seal

Mengenal Seal dan Jenis-Jenis Seal Pada Excavator

Alat Berat seiring perkembangan zaman akan terus bertumbuh dan mengalami pembaharuan menjadi lebih baik, ini dikarenakan banyak investor yang menginginkan hasil yang jauh lebih optimal serta banyak ditemukan nya sumber kekayaan alam baru, atau bahkan agar efektif disaat mengerjakan berbagai macam proyek.

Termasuk Excavator, kita tentu sudah tidak asing dengan alat berat yang satu ini, karena memang bisa dibilang cukup mudah untuk dijumpai disekitar kita, karena alat berat yang satu ini memiliki berbagai macam fungsi yang dapat membantu berbagai macam pekerjaan manusia.

Namun tahukan anda mengenai seal? Seal merupakan salah satu bagian dari Excavator dari banyak bagian lainnya yang sangat penting. Seal sendiri merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk mencegah masuk dan keluarnya oli dari suatu celah. Pemakaian seal sendiri dari bahan tertentudisesuaikan kembali dengan tipe perapatan nya.

Pada mesin ada dua jenis perapat, yaitu perapat statis dan perapat dinamis. Tipe perapat statis (static seal) digunakan pada komponen yang tidak bergerak, sehingga gasket hanya digunakan sebagai bahan antara saat menyambung dua komponen atau lebih. Yang termasuk ke dalam static seal yaitu, O-ring seal, gasket dan liquid seal.

Fungsi dari Seal yaitu :

1. Menjaga kebocoran pelumas (lubrikasi)
2. Melapisi permukaan yang tidak rata
3. Menjaga agar komponen tidak cepat rusak
4. Menjaga kotoran dan material lain yang masuk kepada sistem
5. Memberikan batasan cairan supaya tidak bercampur

Jenis-Jenis dari Seal :

1. Gasket

Gasket merupakan salah satu jenis seal yang banyak digunakan pada celah yang kecil pada komponen yang diam. Beberapa tempat yang digunakan gasket misalnya antara Cylinder head dan Blick. Antara Block dan oil pan. Serta permukaan yang menggunakan gasket harus rata, bersih dan tidak ada goresan.

2. Lip Seals

Lip Seal adalah jenis dinamik seal banyak digunakan pada konstruksi alat berat, Lip Seal memikul semua jenis kondisi pengoperasian serta mencegah tidak beroperasinya machine karena panas yang di akibatkan gesekan atau juga mencegah bercampurnya pelumas atau cairan.

3. Duo Cone

Seal duo Cone dibuat dengan tujuan untuk menjaga kotoran tidak masuk ke dalam sistem serta agar bisa menjaga dari kebocoran cairan pelumas pada area yang luas. Duo cone seal seall haruslah bisa menahan karat yang lebih lama dengan sedikit perawatan duo cone seal lebih bisa untuk menahan kebengkokan shaft, end play dan beban yang tiba tiba.

4. O-ring

O-ring berbentuk cincin yang sangat lunak yang terbuat dari bahan alami atau karet synthetic atau plastik. Dalam penggunaannya O-ring biasanya dikompres antara dua permukaan sebagai seal, O-ring sering digunakan untuk static seal yang fungsinya sama seperti gasket.

Itulah sedikit pembahasan mengenai seal pada alat berat, jika dilihat dari fungsi serta jenisnya, kegunaan utama dari seal ini adalah supaya alat berat terjaga dari kebocoran yang mengakibatkan cairan bisa tercampur. Penting untuk selalu merawat kondisi dari alat berat agar saat pengoperasian bisa lebih optimal untuk digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *