merek alat berat

Merk Alat Berat Terkenal di Indonesia

Alat berat menjadi investasi penting bagi perusahaan konstruksi dan manufaktur di seluruh dunia. Tanpa alat berat, tidak mungkin ada gedung-gedung pencakar langit di muka Bumi. Sulit meratakan lahan bergelombang, bahkan berbukit. Susah mengeksplorasi hasil tambang, dan sebagainya.

Excavator untuk mengeruk tanah

Kehadiran alat berat sekaligus bisa menyingkat waktu pekerjaan, menghemat tenaga kerja, dan pada akhirnya menghemat biaya pembangunan secara keseluruhan.

Penggunaan alat berat harus disesuaikan dengan situasi dan konsisi lapangan pekerjaan. Kalau tidak tepat justru bisa menimbulkan kerugian. Misalnya pengerjaannya molor dari jadwal yang ditentukan, biaya membengkak, dan kualitas proyek rendah.

Karena itu, bagi yang belum berpengalaman terjun dalam proyek yang membutuhkan alat-alat berat, perlu memahami jenis dan merk alat berat. Perlu diperhatikan pula fungsi dan spesifikasinya, serta berapa kebutuhan per item alat berat dalam satu proyek.

1. Pengertian alat berat

Alat berat adalah peranti khusus yang digunakan untuk membantu / memudahkan manusia dalam mengerjakan proyek pembangunan (terutama struktur bangunan), pertambangan, perkebunan dan pertanian, serta proyek-proyek lain yang berskala besar.

Berkat bantuan alat berat, manusia bisa melaksanakan pekerjaan lebih mudah. Waktunya juga bisa dipersingkat, mengemat tenaga kerja, dan hasilnya pun lebih berkualitas.

2. Fungsi dan kegunaan alat berat

Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, alat berat bisa dibedakan dalam beberapa kelompok berikut ini:

  • Pengolahan lahan: misalnya bulldozer dan dozer shovel.
  • Penggalian (excavator): misalnya backhoe, front shovel, dan clamshell.
  • Pengangkutan: misalnya loader, truck, dan conveyor belt.
  • Pemrosesan material: misalnya crusher dan concrete mixer truck.
  • Penempatan akhir material: misalnya concrete spreader, asphalt paver, dan motor grader.
  • Pemadatan tanah: misalnya tamping roller, pneumatic-tired roller, dan compactor.
Beberapa jenis dan merk alat berat di Indonesia

3. Jenis – jenis alat berat

Cakupan mengenai jenis alat berat sebenarnya sangat luas. Kali ini, kita hanya perkenalkan jenis-jenis alat berat yang sering digunakan di Indonesia.

  • Bulldozer: Digunakan untuk mengolah lahan sekaligus alat pendorong tanah. Ia bisa mendorong lurus ke depan maupun samping, sesuai dengan sumbu kendaraan.
  • Excavator: digunakan sebagai alat penggali tanah, tetapi juga bisa difungsikan sebagai alat untuk mengangkut material ke dalam truk. Alat ini tidak bisa digunakan dalam jarak jauh.
  • Motor Scraper: berfungsi memotong lereng tanggul atau lereng bendungan. Alat ini juga bisa digunakan untuk menggali tanah dan meratakan jalan raya.
  • Motor Grader: berfungsi meratakan pembukaan tanah secara mekanis atau keperluan lain. Misalnya mencampurkan tanah, meratakan tanggul, penggusuran tanah, dan pengurungan kembali galian tanah.
  • Wheel Loader: digunakan untuk memindahkan material. Fungsinya sama dengan bulldozer. Namun alat ini memiliki jarak tempuh lebih pendek ketimbang truck.
  • Crane: berfungsi memindah material berbobot besar ke dalam lokasi. Misalnya mengangkat beton-beton ke bagian atas gedung yang sedang dibangun.
  • Pneumatic Tire Roller: berfungsi untuk melakukan penggilasan bahan-bahan granular dan penggilasan lapisan hot mix.
  • Asphalt Finisher: digunakan untuk menghamparkan campuran aspal yang dihasilkan langsung dari alat produksi aspal.

4. Produsen dan merk alat berat di indonesia

Alat berat makin popular di Indonesia pada masa-masa awal Orde Baru. Saat itu, pemerintah sedang gencar melakukan pembangunan gedung perkantoran, menara pencakar langit, jalan dan jembatan, serta monument dan palagan.

Tak hanya itu. Pemerintah juga gencar mengeksplorasi hasil pertambangan (minyak, batubara, nikel, timah, semen, dll), alihfungsi lahan hutan untuk membuka areal pertanian dan perkebunan. Semua itu membutuhkan alat-alat berat.

Beberapa produsen alat berat dari mancanegara pun mulai masuk ke Indonesia, dengan mengusung merk masing-masing. Sebagian di antaranya masih bertahan hingga sekarang.

Berikut ini beberapa produsen dan merk alat berat terkenal di Indonesia. Informasi ini sekaligus bisa menjadi referensi bagi Anda sebelum membeli atau menyewa alat berat sesuai dengan kebutuhan.

A. Komatsu

Komatsu excavator

PT Komatsu Ltd adalah produsen alat berat dari Jepang. Di Indonesia, mereka tidak hanya membuka dealer, tetapi membuka perusahaan baru yang diberi nama Komatsu Indonesia. PT United Tractors ditunjuk sebagai distributor resminya.

Komatsu kini menjadi salah satu brand alat berat ternama di Indonesia dengan kualitas prima. Merk yang ditampilkan tetap Komatsu, dengan jenis produk yang beragam, antara lain bulldozer, hydraulic excavator, dump truck, motor grader, wheel loader, dan sebagainya.

Komatsu Indonesia menjadi salah satu basis produksi Global Komatsu yang punya kelebihan dengan berbagai fasilitas produksi yang terintegrasi. Jadi, bukan hanya memproduksi alat berat itu sendiri, tetapi juga komponen hingga mesin.

Segmen pasar Komatsu Indonesia juga sangat luas. Selain konstruksi, pabrikan ini juga memproduksi alat-alat berat untuk keperluan pertambangan, kehutanan, dan agrobisnis.

B. Sumitomo

Sumitomo excavator

Sebagaimana Komatsu, Sumitomo juga merupakan produsen alat berat terkemuka dari Jepang. Saat ini memproduksi enam jenis alat berat dengan merk Sumitomo. Produknya mendukung pekerjaan-pekerjaan konstruksi, pertambangan, dan industri lainnya.

Untuk pemasaran di Indonesia, Sumitomo menunjuk PT Oscarmas sebagai distributor utama. Selain itu, ada 14 kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Produk unggulannya yang banyak digunakan di Indonesia adalah excavator dan asphalt paver. Tidak bisa dimungkiri, ketika pemerintah menggencarkan pembangunan infrastruktur, alat berat produksi Sumitomo ikut berperan besar. Apalagi bahan bakarnya sangat irit.

C. Hitachi

Hitachi excavator

Hitachi Construction Machinery Co. Ltd. merupakan perusahaan peralatan konstruksi asal Jepang, di bawah naungan Hitachi Group. Produk-produknya dinilai memiliki kualitas nomor wahid, awet, serta hemat biaya operasional.

Tak mengherankan jika ekspansi pasarnya sangat luas di level dunia, termasuk mendirikan PT Hitachi Construction Machinery Indonesia. Jenis alat berat yang diproduksinya sangat beragam, yang paling terkenal adalah excavator serta komponen-kompnen alat berat.

D. Kobelco

Kobelco excavator

Kobelco Construction Machinery Co. Ltd. juga merupakan produsen alat berat ternama asal Jepang. Korporasi ini mempunyai sejarah panjang selama 90 tahun. Mesin konstruksi pertama di Jepang baru ada tahun 1930, yang diproduksi Kobe Steel sebagai cikal bakal Kobelco Contruction Machinery.

Kini perusahaan tersebut memiliki sejumlah anak perusahaan, termasuk Kobelco Cranes Co. Ltd. Tak cuma itu, Kobelco Group juga mengembangkan jaringan pasarnya di Indonesia. Misalnya mendirikan PT Daya Kobelco Contruction Machinery Indonesia (PT Daya Kobelco CMI).

E. Caterpillar Inc (CAT)

Caterpillar excavator

Caterpillar Inc (CAT) merupakan produsen alat berat dari Amerika Serikat. Produknya terkenal di seluruh dunia. Reputasinya tak perlu diragukan lagi.

CAT mempunyai dealer resmi di Indonesia yang dipercayakan kepada PT Trakindo Utama. Selain alat berat untuk keperluan konstruksi bangunan, CAT juga memproduksi peralatan pertambangan.

Dengan pengalaman lebih dari 90 tahun, CAT membidik tiga segmen industri. Tiga segmen itu adalah industri konstruksi, industri transportasi, serta industri sumber daya mineral dan energi.

Kelima perusahaan di atas bisa disebut produsen alat berat paling dikenal di Indonesia, dengan merk sesuai dengan nama korporasi masing-masing. Produk Caterpillar Inc lebih dikenal dengan merk CAT.

Untuk level global, selain lima pabrikan tersebut, ada beberapa produsen terkenal lainnya di bidang alat berat. Misalnya:

  • Volvo Construction Equipment (Swedia)
  • Sany (Tiongkok)
  • Zoomlion (Tiongkok)
  • Liebherr (Jerman)
  • Terex (Amerika Serikat)
  • John Deere (Amerika Serikat)
  • Doosan Infracore (Korea Selatan)

Itulah sekilas info mengenai merk – merk alat berat terkenal di Indonesia.  (*)

By: Arparts.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *