Saturday, January 28, 2023
HomeAlat beratMengenal Self Loader Dan Perannya Dalam Dunia Alat Berat

Mengenal Self Loader Dan Perannya Dalam Dunia Alat Berat

Dalam dunia alat berat, ada beberapa jenis peralatan yang juga kerap digunakan sebagai peralatan pendukung salah satunya adalah kendaraan. Beberapa jenis kendaraan memiliki peran yang cukup besar dalam penggunaan alat berat di beberapa sektor salah satunya adalah kendaraan jenis self loader.

Meski jarang digunakan dalam pekerjaan yang berdampingan dengan alat berat namun kendaraan ini memiliki peran yang cukup besar terhadap penggunaan alat-alat berat seperti excavator, wheel loader hingga roller. Beberapa kalangan awam bahkan pada dasarnya telah mengetahui jenis kendaraan yang satu ini namun cukup banyak yang tidak mengenal nama dari kendaraan ini.

Baca Juga : Berusaha Evakuasi Truk Trailer, Babinsa Gadaikan Motor Untuk Sewa Alat Berat

Fungsi Dan Tipe Self Loader Di Indonesia

Seperti dipaparkan sebelumnya bahwa self loader merupakan sebuah kendaraan yang kerap digunakan dalam dunia alat berat. Kendaraan ini memiliki bentuk serupa dengan truk nikil berapa jenis seperti tronton dan Fuso engkel. Fungsi utama dari kendaraan ini adalah untuk mengangkut alat berat dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

Pada dasarnya alat berat bisa berpindah tempat jika dioperasikan seperti biasa. Namun penggunaan truk tronton maupun Fuso dalam proses pemindahan alat berat dinilai mampu memberikan kemudahan dan membuat proses pemindahan alat berat selesai dengan lebih cepat.

Di Indonesia sendiri, penggunaan tronton atau fuso menjadi hal yang lebih sering dipilih untuk memindahkan alat berat dibandingkan dengan mengoperasikan alat berat itu sendiri. Ada beberapa tipe self loader yang kerap digunakan di Indonesia diantaranya :

Self Loader Tadano SL-150

self loader
products.unitedtractors.com

Brand alat berat Tadano menjadi salah satu brand yang menyediakan truk pengangkut alat berat dengan salah satu tipe andalannya yaitu SL-150. Tipe ini merupakan salah satu tipe truk pengangkut yang dinilai memiliki spesifikasi yang cukup handal.

Truk SL-150 ini memiliki kekuatan jack yang mencapai 20 ton dengan kapasitas winch mencapai 8 ton. Kapasitas ini termasuk kapasitas kelas menengah yang cukup baik untuk mengangkut alat berat berukuran kecil dan sedang.

Sudut kemiringan sasis SL-150 berkisar antara 7 hingga 13 derajat sehingga truk pengangkut ini dinilai cukup kuat dan aman dalam proses menaikkan dan menurunkan alat berat. Adanya rangka pelindung yang dibuat terpisah dari floor board juga menjadi nilai plus yang membuat kinerja SL-150 semakin handal.

Self Loader Mitsubishi Fuso 6X4

Self loader lainnya yang juga cukup sering digunakan berasal dari brand penyedia kendaraan ternama Mitsubishi. Salah satu fuso yang dimilikinya yaitu fuso 6X4 dinilai sebagai fuso dengan sepsifikasi handal yang sesuai dengan kebutuhan pemindahan alat berat di Indonesia.

Fuso dari brand Mitsubishi ini dilengkapi dengan jenis ban yang sangat tepat digunakan dalam berbagai medan jalan seperti jalan tanah hingga jalan batu. Hal ini tentu mempermudah proses pemindahan alat berat karena fuso cenderung lebih stabil meski mengangkut alat berat yang besar dan melewati medan jalan yang berat.

Adanya hidrolik yang disematkan di bagian belakang fuso ini juga membuat proses loading atau unloading alat berat seperti excavator lebih mudah dilakukan. Hydraulic jack yang disematkan pada fuso ini memiliki kapasitas mencapai 40 ton dengan kapasitas winch mencapai 20 ton. Spesifikasi ini membuat daya tahan fuso semakin baik sehingga keamanan alat berat yang diangkut lebih terjamin.

Penggunaan self loader biasanya disesuaikan dengan kapasitas alat berat yang akan dipindahkan. Hal ini tentu bermanfaat agar proses pemindahan alat berat tersebut berjalan lancar sehingga proyek yang menggunakan peralatan tersebut bisa segera di laksanakan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular