MENGENAL FUNGSI UMUM DAN FUNGSI KHUSUS PADA KOBELCO MONITORING EXCAVATOR SYSTEM (KOMEXS)

Hal yang sangat penting memonitor alat berat, secara normal dengan mengontrol biaya operasi sekaligus produktivitas dari alat berat. Hal yang sulit dilakukan secara konsisten mengingat alat berat sering bekerja di berbagai wilayah yang sulit terjangkau, terlebih alat berat yang dimiliki berjumlah banyak dan bekerja secara bersamaan.

Kobelco Monitoring System (KOMEXS) merupakan sebuah sistem monitor excavator Kobelco yang memungkinkan dapat mengontrol excavator dari jarak jauh. Sistem Komexs ini didesain memonitor berbagai parameter operasi penting yang ditampilkan pada layar komputer pemilik alat maupun pusat kntrol tanpa delay waktu.

Beberapa keyperson dapat mengetahui potensi problem yang dapat mempermudah koordinasi pemecahan masalah, sehingga terselesaikan dengan lebih cepat. Bekerja dengan mekanisme bahwa sebuah unit kontrol terpasang pada unit yang akan memonitor semua prameter penting dari unit melalui transmitter realtime pada unit.

Kobelco menggunakan satelit dengan orbit rendah, sehingga transmitter memancarkan data ke satelit yang kemudian ditransmisikan kembali ke Kobelco base station untuk diolah pada server berbasis web sebelum dealer atau pemilik Kobelco itu sendiri.

Sistem Komexs setiap unit excavator Kobelco dilengkapi tanpa tambahan biaya, dimana pada sebagian sistem sejenis menjadi opsi tambahan. Penggunaan web base system memberikan keuntungan dengan tampilannya yang lebih user friendly sehingga data/informasi yang ditampilkan tidak hanya berupa angka dan tulisan, tetapi juga berupa grafis mempermudah pemahaman membuat bekerja lebih cepat dan aman.

Informasi yang dapat diakses melalui sistem Komexs meliputi informasi berkaitan dengan operasional dan maintenance, seperti data lokasi unit, jam kerja operasional, konsumsi bahan bakar termasuk lamanya unit tidak beroperasi dan dapat disetting pada lokasi tertentu.

Pengoperasian excavator akan lebih mudah dikontrol sesuai dengan rencana kerja yang sudah ditentukan. Petugas pengontrol Komexs akan mencatat lokasi-lokasi yang sudah dilewati oleh excavator dimanapun excavator keluar dari area yang sudah disetting alarm akan berbunyi.

Sistem Komexs akan mencatat berbagai problem unit yang timbul selama pengoperasian, termasuk interval penggantian oli dan filter. Seorang petugas kontrol akan mudah memperoleh jadwal maintenance semua unit dan meneruskan ke tim service.

Informasi maintenance akan disetting pada komputer atau telepon selular, sehingga apabila sistem komputer mengalami masalah atau saat hari libur tetap dapat memonitor unit.

Fungsi khusus pada Kobelco Monitoring Excavator Sistem (KOMEXS) antara lain :

1.  Bagian atas monitor mesin (bagian tampilan)

Pada bagian atas monitor mesin merupakan area tampilan multifungsi, dipergunakan pada saat menghidupkan mesin excavator Kobelco, dimana tegangan aki akan turun secara tiba-tiba sesuai dengan suhu lingkungan dan kondisi aki. Kerusakan terjadi akan menebabkan monitor mesin akan mati beberapa saat.

2. Bagian atas monitor mesin (bagian saklar)

Terdapat 6 saklar fungsi di bagian atas monitor, seperti F1 – F6. Fungsi dari setiap saklar fungsi akan menampilkan tanda grafik di atas saklar fungsi. Jika pada saklar fungsi tidak menampilkan tanda grafik, maka saklar fungsi tidak berjalan dengan baik.

3. Bagian bawah monitor mesin (bagian sakelar)

Terdapat 15 saklar pada bagian bawah monitor, dimana 10 saklar dengan angka dan 5 saklar tanpa angka. 10 saklar dengan angka adalah:

1 . Saklar input 1 digital / saklar peredam otomatis;

2 . Saklar 2 input / saklar pemilihan mode kerja digital;

3 . Saklar input 3 digital / saklar variabel kecepatan berjalan;

4 . Saklar input 4 digital / saklar pembatalan bel alarm;

5 .Saklar input / saklar penghapus digital 5;

6 . Saklar input 6 digital / saklar pencuci kaca depan;

7 . Saklar masukan / AC atau saklar pemanas nomor 7;

8 . Saklar input 8 digital / AC atau saklar pemanas;

9 . Saklar input / AC atau saklar pemanas digital 9;

0 . Saklar masukan / AC atau saklar pemanas digital 0;

Saklar tanpa nomor dipergunakan untuk saklar AC atau pemanas.

Setiap saklar memiliki fungsi tampilan dengan tanda grafik dan fungsi memasukkan angka. Monitor mesin secara otomatis menilai fungsi mana dari setiap saklar yang dapat berfungsi. Perbedaan antara spesifikasi AC, spesifikasi heater, dan spesifikasi non-heater hanyalah fungsi saklar itu sendiri.

4. Fungsi umum dan khusus monitor mesin

Monitor mesin memiliki fungsi umum dan fungsi khusus, menampilkan berbagai informasi pada tampilan multifungsi secara otomatis sesuai dengan pengaturan internal monitor mesin dan pengoperasian saklar.

  • Fungsi umum (mode operator)

Secara normal operator dapat menampilkan dan mengaturnya dengan mengoperasikan saklar (tampilan dan pengaturan beberapa item memerlukan pengoperasian saklar khusus).

  • Fungsi khusus (mode layanan)

Biasanya tidak ditampilkan personel pemeliharaan secara normal dengan mengoperasikan saklar, dipergunakan untuk pengaturan khusus, pengujian, penyesuaian atau diagnosis kesalahan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *