PEMADATAN TANAH DENGAN ALAT BERAT

Pemadatan tanah merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses konstruksi agar dapat meningkatkan daya dukung tanah, memperkecil daya rembes dan pengaruh air terhadap lahan serta beban bangunan.

Proses pemadatan tanah tidak dapat dilakukan secara sembarangan dan membutuhkan waktu untuk memulai pembangunan, dengan membersihkan berbagai macam tumbuhan, pohon, semak-semak dan bebatuan yang dapat mengganggu proses kontruksi pemadatan tanah pada area yang akan dibangun.

Sebelum kegiatan pemadatan tanah, terlebih dahulu mengukur tekanan air tanah menggunakan piezometer guna mempercepat pemadatan tanah dapat dilakukan dengan beberapa alat berat dipilih sesuai dengan jenis medan dan jenis tanah serta besaran anggaran proyek yang dibutuhkan.

Pemadatan tanah untuk pembuatan jalan tentu banyak dibutuhkan banyak macam alat berat, seperti excavator, buldozer, grader maupun vibro roller. Alat berat untuk memadatan tanah biasa menyebutnya bomax, vibro, mesin gilas dan lain-lain. Bentuknya yang ada besinya berbentuk bulat dan bergetar, benjolan besi, sesuai dengan fungsinya.

Pada umumnya pemadatan tanah adalah upaya dalam mengatur susunan butiran tanah agar menjadi lebih rapat dan lebih padat, ada tiga faktor mempengaruhinya, yaitu:

  1. Gradasi material yang akan dipadatkan,
  2. Kadar air dari material,
  3. Usaha pemadatan.

Pemadatan tanah dilakukan dengan memberikan getaran khususnya partikel-partikel kering dan seragam, sedangkan material liat dan banyak mengandung air dapat dilakukan dengan tekanan diatasnya. Kebanyakan tanah mengandung partikel halus dan sedikit lembab, sehingga diberikan tekanan berat yang tetap, getaran atau keduanya.

Alat-alat berat yang dapat membantu pemadatan tanah, yaitu:               

  • Three Wheel Roller

Biasa dipergunakan untuk agregat tanah yang berbutir kasar dengan berat roda penggilas sekitar 6 ton dan 12 ton. Alat ini dirancang dengan tiga silinder terbuat dari baja dengan tujuan menambah berat pemadat. Apabila ingin hasil lebih maksimal, roda silindernya dapat diisi dengan zat cair (minyak atau air) atau pasir dapat meningkatkan berat alat 15% sampai 35%.

  • Tandem Roller

Alat berat yang biasa dipergunakan memadatkan tanah untuk pembuatan jalan raya dan bandara, sehingga mendapatkan pemadatan yang lurus dan halus. Alat berat ini memiliki berat 8 ton sampai 14 ton. Alat ini dipergunakan untuk penggilasan akhir seperti pekerjaan penggilasan aspal agar rata. Tandom roller memiliki dua jenis, yaitu two axie (poros dua) dan tree axie (poros tiga) dipergunakan pekerjaan yang berat seperti mengerjakan landasan pesawat terbang atau pondasi jalan.

  • Bulldozer

Bulldozer sebagai alat pembantu yang dapat mendorong dan meratakan tanah yang diturunkan dari truk, dapat juga menghancurkan gumpalan tanah agar proses pemadatan tanah berjalan lancar.

  • Tamping Roller

Alat berat yang fungsinya memadatkan tanah lempung atau campuran pasir dan lempung dengan butir kasar, seperti pasir dan kerikil. Alat ini terdiri dari drum baja berongga dilapisi dengan kaki-kaki baja tegak lurus dengan las. Pada setiap roller atau rodanya mempunyai lebar dan keliling bervarisasi, biasanya terdiri dari satu atau lebih roda, metoda yang dipergunakan adalah peremasan.

  • Vibration Roller

Alat berat dengan cara kerja menggunakan efek getaran dan sangat cocok pada jenis tanah pasir atau kerikil berpasir. Proses pemadatan tanah akan sangat mudah, dikarenakan butiran tanah akan mengisi bagian yang kosong. Alat berat ini merupakan alat pemadatan tanah yang sama dengan tipe tamping roller, hanya dilengkapi vibrator.

  • Segment Roller/Sheep Foot Tire Roller

Mesin penggilas yang memiliki roda tersusun dari lempengan baja yang mampu memberikan efek pemadatan tanah pada bagian bawah, dapat membantu menekan kelebihan air terkandung dalam paisan tanah yang dipadatkan, sehingga tanah memiliki kepadatan maksimal.

  • Pneumatic Roller

Alat berat disebut juga Universal Compactor, roda penggilasnya terdiri dari ban karet yang dipompa, terkecuali dapat bergerak maju dan dapat digetarkan atau digerakkan naik turun untuk memberikan tumbukan yang kuat. Jumlah roda selalu ganjil, misal 9 (4 roda depan dan 5 roda belakang) dengan berat sekitar 80 ton, mampu memadatkan material timbunan sedalam 24 inci.

  • Trench Roller

Alat penggilas khusus parit atau lubang galian, kemampuan roller ini untuk memadatkan galian parit sedalam 16 sampai 23 inci.

Alat berat pemadatan tanah diatas memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kondisi material tanah yang akan dipadatkan, seperti dalam hal ini:

  • Tanah plastis dan kohesif, dapat menggunakan alat pemadat sheep foot roller atau pneumatic roller.
  • Material tanah pasir atau kerikil, dapat menggunakan mesin vibration roller atau pneumatic roller.
  • Tanah lempung berpasir atau tanah liat, biasanya dapat menggunakan segment roller.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *