Wednesday, May 25, 2022
HomeAlat beratMengenal Jenis dan Series Crane Kobelco

Mengenal Jenis dan Series Crane Kobelco

Alat berat seperti traktor, crane, dan excavator masih menjadi jenis mesin-mesin besar yang menarik perhatian berbagai kalangan. Beberapa kalangan seringkali penasaran dengan fungsi dari mesin-mesin tersebut karena memiliki bentuk mesin yang sangat besar.

Beberapa kalangan lainnya seringkali bertanya-tanya mengenai perbedaan alat berat yang satu dengan alat berat lain karena seringnya melihat alat berat dengan brand yang sama namun memiliki perbedaan bentuk. Setiap brand alat berat memang memiliki beberapa jenis alat berat dengan tipe-tipe berbeda menyesuaikan dengan fitur dan manfaat yang dimilikinya. Salah satu brand alat berat ternama yang dikenal memiliki cukup banyak pilihan produk adalah Kobelco.

Brand asal Jepang ini dikenal sebagai brand yang memiliki produk alat berat berkualitas tinggi seperti crane Kobelco dan excavator Kobelco. Produk-produk yang dimiliki oleh Kobelco seringkali dipilih untuk mengerjakan project di berbagai bidang rigid konstruksi karena dinilai memiliki kualitas yang baik. Diantara berbagai produk yang dimilikinya, crane menjadi alat berat unggulan yang dimiliki oleh brand alat berat yang satu ini.

Crane Kobelco
Sumber : Cranemarket.com

Mengenal Crane dan Fungsinya

Nama mesin crane sendiri sebenarnya cukup akrab di telinga masyarakat, namun sayangnya tidak banyak masyarakat yang benar-benar mengetahui jenis hingga fungsi dari alat berat ini. Crane sendiri merupakan alat berat yang memiliki beberapa fungsi diantaranya :

  • Mengangkat material berukuran besar
  • Memindahkan posisi material berukuran besar
  • Memindahkan material ke posisi yang lebih tinggi dengan jangkauan yang jauh

Pada dasarnya crane memiliki fungsi utama untuk memindahkan posisi berbagai material dengan berbagai ukuran. Namun perbedaan jenis material, posisi lokasi kerja, hingga jangkauan pemindahan material membuat produsen crane seperti crane Kobelco menyediakan berbagai jenis crane menyesuaikan dengan kebutuhan pemindahan material yang ada.

Jenis Crane Kobelco

Salah satu hal yang cukup banyak menarik perhatian masyarakat adalah jenis crane yang dimiliki oleh brand alat berat ternama Kobelco. Seperti dipaparkan sebelumnya, bahwa brand alat berat ternama Kobelco memiliki beberapa jenis dan tipe crane dengan fungsi dan fitur yang berbeda. Adapun beberapa jenis crane yang dimiliki oleh Kobelco diantaranya :

  • Multi-Purpose Crawler Crane
  • Heavy Duty Crawler Crane
  • Large Size Crawler Crane

Ketiga jenis crane ini memiliki perbedaan spesifikasi dan keunggulannya masing-masing. Beberapa perbedaan spesifikasi yang dimiliki oleh ketiga jenis crane Kobelco ini diantaranya adalah kapasitas berat maksimal material yang bisa diangkat menggunakan mesin ini.

Jenis large size crawler crane menjadi jenis crane dengan operating weight paling besar mencapai 444.000 kg. Sedangkan multi-purpose crawler crane menjadi jenis crane dengan operating weight paling ringan yaitu 56.700 kg.

Crane Kobelco
Sumber : directindustry.com

Bukan hanya dari segi jenis crane saja, Kobelco juga memiliki beberapa series crane dari setiap jenis crawler crane yang tersedia. Beberapa series crane yang dimiliki oleh brand Kobelco diantaranya :

  • CKS Crane Series
  • 7000S Crane Series
  • BMS Crane Series
  • SL-S Crane Series
  • CKL Crane Series
  • CKE Crane Series

Pasalnya series-series crane yang diluncurkan oleh brand Kobelco ini memang cukup beragam karena menyesuaikan dengan fungsi dan manfaat penggunaan dari crane tersebut. Crane dari brand Kobelco memang sering digunakan dalam berbagai bidang mulai dari pertambangan, konstruksi, pertanian, kehutanan, dan civil works.

Banyaknya bidang yang bisa dikerjakan menggunakan alat berat crane membuat Kobelco berinisiatif untuk meluncurkan produk-produk crane Kobelco dengan berbagai tipe. Setiap tipe diciptakan dengan berbagai pertimbangan dari segi fungsi sehingga spesifikasi dari setiap crane cenderung berbeda-beda. Dengan kehadiran tipe-tipe crane yang beragam, Kobelco telah berhasil membantu penyelesaian berbagai project di berbagai industri.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular