Thursday, May 23, 2024
HomeAlat beratMengenaskan, Warga Natuna Tewas Tertimpa Alat Berat Loader

Mengenaskan, Warga Natuna Tewas Tertimpa Alat Berat Loader

Seorang warga Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, tewas setelah tertimpa sebuah alat berat. Peristiwa ini terjadi saat korban sedang mengantarkan istrinya yang bekerja di lokasi proyek tersebut.

Baca Juga : Mengenaskan, Operator Tewas Tertimpa Alat Berat Grader

Korban Tewas Tertimpa Alat Berat yang Digunakan Dalam Proyek Pembangunan Jalan

Peristiwa tragis terjadi di proyek pembangunan jalan Kelarik-Teluk Buton. Seorang warga tewas tertimpa alat berjenis loader saat sedang mengantarkan istrinya yang bekerja di kantin lokasi proyek pembangunan jalan tersebut.

Seorang saksi menuturkan, pada saat kejadian korban sedang berbincang bersama seorang helper mekanik di atas sebuah loader. Namun secara tiba-tiba alat tersebut terjatuh dan helper mekanik melompat dari loader tersebut.

Akan tetapi, korban tidak dapat menyelamatkan diri sehingga korban tewas tertimpa alat berattersebut. Setelah peristiwa tersebut terjadi, korban berinisial (R) yang bukan pekerja dari perusahaan terkait langsung dievakuasi dan dimakamkan.

Pembangunan jalan Kelarik-Teluk Buton ini dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah perbatasan, seperti di Kabupaten Natuna ini. Selain pembangunan jalan ini, masih ada beberapa proyek pembangunan jalan di wilayah Kepulauan Riau ini.

Alat Berat yang Menimpa Korban Sedang Dalam Tahap Percobaan

Sebuah loader yang digunakan dalam proyek pembangunan jalan Kelarik-Teluk Buton menimpa seorang warga hingga menyebabkan korban tewas. Loader yang terjatuh dan menimpa seorang warga ini diketahui mengalami lost control.

Pada saat kejadian loader sedang mencoba kondisi jalan pembangunan jalan. Namun, saat mencoba kondisi jalan pisau, alat tersebut terangkat sehingga loader tersebut mati ketika sedang berada di jalan turunan.

Sementara itu, alat loader ini juga diketahui sering mengalami lost control dan masih dalam masa percobaan serta dalam proses perbaikan oleh helper. Beruntungnya helper yang sedang berada diatas loader pada saat peristiwa tersebut terjadi dapat menyelamatkan diri.

alat berat
Alat berat loader terguling hingga menimpa seorang warga

Bobot loader yang besar ini, tentu saja dapat berakibat fatal jika tidak digunakan dengan benar. Maka dari itu penting bagi para operator untuk benar-benar memahami cara untuk mengoperasikan dan merawat alat tersebut dengan benar.

Kejadian kecelakaan akibat alat-alat berat seperti loader ini bukan hanya sekali terjadi. Peristiwa seperti ini sering kali memakan korban, baik itu korban luka ataupun korban meninggal dunia. Oleh karena itu perusahaan proyek yang menggunakan alat tersebut harus benar-benar memastikan dan memberi jaminan keamanan kepada para pekerja proyek untuk menghindari terjadinya kecelakaan serupa.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan akibat alat berat, penting untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu pada alat-alat tersebut. Jika terjadi gangguan pada alat tersebut maka perbaikan harus dilakukan sebelum alat dioperasikan.

Bagi operator alat sangat penting untuk mengetahui penyebab dari terjadinya gangguan pada alat tersebut. Karena dengan terganggunya alat maka dapat menghambat dalam berjalannya pembangunan proyek.

Jika alat mengalami gangguan pada saat dioperasikan, hentikan alat pada daerah datar yang memiliki tanah yang keras dan tidak mudah longsor. Kemudian pasang pengaman dan pastikan mesin sudah dalam keadaan mati.

Beri tanda untuk mencegah orang yang tidak berkepentingan mendekati wilayah perbaikan alat. Dengan begitu dapat dipastikan bahwa perbaikan alat tersebut berada di area yang aman. Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, pemeriksaan dan perbaikan pada alat dapat dilakukan.

Berkaitan dengan peristiwa alat berat yang menimpa seorang warga ini, Polres Natuna masih melakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. Polres Natuna juga telah melakukan olah tempat kejadian perkara dan tiga orang saksi yang berada di lokasi kejadian dibawa ke Polres Natuna untuk dimintai keterangan.

Sumber : tribunnews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular