Thursday, May 23, 2024
HomeExcavatorOperator Alat Berat Tewas Akibat Tersengat Listrik

Operator Alat Berat Tewas Akibat Tersengat Listrik

Menjadi bagian dari pekerja di industri alat berat dinilai memiliki risiko keamanan yang cukup tinggi. Beberapa profesi seperti operator alat berat dan teknisi alat berat bahkan harus mempertaruhkan nyawa saat bekerja di lingkungan yang menggunakan alat berat.

Pada Selasa 14-11-2023, risiko terbesar dari industri alat berat menimpa salah satu operator yang bekerja dibawah Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Dairi. Seorang operator tewas akibat tersengat listrik saat menggunakan alat berat.

Baca Juga: Operator Alat Berat Crane Tewas Terjepit Alat Berat yang Dikendarainya

Operator Alat Berat Backhoe Loader Tewas Saat Menggunakan Excavator

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Dairi, Sumatera Utara berduka. Salah satu operator dibawah Dinas PUTR, Manontong Lumbangaol (50) tewas saat sedang bekerja. Korban diketahui merupakan warga Dusun Pandan Bulu, Desa Sosor Lontung, Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi.

ML tewas ketika membersihkan material longsor yang menutup badan jalan di Desa Lau Primbon, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi. Wilayah Kabupaten Dairi yang dikelilingi pegunungan memang cenderung memiliki potensi longsor yang tinggi setelah memasuki musim hujan. Camat Tanah Pinem Jonathan Ginting Mengonfirmasi bahwa kabar meninggalnya salah satu pekerja alat berat ini benar adanya.

Meski pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Dairi telah mengonfirmasi insiden ini, namun pihaknya belum bisa memastikan kronologi kejadian yang menewaskan salah satu operator alat berat tersebut.

Korban yang merupakan seorang operator backhoe loader memang sedang membantu pembersihan material longsor saat insiden terjadi. Namun saat kejadian, ML diketahui tidak sedang menggunakan alat berat jenis backhoe laoder melainkan sedang mengendarai sebuah alat berat excavator.

Berdasarkan informasi dari Kepala Dinas PUTR Pemkab Dairi, Sumatera Utara, Masaraya Berutu diduga excavator yang sedang dikendarai oleh korban menyentuk kabel listrik. Aliran listrik dari kabel yang menyentuh excavator yang notabene terbuat dari material baja diduga menjadi penyebab korban tersengat hingga sulit menyelamatkan diri.

Setelah berhasil dievakuasi, jenazah korban langsung dibawa ke Puskesmas Tigalingga dan segera diserahkan kepada pihak keluarga setelah diotopsi. Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai kelanjutan kasus ini apakah akan diperdalam melalui penyelidikan atau tidak.

operator alat berat
Operator Alat Berat Tewas Saat Membersihkan Material Longsor

Pentingnya Keselamatan Operator Alat Berat

Saat bekerja sebagai operator alat berat, risiko keamanan dan keselamatan yang dimiliki memang sangat tinggi. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa seorang operator harus melewati serangkaian tes dan pelatihan sebelum diterjunkan ke lapangan.

Setiap operator yang bekerja baik dibawah perusahaan swasta ataupun dinas pemerintah juga harus memiliki Surat Ijin Operator (SIO) serta beberapa kelengkapan lainnya sebagai bukti bahwa operator tersebut memiliki skill yang telah terverifikasi. Kelengkapan ini menjadi hal dasar yang wajib dipenuhi oleh seluruh operator yang mengoperasikan alat berat jenis apapun.

Tidak hanya mengenai kelengkapan administrasi sebagai identitas, kondisi di lapangan juga kerap memengaruhi keamanan dan keselamatan para pekerja di sektor alat berat. Berbagai perlengkapan keamanan seperti helm dan lain sebagainya harus digunakan dengan baik agar jaminan keamanan dan keselamatan semakin tinggi.

Seluruh pekerja di bidang alat berat baik operator, teknisi, maupun pekerja lainnya juga harus rutin memeriksa seluruh bagian dari lokasi dan peralatan yang ada untuk memastikan setiap komponen pekerjaan beroperasi dengan baik. Setiap pekerja juga disarankan untuk mensterilkan seluruh area kerja dari hal-hal yang membahayakan agar pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih efektif.

Keamanan dan keselamatan seorang operator alat berat dan seluruh pekerja lainnya sangat penting dalam setiap pekerjaan yang melibatkan alat berat. Mewaspadai setiap risiko dengan mempersiapkan berbagai hal secara teliti bisa membuat risiko pekerjaan bisa diminimalisir secara maksimal.

Sumber: dairi.wahananews.co

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular