Monday, July 15, 2024
HomeExcavatorNormalisasi Sungai Jadi Salah Satu Program TMMD Kabupaten Mesuji

Normalisasi Sungai Jadi Salah Satu Program TMMD Kabupaten Mesuji

Indonesia saat ini masih berada dalam musim hujan dengan intesitas yang cukup tinggi. Kondisi ini membuat berbagai wilayah memiliki potensi bencana alam yang cukup tinggi mulai dari banjir hingga longsor.

Menghadapi kondisi ini, berbagai langkah antisipasi terus dilakukan salah satunya dengan cara melakukan normalisasi sungai. Normalisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan sungai dari sampah maupun tumpukan sedimentasi sehingga potensi air sungai meluap yang menimbulkan banjir bisa dikurangi.

Baca Juga: Alat Berat Slender Didatangkan Di Tahap Awal Program TMMD Sengkuyung

TMMD Mesuji Dimulai dengan Normalisasi Sungai Badak

Mengetahui kondisi sungai yang membutuhkan normalisasi, TNI/Polri yang bertugas di Kabupaten Mesuji segera bertindak dengan mengagendakan normalisasi salah satu sungai di Kabupaten Mesuji dalam program TMMD Ke-119. Diantara beberapa sungai di sekitar Kabupaten Mesuji, Sungai Badak menjadi pilihan pertama untuk melaksanakan program ini

TMMD sendiri merupakan program tahunan yang dimiliki oleh TNI/Polri dengan tujuan untuk membantu masyarakat memperkuat infrastruktur yang ada. Program TMMD ini kerap kali dilakukan dengan beberapa agenda seperti perbaikan jalan hingga pembangunan sarana umum.

Normalisasi Sungai Badak Dilakukan dengan Excavator

Untuk menjalankan program normalisasi Sungai Badak, instansi setempat dan pihak TNI/Polri mendatangkan satu unit alat berat jenis excavator. Normalisasi yang dilakukan di Sungai Badak, Desa Sungai badak, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji ini dilaksanakan pada Sabtu (24/02/2024).

Baca Juga: Berbagai Alat Berat Dilibatkan Untuk Permudah TMMD Di Berbagai Daerah

Normalisasi ini dilakukan dengan menggali dan merapikan area pinggir sungai di sekitar jembatan. Excavator digunakan untuk merapikan tanah di area pinggir sungai serta menggali dasar sungai di dekat jembatan dengan harapan mampu membuat aliran sungai tersebut lancar.

Rumput-rumput dan sampah di sekitar sungai juga ikut dibersihkan secara manual oleh para petugas TNI/Polri dibantu oleh warga sekitar. Pembersihan ini juga diharapkan dapat meminimalisir potensi meluapnya air di Sungai Badak.

Melalui langkah normalisasi sungai ini, TNI/Polri berharap warga sekitar bisa terbantu dan memiliki lingkungan yang lebih sehat dengan aliran sungai yang baik. Normalisasi ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang kepada masyarakat.

Sumber: sumateranews.co.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular