar dilapisi aspal dan membentuk landasan dari fondasi tanah.

Grader juga bisa membuat permukaan miring untuk jalan, membuat parit dan lain sebagainya, dimana model terkini dengan perkembangan teknologi, grader berfungsi untuk perataan presisi dan konstruksi tanpa pancang.

Perlengkapan Motor Grader

Perlengkapan yang kerap dipergunakan motor grader antara lain:

1.     Front Blade

Sebuah benda yang dipergunakan pada saat melakukan pekerjaan penaburan atau spreading.

2.     Front Pull Hook

Perlengkapan yang dipasang pada bagian depan grader berfungsi menarik material dengan melepaskan hook blade. Ada dua tipe dari front pull hook yaitu Ushape Bracket Walded on Front Axie dan Weight With Nails.

3.     Push Plate

Perlengkapan yang berfungsi sebagai penumbang pohon dan mendorong material yang terjebak dalam lumpur yang membutuhkan energi lebih besar. Selain itu juga sebagai pemberat yang akan melakukan pekerjaan secara ripping dengan menghindari roda depan tidak terangkat.

4.     Scarifier

Perlengkapan yang dipergunakan menggali material keras seperti aspal dan lapisan es atau material apapun yang sulit dilakukan dengan blade. Terdapat gigi-gigi dalam perlengkapan grader ini, dimana jumlah gigi pada scarifier tergantung dari kekerasan material yang hendak digali.

5. Extension Blade

Penggunaan blade pada extension mampu diperpanjang diberbagai sisi blade, dimana bisa satu sisi ataupun kedua sisi. Pekerjaan dengan extension lebih efisien saat melakukan pekerjaan yang sifatnya ringan saja.

6.  Hydraulic Blade Tip Control

Sudut potong pada blade dapat diatur menjadi hidrolik melalui kabin operatur ketika grader menggunakan hydraulic blade tip control.

7.     Rear Mounted Ripper

Berfungsi menggali material yang keras seperti batu ataupun material lain yang tidak dapat dikerjakan oleh scarifier, memiliki daya lebih kuat dalam menghancurkan material yang sulit dirapuhkan.

Spesifikasi Motor Grader

Beberapa pengelompokan jenis motor grader dapat dibedakan berdasarkan besaran engine yang mampu dihasilkan, antara lain:

1.     Komatsu

Jenis motor grader bervariasi tergantung kekuatan mesin, mulai dari 144 kW / 193 HP, 163 kW / 218 HP dan 209 kW / 280 HP.

Komatsu sebagai salah satu produsen alat berat yang sudah mendunia juga memproduksi motor grader.

Secara umum Motor grader Komatsu memiliki komponen sebagai berikut: blade lift cylinder, drawbar lift cylinder, cab, rear wheel, ripper, articulate cylinder, blade, front wheel dan head lamp.

Sementara seri motor grader keluaram Komatsu antara lain GD825A-2, GD705A-4, GD675-3A, GD655-3A, GD11A-1. GD555-3A, GD511A-1, GD510R-1.

Motor grader Komatsu memiliki keunggulan yaitu beberapa model dilengkapi dengan attachment yang dapat diaplikasikan seperti blade besar dengan jangkauan luas, memiliki dual transmission system dimana operator dapat memilih antara transmisi manual untuk kontrol kecepatan yang rendah saat finishing, mesin mudah untuk diinstal dan diaplikasikan.

2.     Caterpillar

Motor grader Caterpillar dapat dibedakan berdasarkan tenaga mesin mulai 93 kW, 103 kW, 178 kW, 216 kW, 227 kW dan 399 kW.

Motor grader caterpillar terbaru memiliki keunggulan pada pengembangan teknologi seperti penggunaan engine Cat C27 ACERT meningkatkan kemampuan ketinggian tanpa penurunan sampai 3048 m standar emisi EPA Tier 4 AS / Stage.

Fitur keselamatan telah dilakukan berbagai pertimbangan seperti pemasangan sistem pemadam kebakaran, kamera pandang belakang dan sabuk pengaman dengan indikator visual guna menambah kewaspadaan operator.

Beberapa motor grader yang dimiliki Caterpillar antara lain: 12H, 14H, 16H, 120H, 140H, 60H, 135H, 143H, 163H, 24H.

Caterpillar memiliki motor grader seri K dan M seperti 120 K, 120 M AWD, 14 M3, 16 M3, 18 M3, 24 (merupakan model motor grader generasi terbaru, tahun 2018).

Teknologi Pengoperasian Dengan Transmisi Converter Torsi Lock Up

Komponen motor grader terdiri dari enam sisi paling utama, ada penggerak berbentuk roda ban, kerangka atau frame menghubungkan sisi penggerak dengan komponen lain, blade atau pisau dikenal sebagai moldboard, scarifier, circle serta drawbar.

Moldboard mengeksekusi permukaan tanah dan menggerakkan sedemikian rupa. Circle atau cincin penggerak yang dapat membuat moldboard berputar serta bergerak dan material akan dihancurkan oleh scarifier atau unit alat berat bergerigi.

Motor grader dilengkapi dengan spare part alat berat blade dipasang supaya dapat lakukan pekerjaannya, blade motor grader harus dirawat agar tetap bekerja sempurna dengan panjang blade berkisar antara 3 sampai 5 meter.

Scarifier, unit motor grader dikontrl secara hidrolik, mempunyai bagian gigi berfungsi menghancurkan material yang digerkkan dengan mendorong atau menarik unit blade.

Circle bagian motor grader berbentuk seperti cincin bagian dalam dan luar bergerigi untuk menggerakkan blade agar dapat berputar.

Drawbar bagian motor grader berbentuk V atau T, menghubungkan circle dengan bagian depan grader. Moldboard atau pisau dapat digerakkan seperti blade pada dozer, yaitu tilt, pitch dan angle dengan fleksibilitas lebih besar. Gerakan piching ke depan biasa untuk pekerjaan finishing dan pencampuran, sedang gerakan piching ke belakang untuk meningkatkan pemotongan.

Dalam pengoperasian motor grader dilengkapi peralatan tambahan agar dapat bekerja serbaguna antara lain:

  • Scarifier teeth (ripper dalam bentuk kecil sebagai penggaruk) dipasang di depan blade dan dikendalikan secara tersendiri.
  • Pavement widener (alat untuk mengatur penghamparan).
  • Elevating grader unit (alat pengatur gradding).

Transmisi converter torsi lock up dirancang khusus untuk Komatsu, dapat memberikan efisiensi pengalihan dan pengoperasian peralihan otomatis antara lain:

  • Modus otomatis converter torsi memungkinkan operator bebas dari penguncian pedal dan memberikan kontrol mesin yang halus dan banyak torsi saat memulai memungkinkan operator mulai dari gigi keempat sekalipun, dimana perpindahan gigi otomatis pada kelengkapan F4-F8 dengan kemampuan manuver yang tinggi.
  • Manual mode transmisi drive secara langsung di semua roda gigi, bekerja dengan cara sama seperti mesin shift tenaga konvensional dengan kecepatan mesin konstan dan operasi ekonomis untuk meminimalkan pergeseran guncangan.

Komatsu secara unik mengembangkan semua komponen utama termasuk sistem kontrol total, seperti mesin, elektronika dan komponen hidrolik, telah mencapai kemajuan besar dalam teknologi dengan menghasilkan generasi baru produk berkinerja tinggi dan ramah lingkungan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular