Saturday, January 28, 2023
HomeEducationMengenal Oli Hidrolik dan Oli Mesin Alat Berat

Mengenal Oli Hidrolik dan Oli Mesin Alat Berat

Mengenal Oli Hidrolik Alat Berat dan Oli Mesin Alat Berat –  Kali ini kami akan membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan oli hidrolik dan oli mesin. Oli adalah bagian yang sangat penting yang berpengaruh terhadap kinerja sebuah mesin. Oli akan membuat mesin bekerja secara maksimal untuk jangka waktu yang lama. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk komponen-komponen yang ada di dalam mesin.

Ketika beroperasi, setiap komponen pada mesin akan saling bergesekan yang kemudian akan menyebabkan timbulnya panas. Kondisi ini mengakibatkan mesin cepat aus. Oleh karena itu, oli memiliki peran yang sangat penting karena akan melumasi setiap komponen mesin sehingga gesekan bisa diminimalisir. Selain itu, oli juga berfungsi untuk membersihkan mesin dari debu dan juga kotoran yang menempel.

Debu dan juga kotoran yang menempel tersebut kemudian akan diikat oleh oli dan mengalir bersama oli ketika sudah waktunya diganti. Fungsi lain dari oli yaitu untuk mendinginkan mesin. Namun perlu diperhatikan bahwa seiring berjalannya waktu, kemampuan oli untuk menjalankan semua fungsinya tersebut semakin lama semakin menurun. Maka dari itu perlu dilakukan pergantian oli secara rutin. Berkaitan dengan oli pada alat berat, Anda harus tahu bahwa terdapat dua jenis oli. Kedua jenis oli tersebut adalah oli hidrolik dan juga oli mesin.

Oil Hidrolik Alat Berat dan Oli Mesin Alat Berat

oli hidrolik

Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan tentang oli hidrolik dan juga oli mesin.

1. Oli Hidrolik (Hydraulic Oil)Oil Hidrolik Alat Berat dan Oli Mesin Alat Berat

Oli hidrolik merupakan jenis oli yang memiliki klasifikasi dan kekentalan atau viskositas seperti yang dimiliki oli mesin. Akan tetapi, tingkat kekentalan tersebut tidak dinyatakan sebagai SAE maupun kode API Service. Beberapa sifat yang dimiliki oli hidrolik antara lain:

  • Bersifat mudah mengalir atau fluidity
  • Tidak dapat dimampatkan atau uncompressible
  • Memiliki sifat melumasi
  • Memiliki sifat kimia dan juga fisika yang stabil
  • Melindungi agar tidak terjadi karat
  • Memiliki sifat bisa menyesuaikan dengan tempat
  • Bisa memisahkan kotoran

Sementara itu, kerusakan oli terjadi karena disebabkan oleh:

  • Deteriorasi: kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh dari dalam oli
  • Kontaminasi: kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh dari luar oli

Ketika oli mengalami masalah maka bisa berakibat pada komponen mesin sehingga menimbulkan gangguan mesin. Oli hidrolik memang dirancang agar memiliki semua sifat seperti yang sudah disebutkan di atas. Viscosity adalah kemampuan fluida untuk bisa mengalir dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Untuk satuan kekentalannya yaitu SSU atau Centistokes

2. Oli Mesin (Engine Oil)

Lalu bagaimana dengan oli mesin? Oli mesin merupakan jenis oli yang dinyatakan dengan satuan SAE. SAE merupakan kependekan dari Society of Automotive Engineering. Rumusnya, semakin besar angka yang ditunjukkan oleh satuan SAE maka semakin tinggi pula tingkat kekentalannya. Oli mesin dikelompokkan dengan berdasarkan mutu dan juga penggunaannya.

Untuk klasifikasinya dinyatakan dalam API yang merupakan singkatan dari American Petroleom Institute. Untuk urutannya memakai abjad mulai dari A. Kuncinya, semakin menjauhi A, maka oli tersebut semakin baik. Contohnya seperti di bawah ini.

  • Untuk gasoline engine menggunakan SA, SB, SD, SC, SF, dan SE
  • Sementara itu, untuk diesel engine menggunakan CA, CC, CB, CD

Kekentalan dan Viscosity

Perlu Anda tahu bahwa jika terdapat cairan yang lebih sulit jika dibandingkan dengan cairan yang lainnya, maka hal ini menunjukkan cairan tersebut mempunyai tingkat kekentalan atau viskositas yang tinggi. Tingkat kekentalan tersebut sangat berpengaruh terhadap perubahan temperatur. Oli yang bagus diharapkan mempunyai viskositas yang tidak banyak mengalami perubahan terhadap temperatur.

oli hidrolik

Untuk oli hidrolik, ketika oli yang digunakan tersebut tidak sesuai dengan persyaratan pada sistem hidrolik, maka bisa mengakibatkan kerusakan bahkan mesin hidrolik tidak bisa beroperasi. Contohnya ketika oli yang digunakan terlalu encer maka bisa menyebabkan terjadinya kebocoran-kebocoran pada seal. Sementara itu, ketika oli terlalu kental maka akan memberatkan kinerja dari pompa hidrolik. Kondisi ini kemudian berdampak pada kerusakan sistem hidrolik.

oli hidrolik

Apa itu viscsity index? Indek kekentalan oli merupakan sebuah ukuran besar kecilnya perubahan yang terjadi pada viskositas oli terhadap temperatur. Ketika oli mengalami perubahan, maka kemungkinan besar oli tersebut memiliki indek viskositas yang rendah. Namun, jika oli yang digunakan ternyata tingkat kekentalannya tetap stabil terhadap perubahan temperatur, maka itu berarti oli tersebut memiliki tingkat viskositas yang tinggi.

Tips Memilih Oli Untuk Alat Berat

oli hidrolik

Setelah mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan oli hidrolik dan oli mesin, informasi yang akan kami berikan selanjutnya yaitu tentang apa saja tips yang harus Anda perhatikan ketika memilih oli untuk alat berat. Dengan begitu, Anda tidak sampai salah memilih oli sehingga permasalahan pada mesin yang disebabkan karena salah oli bisa dihindari.

1. Pilih oli yang sesuai mesin

Tips pertama ketika Anda ingin memilih oli mesin untuk alat berat adalah memastikan apakah oli yang Anda pilih tersebut memang cocok dengan spesifikasi alat berat yang Anda gunakan. Anda tidak boleh sembarangan memilih oli. Jika Anda belum tahu oli yang pas untuk alat berat yang Anda gunakan, silakan bertanya kepada orang yang memang berpengalaman mengganti oli pada alat berat. Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada penjual oli untuk mendapatkan oli terbaik sesuai alat berat Anda.

2. Pilih merek yang terbaik

Merek memang bukan segalanya. Namun merek memiliki peran yang penting untuk mengetahui seperti apa kualitas dari oli yang Anda pilih. Pastikan Anda memilih oli untuk alat berat Anda dari toko oli terbaik.

3. Harga

Harga memang tidak terlalu berpengaruh namun bukan berarti Anda boleh mengabaikannya. Pastikan Anda memilih oli dari merek yang reputasinya sudah terkenal. Anda juga bisa berkonsultasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan perawatan alat berat agar kinerja tetap bagus meskipun digunakan untuk waktu yang lama.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular