Saturday, January 28, 2023
HomeEducationMerek Alat Berat Ini Kuasai Produk Crane di Indonesia

Merek Alat Berat Ini Kuasai Produk Crane di Indonesia

Tahukah anda bahwa pembangunan sebuah proyek besar terdapat sejumlah alat berat yang bermain di belekangnya. Yah, crane paling umum ditemukan untuk memudahkan distribusi dalam pengerjaan yang relatif besar. Crane merupakan salah satu pesawat pengangkat dan pemindah material yang memilki bentuk dan kemampuan angkat yang besar dan mampu berputar hingga 360 derajat dan jangkauan hingga puluhan meter. Crane biasanya digunakan dalam pekerjaan pekerjaan  proyek, pelabuhan, perbengkelan, industri, pergudangan, dan sebagainya. Alat berat ini bekerja dengan mengangkat material yang akan dipindahkan, memindahkan secara horizontal, kemudian menurunkan material ditempat yang diinginkan. Untuk pengangkutan material lepas (loose material) dengan jarak tempuh yang relatif jauh, alat yang digunakan dapat berupa belt, truck dan wagon. Alat-alat ini memerlukan alat lain yang membantu memuat material ke dalamnya.

Terkait begaimana kemampuan dan cara kerja crane tersebut, artikel kali ini akan membahas merek-merek alat berat yang berjenis crane seperti tower crane, crane beroda crawler, truck crane, dan crane beroda untuk lokasi terbatas. Tentunya alat berat tersebut laku laris di pasaran Indonesia. Maka tidak heran, jika anda sering menjumpai merek alat berat ini. Berikut jenis merek alat berat yang berjenis crane di Indonesia.

  • Tadano

Produk alat berat yang dikeluarkan oleh Tadano seperti Mobile Cranes, Telescopic Crawler, dan Cranes Cargo Cranes. Mobile Cranes Tadano adalah alat-alat self propelled yang disebut sebagai carriers mounted dengan teknik crane hidrolik. Ada tiga tipe crane dalam jenis ini : all terrain cranes, rough terrain cranes dan truck cranes. Tadano All Terrain Cranes (ATF) digunakan dalam pembangunan berskala besar, dengan kapasitas maksimal 50-400 tons, cocok untuk on-road dan off-road. Tadano Rough Terrain Cranes (GR) adalah alat yang padat guna (compact) dan bisa digunakan pada tempat yang sempit dengan kapasitas 12-80 ton, untuk di jalan dan off-road dan medan yang sulit. Truck Cranes (Tadano GT) memiliki kemampuan perjalanan yang mengagumkan dengan kapasitas maksimum 55-80 ton. Tadano memberikan produk-produknya untuk mencakup hampir semua sektor, sangat populer di bidang pertambanganm konstruksi serta sektor minyak dan gas. Dalam pertambangan, Tadano terbukti sangat beruna dalam kegiatan-kegiatan pemeliharaan, perakitan peralatan dan fasilitas yang ada di daerah pertambangan, tipe yang paling populer meliputi jenis craneuntuk semua medan kasar crane dan kargo crane. Sedangkan pada sektor konstruksi, Tadano Truck Crane dan Cargo Crane adalah yang paling sering digunakan pada pembangunan infrastruktur.

  • Sany

Sany Group memproduksi Reach Stacker yang mampu beradaptasi untuk berbagai jenis penanganan kargo untuk industri. Untuk penyusunan container di dermaga, pelabuhan, lapangan simpanan dibutuhkan reach stacker yang fleksibel dengan kapasitas pengangkatan besar sekaligus dengan harga relatif terjangkau dengan kualitas terjamin. Sany Group berkembang dari sebuah pabrik las kecil di China pada tahun 1986 untuk menjadi perusahaan FT Global 500, diakui sebagai salah satu perusahaan yang paling inovatif dan sukses di dunia. Sebagai produsen alat berat terbesar ke-5 di dunia, Sany adalah pemimpin global dalam pengembangan dan manufaktur berkualitas tinggi, konstruksi industri terkemuka dan peralatan tambang, mesin pelabuhan dan pengeboran minyak (Oil Drilling Machinery), dan sistem energi angin yang terbarukan. Sany memiliki pusat global R&D dan basis manufaktur di Amerika Serikat, Jerman, India dan Brazil, dengan bisnis yang meliputi lebih dari 100 negara dan wilayah di seluruh dunia. Saat ini mempekerjakan lebih dari 40.000 orang di seluruh dunia. Kemudian pada tahun 2010 Sany mengembangkan 1000-ton truk crane, menandakan tonase tertinggi di China dan  masuk sebagai peringkat FT Global 500 perusahaan terbesar di dunia, Sany mengembangkan 3600 ton crawler crane, yang dikenal sebagai crane crawler NO.1 di dunia. Sany meluncurkan sebuah truck-mounted concrete pump dengan 86 meter boom, merupakan terpanjang di dunia dan mejadi rekor terbaru dari sebelumnya. .

  • XCMG

XCMG merupakan singkatan dari Xuzhou Construction Machinery Group  merupakan sebuah badan usaha milik negara Tiongkok yang fokus pada produksi alat berat, dan berkantor pusat di Xuzhou, Jiangsu. Hingga tahun 2016, XCMG menempati peringkat kelima dalam industri peralatan konstruksi dunia, peringkat ke-122 dalam daftar 500 perusahaan terbesar Tiongkok, peringkat ke-49 dalam daftar 100 perusahaan manufaktur terbesar Tiongkok, serta peringkat kedua dalam daftar 100 produsen mesin terbesar Tiongkok. Pada tahun 2012, XCMG berhasil meraih pendapatan operasional sebesar 10,1 milyar yuan, dan menjadi perusahaan pertama di industrinya yang berhasil meraih pendapatan operasional lebih dari 10 milyar yuan. Kemudian di tahun 2016, XCMG meluncurkan model truk jungkit modern yang diberi nama XCMG DE400, dengan berat kosong lebih dari 400 ton, menjadikannya kendaraan darat terbesar sepanjang sejarah. XCMG membentuk perusahaan patungan dengan Caterpillar Inc. pada tahun 1995, dengan nama Caterpillar Xuzhou Ltd., dan membangun pabrik ekskavator seluas 170.000 meter persegi di. Pada tahun yang sama, XCMG dan Liebherr Group menandatangani perjanjian lisensi untuk mengizinkan XCMG memproduksi tiga model derek segala medan milik Liebherr, termasuk derek LTM 1160 160t AT. Anak usaha XCMG, Xugong Science & Technology Co. Ltd., yang kemudian diubah namanya menjadi XCMG Construction Machinery Co. Ltd., mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Saham Shenzhen pada bulan Agustus 1996.

  • Kobelco

Kobelco merupakan salah satu produsen alat-alat berat utama dan berkantor pusat di Tokyo, Jepang yang berdiri sejak tanggal 1 April 2004. Perusahaan ini mempunyai sejarah panjang lebih dari 7 dekade, diawali sebagai divisi construction machinery dari Kobe Steel.Ltd., kemudian sebagai divisi crane dari Kobelco Construction Machinery Co.,Ltd., dan sekarang menjadi perusahaan yang berdiri sendiri. Ini semua berawal dari tahun 1930 ketika Kobe Steel mengeluarkan produk mesin konstruksi buatan domestik Jepang yang pertama. Sejak tahun 2019, Kobelco memperkenalkan model terbaru yaitu Crawler Crane Kobelco CKL1000i. Sesuai dengan tata namanya, mudah diketahui bahwa Crawler Crane Kobelco ini memiliki kapasitas angkat maksimal sebesar 100 ton, ketika unit beroperasi dengan panjang boom 12,2m dengan radius 3m. Namun, ini merupakan kapasitas maksimum dan aplikasi ini sangat jarang digunakan dengan panjang boom maksimal 61m dan radius 48m, CKL1000i mampu mengangkat beban seberat 1,7 ton. Namun, apabila crawler crane ini menggunakan konfigurasi  fixed jib, maka kombinasi maksimalnya menjadi 51.8m + 18,3m (fixed jib), dengan kemampuan mengangkat beban 10,9 ton dengan radius maksimal 18,0m. Dengan konfigurasi crane boom yang menggunakan fixed jibCrawler Crane ini mampu mengangkat beban seberat 59,3 ton pada radius 4,7m. Hal lain yang menggembirakan adalah harga Crawler Crane CKL1000i yang sangat istimewa, bersaing. Karena CKL1000i merupakan produk baru, maka masih ada harga promosi.

  • Zoomlion

Zoomlion Heavy Industry Science and Technology Co., Ltd. adalah sebuah produsen alat berat dan peralatan sanitasi asal Tiongkok. Perusahaan ini berkantor pusat di Taman Ilmu Pengetahuan Zoomlion di Changsha, Hunan. Zoomlion adalah produsen mesin konstruksi terbesar di Tiongkok, dan terbesar keenam di dunia. Pada tahun 2008, Zoomlion mengakuisisi CIFA, produsen mesin beton terbesar ketiga di dunia. Akuisisi ini merupakan akuisisi terbesar perusahaan asal Tiongkok terhadap perusahaan asal Eropa pada saat itu. Bisnis Zoomlion terdiri dari lima sektor, yakni mesin konstruksi, mesin pertanian, truk besar, bisnis lingkungan, dan layanan keuangan. Produsen mesin konstruksi asal Italia, Compagnia Italiana Forme Acciaio (CIFA) dan produsen mesin konstruksi asal Inggris, Powermole adalah anak usaha dari perusahaan ini. Sejak 2015 UniQuip mendapat kepercayaan untuk memasarkan Rough Terrain, Truck Crane & Mobile Crane merk Zoomlion, disusul Dynapac, Atlas Copco dan Changlin pada tahun berikutnya. Tiga merek terakhir ini rupanya menjadi pembawa berkah tersendiri bagi UniQuip karena permintaannya cukup tinggi sejalan dengan kian pesatnya kegiatan pembangunan infrastruktur di Indonesia dewasa ini.

Itulah tiga merek alat berat yang berjenis crane yang terpercaya memiliki kualitas terbaik di pasaran, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam memilih alat berat berjenis crane dalam properti pembangunan proyek anda.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular