hino

Mengenal Lebih Dalam Produsen Merek Hino

Bagi anda para pecinta bus dan truk, nama Hino tidaklah asing lagi bagi kita, produsen yang satu ini memang lah telah lama malang melintang termasuk di Indonesia sendiri. pabrikan yang berasal dari Jepang ini mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia serta menghadirkan beragam produk truk dan bus dengan kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Nama besar yang telah didapat saat ini tentu tidak mudah didapatkan, melalui sejarah yang cukup panjang saat ini Hino Motors Ltd telah berhasil memasuki daftar perusahaan produsen truk medium dan heavy-duty yang diakui di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri Sino telah mendapatkan tempat di para penggunanya.

Sejarah Hino Motors Ltd

sejarah perusahaan Hino tidak terlepas dari perusahaan bernama Tokyo gas industry company dan Chiyoda Gas Co. Yang mana keduanya merupakan perusahaan gas di Jepang dan sama-sama bersaing dalam bidang tersebut, Tokyo gas Industri merupakan supplier sparepart untuk chiyoda gas. Namun karena chiyoda bergabung dengan Tokyo gas company maka Tokyo gas Industri kehilangan klien terbesarnya.

Yang mana hal ini membuat Tokyo gas Industri melebarkan produknya hingga sparepart alat elektronik hingga berubah nama menjadi Tokyo gas and electric industry. Perusahaan ini kemudian memproduksi kendaraan bermotor pertamanya pada tahun 1917 yang dinamakan A-Type Truck. Serta pada tahun 1937 perusahaan menggabungkan divisi mobilnya dengan automobile industry Co Ltd dengan Kyoda Kikisan K.K.

Dari hasil merger tersebut munculah perusahaan bernama Tokyo Automobile Industry Co, Ltd. Baru setelah 4 tahun berjalan perusahaan kembali berganti nama menjadi Diesel Motor Industry yang kemudia menjadi Isuzu Motors Limited. Pada tahun 1942 perusahaan Hino Heavy Industry Co, Ltd. Yang awal mulanya bergabung dengan Diesel Motor Industry pada akhirnya memisahkan diri.

Serta selama perang dunia II, Hino memproduksi type 1 Ho-Ha dan type 1 Ho-Ki untuk tentara Jepang, setelah berakhirnya peperangan perusahaan ini berhenti memproduksi mesin diesel untuk keperluan maritim.

Hino menandatangani perjanjian untuk tidak menggunakan Heavy sebagai nama perusahaan dan berfokus pada produksi truk trailer heavy duty, bus dan mesin diesel. Pada tahun 1953 Hino mulai memasuki pasar mobil pribadi dengan memproduksi Renaults dan pada tahun 1961 mulai mengembangkan sedan Contessa 900 dengan mesin belakang 893 CC. Dino mulai menghentikan produksi mobil pribadi pada tahun 1967 setelah bergabung dengan grup Toyota.

Sejarah Hino Masuk ke Indonesia

Di Indonesia sendiri sejarah Hino dimulai pada tahun 1982, saat itu PT Hino Indonesia manufacturing didirikan oleh Hino Motors Ltd, dan telah berkontribusi besar dalam pembangunan indonesia, mendistribusikan kendaraan komersil yang berkualitas.

Hino juga turut berkomitmen dalam menjaga lingkungan dengan memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan. Sebut saja truk yang mempunyai tingkat emisi euro II atau bus yang menggunakan bahan bakar CNG. Selain mengeluarkan produk produknya Ino juga telah mempekerjakan masyarakat di Indonesia dengan jumlah 1800 orang.

Hingga saat ini, Dino mempunyai tak kurang dari 30 dealer utama yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, tidak hanya di Indonesia, Hino Motors Indonesia juga memproduksi strategis untuk kawasan ASEAN. Bekerjasama dengan PT Indomobil sukses internasional, perusahaan tersebut merakit truk medium dan heavy-duty untuk pasar ASEAN.

Model Populer Keluaran Hino Groups

  • Dutro 110 SDLR

Produk truk yang mempunyai ruang kargo terpanjang ini mempunyai dukungan sasis yang panjang serta bentang panjang bak 4.620 m. Tidak heran jika truk ini dinobatkan sebagai truk dengan cargo paling panjang di kelasnya. Berkat dukungan tersebut para penggunanya dapat mengangkut barang dengan lebih efisien karena kapasitas yang lebih besar.

  • Dutro 130 HD

Truk terbaik yang satu ini dirancang khusus untuk mempermudah petugas pemadam kebakaran dalam menjalankan tugasnya. Truk jenis ini memiliki mesin diesel tipe 4 langkah segaris, turbo charge intercooler dengan tenaga maksimum 130 PS/2700 rpm.

  • Hino FB 130

Hadir dalam model blus tipe yang satu ini turut dipamerkan dalam ajang GIIAS 2016 sebagai produk terbaik dari pabrikan Hino. Bus dengan kapasitas 30 tempat duduk ini dirancang untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan karena dapat digunakan untuk keperluan wisata maupun sebagai bus sekolah.

  • Hino 300 Series Dutro

Hino 300 series hadir dalam dua varian yaitu truk dan micro bus. Serta dibekali dengan mesin tangguh dan dilengkapi turbo charger intercooler. Kendaraan menjadi lebih efisien karena bahan bakar namun tetap bertenaga, keunggulan tipe yang satu ini yaitu memiliki rangka yang tebal serta kokoh, dan dilengkapi dengan Fan clutch yang mengakibatkan suara bising mesin dapat dikurangi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *