Saturday, September 23, 2023
HomeEducationOptimalisasi Bantuan Alat Berat Untuk Kecamatan Jadi Sorotan

Optimalisasi Bantuan Alat Berat Untuk Kecamatan Jadi Sorotan

Pada rapat pembahasan RAPBD 2023 Kotawaringin Timur 17 Oktober 2022 lalu, anggota DPRD Kotim fraksi Golkar menanggapi isu terkait bantuan alat berat yang belum optimal. Bantuan tersebut dinilai masih belum terealisasi secara maksimal.

DPRD Soroti Bantuan Alat Berat yang Dinilai Tidak Efektif

Banyaknya keluhan dari warga mengenai buruknya akses jalan hingga tidak adanya tindak lanjut berupa perbaikan dari pemerintah setempat dinilai menjadi salah satu bukti tidak maksimalnya proses pemberian bantuan alat berat di lapangan. Pembahasan ini menjadi salah satu topik yang disorot dalam rapat berkaitan dengan RAPBD 2023.

Baca Juga : Samsat Pelaihari Siap Sasar Pajak Alat Berat, JBG Dan Japfa Siap Taat

Tanggapan Tentang Bantuan Alat Berat Untuk Kecamatan

Mengingat juga tahun 2023 menjadi tahun kedua pasca Covid-19, anggaran yang ada di 2023 dinilai bisa dimanfaatkan dengan lebih optimal untuk pelaksanaan program pembangunan. Anggaran-anggaran yang dicanangkan di dua tahun sebelumnya diketahui digunakan fokus pada penanganan pasca Covid-19.

Salah satu pemanfaatan anggaran tersebut dinilai tepat ditujukan pada bidang infrastruktur yang bisa dilakukan mengatur penggunaan alat berat di kawasan Kotawaringin Timur (Kotim). Namun penanganan tersebut membutuhkan pengaturan yang tepat dan lebih terarah mulai dari pengoperasian hingga pemetaan pembangunan infrastrukturnya.

“Saat ini, Partai Golkar belum melihat adanya manfaat nyata dari pelaksanaan bantuan alat berat di setiap sektor yang dilaksanakan pada tahun 2022,” kata Mariani, salah satu anggota Golkar saat menyampaikan pandangannya.

Anggaran tahun 2023 harus dipercepat dari segi pembangunan terutama dari segi ekonomi dan bidang sosial. Pelaksanaan anggaran ini juga tentu  harus lebih maksimal karena situasi yang sudah mulai membaik keluar dari pandemi.

Golkar mendorong bagaimana pemerintah daerah juga mencari ide-ide kreatif dan taktis untuk anggaran dan program yang dapat menyentuh kebutuhan nyata masyarakat. Program-program prioritas yang digagas pemerintah benar-benar dapat dilaksanakan.

Aplikasi Pinjam Pakai Excavator Dari Pemkab Kotim

alat berat
inikalteng.com

Sebelumnya Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim) yang dipimpin Bupati H Halikinnor dan Wakilnya Irawati membagikan bantuan alat berat. Bantuan tersebut berupa excavator ke setiap kecamatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penyaluran bantuan ini rupanya diikuti dengan pembuatan aplikasi penyewaan alat berat secara online. Hal itu diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 6 Tahun 2022 dan penerapan sistem operasi pinjaman (Sipimakai) dalam penggunaan excavator.

Dalam hal ini Dinas Pertanian (Distan) Kotim secara bertahap mulai mendistribusikan informasi tata cara penggunaan baik Perbup maupun penerapannya di setiap kecamatan yang mendapat bantuan alat berat.

“Tujuan sosialisasi ini untuk mengefektifkan penggunaan excavator di segala bidang,” jelasnya, Sabtu 24/09/2022. Ia melanjutkan, sosialisasi ini diikuti oleh seluruh aparat kecamatan, kelompok tani, UKM, IKM dan lain-lain yang mendapat bantuan alat berat.

Sosialisasi ini  terus dilakukan di seluruh kecamatan kecuali Mentawa Baru, Ketapang dan Baamang yang belum mendapatkan bantuan alat berat. Karena masih akan diprogramkan tahun depan.

Diharapkan penggunaan excavator dapat berjalan dengan lancar dan seluruh target user memahami penggunaan alat berat dan pengendalian aplikasi Sipimakai. Khususnya untuk menghindari perselisihan selama penyewaan dan penggunaan alat berat.

Pada dasarnya program ini memudahkan pelacakan alat berat dan siapa saja bisa menggunakannya dan apa tujuan menyewa alat tersebut. Peminjaman alat berat harus adil dan sesuai dengan surat lamaran yang dikirim di waiting list.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Distani lebih mudah memantau dan mempelajari seberapa efektif bantuan alat berat mempermudah pekerjaan umum di pertanian, perbaikan jalan, konstruksi drainase dan lainnya.

Sumber : beritasampit.co.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular