Saturday, December 3, 2022
HomeBulldozerMenjajal Bisnis Alat Berat, Anak Usaha Blue Bird Gandeng Perusahaan Asal Rusia

Menjajal Bisnis Alat Berat, Anak Usaha Blue Bird Gandeng Perusahaan Asal Rusia

Blue Bird merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia yang dikenal memiliki beberapa anak usaha. Tahun 2022 ini, salah satu anak usahanya membawa berita yang cukup menggemparkan dengan bekerjasama bersama perusahaan luar negeri.

Bukan bekerjasama dalam bidang transportasi, anak usaha Blue Bird ternyata menjajal bisnis di bidang heavy equipment. PT. Pusaka Bumi Transportasi yang merupakan salah satu anak usaha Blue Bird berskala besar ini bekerja sama dengan perusahaan asal Rusia dengan tujuan untuk mendirikan bisnis perakitan alat berat dalam bentuk pabrik di Indonesia.

Bisnis Perakitan Alat Berat PT. Pusaka Bumi Transportasi

PT. Pusaka Bumi Transportasi merupakan anak perusahaan dari Blue Bird yang memang bergerak di bidang heavy equipment. Dengan bidang kerja yang pada dasarnya telah berjalan ini, Pusaka Bumi Transportasi dinilai sudah tidak asing lagi dengan bidang bisnis ini.

Baca Juga : Fungsi Bulldozer di Bidang Pertambangan yang Perlu Diketahui

Perusahaan alat berat asal Rusia yang bekerjasama dengan anak perusahaan Blue Bird ini merupakan perusahaan ternama Chetra yang telah berdiri sejak tahun 1972. PT. Pusaka Bumi Transportasi sendiri juga telah beroperasi dalam bidang ini sejak tahun 2012 sehingga namanya sudah cukup dikenal di pasar peralatan berat.

Kerjasama ini juga bukan kerjasama baru karena sebelumnya PT. Pusaka Bumi Transportasi dan Chetra telah bekerjasama selama beberapa tahun belakang dengan status Pusaka Bumi Transportasi sebagai distributor resmi dari heavy equipment milik brand Chetra. Kerjasama tersebut kemudian diperluas dengan ditandatanganinya MOU baru dengan tujuan bisnis pabrik perakitan alat berat.

Target Bisnis Perakitan Alat Berat

Seperti dipaparkan sebelumnya bahwa MOU yang ditandatangani oleh kedua perusahaan ini merupakan MOU untuk kerjasama pembangunan pabrik perakitan. Menurut VP Business Development Pusaka Bumi Transportasi, MOU tersebut nantinya akan menjadi acuan untuk pembangunan pabrik yang telah di sepakati antara kedua perusahaan.

Bisnis perakitan alat berat ini nantinya akan menargetkan pasar bidang pertambangan di Indonesia dan wilayah Asia. Meski sebelumnya PT. Pusaka Bumi Transportasi telah mendistribusikan heavy equipment tersebut, namun dengan adanya pabrik perakitan diharapkan performa bisnis yang dimiliki bisa lebih maksimal dengan harga yang bersaing.

alat berat
idxchannel.com

Pabrik perakitan yang dibuat berdasarkan MOU tersebut merupakan pabril alat jenis bulldozer yang notabenenya menjadi salah satu jenis heavy equipment yang banyak digunakan di berbagai bidang. Proses penandatanganan MOU yang dilakukan pertengan September 2022 ini juga merupakan langkah awal dari kerjasama kedua perusahaan sebelum proses pembangunan pabrik dilakukan.

Pembangunan pabrik perakitan ini juga rencananya akan dimulai pada tahun 2023 dengan lokasi pabrik yang belum dipublikasikan. Berdasarkan informasi dari pihak PT. Pusaka Bumi Transportasi, lokasi pabrik perakitan yang ditargetkan memang masih dalam proses pemilihan dengan berbagai pertimbangan.

Setelah proses penandatanganan nota kesepahaman selesai, saat ini kedua perusahaan sedang melakukan studi kelayakan terhadap berbagai detail kerjasama yang ada. Kerjasama ini juga diharapkan bisa meningkatkan performa pasar alat berat di Indonesia dengan lebih maksimal.

Bidang pertambangan terutama pertambangan batu bara di Indonesia saat ini memang sedang mengalami peningkatan sehingga berbagai hal yang terkait dengan dunia pertambangan juga ikut mengalami kenaikan. Salah satu bidang yang ikut mendapatkan angin segar adalah bidang heavy equipment.

Berbagai alat berat seperti bulldozer, tractor, excavator, hingga crane dan lainnya yang kerap digunakan dalam bidang pertambangan mengalami permintaan yang naik secara signifikan. Tidak heran jika berbagai perusahaan semakin melebarkan sayapnya untuk memperluas jangkauan bisnis yang dimilikinya.

sumber : beritasatu.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular