Saturday, January 28, 2023
HomeRollerMengenal Sheep Foot Roller, Alat Berat untuk Pemadatan Tanah

Mengenal Sheep Foot Roller, Alat Berat untuk Pemadatan Tanah

Untuk menyelesaikan sebuah proyek konstruksi, dibutuhkan berbagai peralatan mulai dari alat ringan hingga alat berat berbentuk mesin. Di Indonesia sendiri, sheep foot roller menjadi salah satu alat berat yang cukup dibutuhkan dalam proyek konstruksi.

Indonesia memiliki kondisi alam dengan wilayah pegunungan sebagai wilayah yang cukup mendominasi, sehingga perlu peralatan khusus yang digunakan jika ingin menyelesaikan sebuah proyek pembangunan. Dengan wilayah yang didominasi oleh wilayah pegunungan, maka kondisi tekstur tanah yang ada bisa merusak proses pembangunan hingga menghancurkan bangunan yang telah selesai dibangun.

Agar hal ini tidak terjadi, maka memastikan kondisi tanah yang akan dibangun telah kondusif dengan kepadatan tanah yang tepat bisa menjadi solusi yang sangat membantu. Untuk mewujudkan hal ini, ada beberapa alat berat yang bisa digunakan salah satunya adalah sheep foot roller.

Spesifikasi Alat Berat Sheep Foot Roller

Spesifikasi sebuah alat berat memiliki peran yang penting terhadap keefektifan alat tersebut. Alat berat yang digunakan untuk memadatkan permukaan tanah disebut dengan compactor. Ada beberapa jenis compactor yang digunakan berdasarkan spesifikasi mesin dan kebutuhan lapangan konstruksi yang ada.

Salah satu jenis tersebut dinamakan tamping roller yang memiliki spesifikasi khusus di bagian roda depan mesin. Alat ini memiliki permukaan roda depan mesin yang dilengkapi dengan alat pampat berbentuk silinder menyerupai kaki kambing. Itulah mengapa alat ini sering disebut sheep foot.

Tamping roller ini sangat tepat digunakan pada wilayah dengan tanah yang memiliki banyak kandungan lempung. Sheep foot akan menekan dan memadatkan tanah untuk sementara. Dengan frekuensi penggunaan sheep foot yang cukup sering, tanah akan semakin padat sehingga tepat digunakan untuk membangun sebuah bangunan.

sheep foot roller
indonesia.alibaba.com

Peran Tamping Roller Dalam Proyek Konstruksi

Tamping roller merupakan alat berat yang cukup dibutuhkan dalam bidang konstruksi terutama di Indonesia. Ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh alat berat ini diantaranya :

Sheep Foot Roller Memadatkan Tanah

Fungsi ini sebenarnya telah di bahas sejak awal, sheep foot roller merupakan alat berat yang dikenal untuk memadatkan tanah. Alat ini sangat tepat digunakan pada area tanah yang berpasir ataupun tanah yang kohesif.

Sebelum proyek pembangunan dimulai, kepadatan tanah harus terlebih dahulu dipastikan agar sesuai dengan kebutuhan proyek. Jika tidak dilakukan, maka bangunan yang dibangun menggunakan proyek tersebut akan berisiko mengalami keamblasan karena tanah yang dijadikan lokasi pondasi tidak kuat.

Mengurangi Risiko Distorsi dan Settlement Tanah

Kondisi sebuah lahan yang akan dijadikan sebagai lahan proyek tidak semuanya bisa diterima dengan kondisi seadanya. Pada beberapa wilayah perlu dilakukan perbaikan kondisi permukaan tanah dan kekuatan dari tanah lahan tersebut.

Meski pada dasarnya proses pemadatan tanah bisa dilakukan secara manual, namun risiko distorsi dan settlement tanah karena pemadatan manual lebih tinggi. Dengan memadatkan tanah menggunakan sheep foot roller, kedua risiko kerusakan tanah ini lebih mudah untuk dihindari.

Hasil pemadatan tanah menggunakan alat berat ini memiliki kualitas yang baik dengan tingkat kekuatan tanah yang cukup tinggi. Dengan kekuatan tanah yang tinggi, maka kualitas lahan proyek juga akan lebih baik.

Itulah beberapa peran tamping roller dengan sheep foot dalam sebuah proyek konstruksi. Wilayah Indonesia yang cenderung memiliki area tanah yang luas sehingga perlu menggunakan alat berat yang tepat untuk mengondisikan area lahan konstruksi sebelum proses pembangunan dimulai.

Penggunaan sheep foot roller sebagai alat berat di fase awal persiapan proyek konstruksi akan membuat lahan lebih siap dibangun dan berbagai proyek konstruksi bisa selesai dengan kualitas yang tinggi. Kualitas konstruksi yang tinggi akan meningkatkan taraf infrastruktur di Indonesia sehingga berbagai sarana untuk masyarakat bisa tersedia dengan kualitas yang baik.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular