Saturday, June 22, 2024
HomeEducationPekerja Tambang Timah Tewas Akibat Tertimbun Material Lumpur

Pekerja Tambang Timah Tewas Akibat Tertimbun Material Lumpur

Kecelakaan di lokasi tambang kembali terjadi di Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Satu orang pekerja tambang timah diketahui tewas akibat kecelakaan kerja ini.

Pekerja tambang berinisial RR (23) diketahui meninggal dunia akibat tertimbun oleh lumpur di area tambang yang sedang dikerjakannya. Namun sayangnya hingga saat ini belum ada informasi mengenai legalitas dari aktivitas tambang tersebut.

Baca Juga: 2 Penambang Tertimbun Galian Di Area Tambang Batubara Cigalugur

1 Pekerja Tambang Timah Tewas, 1 Lainnya Tertimbun Hingga Dada

Pada Jumat 17 Mei 2024, kecelakaan kerja terjadi di area pertambangan timah yang terletak di Desa Telak, Kecamatan Parittiga. Diketahui bahwa area pertambangan tersebut sedang dikerjakan oleh 4 pekerja tambang yaitu RR (23), BY (17), SI (46) dan AG (19).

Kecelakaan yang terjadi pada Jumat siang ini menyebabkan dua pekerja yaitu RR dan AG menjadi korban. Dugaan sementara, kecelakaan ini disebabkan oleh alat berat yang terperosok hingga membuat kedua pekerja tambang tersebut tertutup oleh material lumpur di area kerjanya.

Baca Juga: Pekerja Tambang Emas Ilegal Tewas Tertimbun Longsor

Pekerja Tambang Timah RR Tewas Ditempat

Kecelakaan di lokasi tambang timah ini sekitar pukul 01.00 siang saat pekerja BY yang berada di sekitar area tambang menyadari bahwa suara mesin dari alat berat yang mereka gunakan tidak lagi terdengar meski seharusnya mesin tersebut sedang beroperasi pada saat itu.

BY kemudian mengecek ke lokasi pengoperasian mesin yang sedang dilakukan oleh korban RR dan korban AG. Saat sampai ke lokasi kerja, BY menemukan bahwa alat berat tersebut telah tertutup oleh material lumpur.

Korban AG juga terlihat setelah tertimbun material lumpur hingga setinggi dada sedangkan korban RR sama sekali tidak terlihat oleh BY. BY beberapa rekan lainnya langsung mengevakuasi AG dan bersama-sama mencari korban RR. Korban RR akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas dan segera dibawa ke Klinik Bhakti Timah Parittiga.

Baca Juga: Operator Excavator Tertimbun Tanah Longsor Di Pertambangan Ilegal

Kompol Albert Tampubolon selaku Kapolsek Jebus menuturkan bahwa pihaknya langsung mendatangi lokasi kejadian setelah laporan diterima. Kompol Albert juga menuturkan bahwa korban RR yang tewas dalam kecelakaan kerja ini berdomisili di Desa Air Gantang dan langsung dikebumikan di tempat pemakaman umum Desa setempat.

Terkait dengan kasus kecelakaan kerja di area tambang timah ini, pihak keluarga dari korban RR menolak untuk dilakukan visum maupun otopsi terhadap korban karena menilai insiden ini merupakan musibah bagi keluarganya.

Sumber: negerilaskarpelangi.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular