Saturday, June 22, 2024
HomeAlat beratJalin Kerjasama Internasional, MenHan Kongo Kunjungi PT. Pindad

Jalin Kerjasama Internasional, MenHan Kongo Kunjungi PT. Pindad

PT. Pindad yang merupakan salah satu perusahaan produsen alat berat dan persenjataan ternama di Indonesia. Berbagai program dibuat oleh perusahaan ternama ini melalui berbagai kegiatan salah satunya menerima kunjungan dari Menteri Pertahanan Kongo.

Berita mengenai MenHan Kongo Kunjungi PT. Pindad menjadi salah satu berita yang cukup banyak dibicarakan karena dinilai menggambarkan luasnya jangkauan bisnis PT. Pindad. Kunjungan ini dilakukan pada hari Kamis 11 Mei 2023.

Baca Juga : Profile Alat Berat Pindad

MenHan Kongo Kunjungi PT. Pindad Disambut Direktur PT. Pindad

PT. Pindad merupakan badan usaha milik negara yang diresmikan pada tahun 1983 dan saat ini berpusat di Bandung Jawa Barat. Setiap tahunnya PT. Pindad memiliki berbagai program untuk memperluas jaringan bisnisnya.

Tahun ini PT. Pindad mulai berinteraksi dengan beberapa negara untuk meningkatkan performa bisnisnya di kancah internasional. Salah satu pertemuan antar negara digelar pada Kamis 11 Mei 2023 di Auditorium Direktorat Utama PT. Pindad di Bandung.

Pertemuan ini diadakan untuk menyambut kunjungan Menteri Pertahanan Kongo (DRC) H.E Jean Pierre Bemba Gombo beserta jajarannya. Kunjungan MenHan Kongo ini langsung disambut oleh Direktur Utama PT. Pindad Abraham Mose.

“Kami perlu memperkenalkan PT. Pindad sebagai salah satu industri pertahanan Indonesia. PT. Pindad saat ini memproduksi senjata, kendaraan tempur, munisi, serta beberapa jenis produk industrial. Besar harapan kami kunjungan ini dapat menghasilkan kesepahaman antar kedua negara hingga memperbaiki potensi kerjasama dan hubungan bisnis kedua negara”. Ujar Abraham Mose dalam penyambutannya.

MenHan Kongo Kunjungi PT. Pindad Dan Lakukan Uji Coba Tembak dengan Senjata Baru

Informasi MenHan Kongo Kunjungi PT. Pindad dibagikan langsung melalui laman official PT. Pindad beserta dengan informasi mengenai tujuan kunjungan tersebut. Dalam pidato kedatangannya, Jean Pierre Bemba Gombo menuturkan bahwa pihaknya bertujuan untuk meninjau dan mengeksplorasi industri pertahanan Indonesia melalui PT. Pindad.

Pasca penyambutan tersebut, pihak PT. Pindad memberikan penjelasan mengenai profil serta produk yang dimiliki oleh PT. Pindad. Penjelasan ini diberikan secara detail dilanjutkan dengan kunjungan MenHan Kongo ke fasilitas kendaraan khusus yang ada di pabrik PT. Pindad wilayah Bandung. Diketahui bahwa PT. Pindad memiliki beberapa lokasi cabang diantaranya terletak di Kota Bandung, Kota Malang, dan Kota Jakarta.

Saat mengunjungi fasilitas kendaraan khusus, MenHan Kongo juga sekaligus menyaksikan parade defile kendaraan produksi yang dimiliki oleh PT. Pindad. Setelah menyaksikan parade, rombongan MenHan Kongo juga berkesempatan melakukan percobaan menembak dengan senjata terbaru milik PT. Pindad yaitu AM-1 dan DMR SPM-1.

menhan Kongo kunjungi PT. Pindad
MenHan Kongo Dan MenHan Indonesia Tandatangani Perjanjian Kerjasama di Jakarta

Menteri Pertahanan Kongo Lakukan Pertemuan dengan Menteri Pertahanan Indonesia

Dihari yang sama dengan kunjungannya ke kantor PT. Pindad, rombongan Menteri Pertahanan Kongo (DRC) juga melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan Jakarta. Pertemuan ini diawali dengan upacara seremonial kemudian dilanjutkan dengan pertemuan tertutup yang digelar di Aula Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak juga menandatangani letter of intern yang merupakan kesepakatan kerjasama antar kedua belah pihak. Dalam kerjasama tersebut, ada beberapa program yang dibahas oleh kedua pihak diantaranya mengenai latihan, pendidikan, hingga pertukaran pejabat.

Berdasarkan wawancara, Prabowo Subianto menuturkan bahwa pihak DRC meminta agar pemerintah Indonesia bersedia menerima peserta didik untuk belajar di Universitas Pertahanan maupun akademi militer Indonesia. Prabowo juga menuturkan bahwa MenHan Kongo juga turut mengunjungai PT. Dirgantara Indonesia di Kota Bandung.

Pasca MenHan Kongo kunjungi PT. Pindad dan PT. Dirgantara Indonesia, pemerintah Kongo diketahui memiliki ketertarikan terhadap produk-produk yang ada di kedua perusahaan tersebut. Hal ini dinilai menjadi kesempatan emas bagi peningkatan kerjasama kedua negara di masa depan.

Sumber : pindad.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular