Saturday, January 28, 2023
HomeEducationPemda Cianjur Siap Siaga Menyediakan Alat Berat Di Wilayah Rawan Bencana Longsor

Pemda Cianjur Siap Siaga Menyediakan Alat Berat Di Wilayah Rawan Bencana Longsor

BPBD Cianjur Jawa Barat bersama Dinas PUPR Cianjur menyiapkan alat berat di wilayah rawan bencana longsordi Cianjur Selatan. Hal ini berkaitan dengan situasi tanggap terhadap bencana alam tanah longsor yang terjadi disana.

Kronologi Hingga Persiapan Alat Berat Di Wilayah Rawan Bencana Longsor

Tanah longsor adalah suatu peristiwa geologi yang disebabkan oleh pergerakan berbagai jenis batuan atau massa tanah. Seperti misal karena jatuhnya batuan atau potongan tanah yang besar dikarenakan beberapa faktor pemicu.

Meskipun penyebab utama fenomena pada lereng yang curam, faktor lain juga berperan adalah erosi dari limpasan air hujan yang merusak dasar lereng. Lereng batuan dan tanah menjadi lemah dan rentan yang disebabkan oleh hujan lebat.

Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo pekan lalu mengatakan, beberapa ruas jalan antar desa, kecamatan, dan kabupaten Cianjur Selatan terputus sementara. Hal ini diakibatkan karena longsor di Kecamatan Lelesi, Cibinong, Sindangbarang, dan Cidaun.

Koordinasi juga dilakukan dengan instansi terkait Pemprov Jabar dan Kementerian PUPR agar kebutuhan alat berat di wilayah rawan bencana longsor mudah terpenuhi dan akses jalan cepat dibuka.

Dalam sepekan terakhir, longsor menutup simpang utama. Dimana jalan tersebut menjadi penghubung di Kecamatan Leles yang menghubungkan Cianjur-Sukabumi, Cianjur-Garut di Kecamatan Cidaun dan Cianjur-Bandung di Kabupaten Naringgul.

Baca Juga : Alat Berat Kobelco yang Dapat Digunakan untuk Penanganan Bencana di Indonesia

Pemda menyiagakan seluruh relawan di masing-masing Kecamatan Cianjur. Relawan ini bertugas untuk memantau, memberi tahu dan mengungsi jika melihat tanda-tanda bencana alam agar segera dilakukan tindakan tanggap darurat.

Alat Berat yang Disiagakan Pemda Cianjur

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur membawa beberapa alat berat ke lokasi longsor. Alat ini digunakan untuk menangani material longsoran di daerah rawan longsor.

Saat ini, ada satu backhoe dan satu dump truck di lokasi yang juga turut menjaga agar kontur tanah tidak mudah runtuh lagi.

Fungsi Dan Kegunaan Alat Berat Backhoe

Peran backhoe utamanya adalah dalam menggali sehingga akan sangat membantu pada wilayah terdampak longsor. Selain itu, alat ini juga digunakan untuk berbagai pekerjaan lain yang perlu tenaga besar seperti memecah material yang keras.

Alat berat di wilayah rawan bencana longsor ini membutuhkan peralatan tambahan agar dapat digunakan dengan benar. Backhoe juga dapat mengangkat tumpukan penyimpanan ke atas dump truck yang cukup tinggi.

alat berat
rbg.id

Perbedaan fungsional backhoe loader dibandingkan dengan bucket dan dragline adalah backhoe dapat menggali lebih dalam. Artinya hasil kedalaman bisa lebih lengkap dan konsisten saat menggunakan backhoe.

Fungsi Dan Kegunaan Dump Truck

Dump truck adalah kendaraan yang biasa digunakan untuk mengangkut material seperti tanah, batu, kerikil, pasir dan hasil tambang lainnya. Pengisian beban biasanya membutuhkan alat berat ini dengan bantuan yang lainnya.

Sedangkan untuk pembongkaran beban dapat dilakukan dengan mengangkat bagian depan bak menggunakan teknologi hidrolik. Sehingga bak akan miring ke belakang sehingga beban dapat tenggelam ke lokasi yang telah ditentukan.

Pada umumnya tidak berbeda dengan model truk lainnya, hanya dumper ini memiliki tuas hidrolik untuk menaikkan dan menurunkan bodi. Dimana tentunya kendaran ini sangat dibutuhkan untuk mengangkut material longsoran yang menghalangi jalan.

Bukan hanya memilih alat berat dengan kualitas yang tinggi serta memiliki fungsi yang tepat dalam menangani bencana longsor, PUPR juga telah berkoordinasi dengan seluruh Retana (Relawan Tangguh Bencana) agar terus mengawati setiap daerah dengan ketat sehingga potensi terjadinya bencana bisa diketahui sejak awal. Tentu hal ini juga dilakukan agar langkah antisipasi dan penanganan bencana bisa diselesaikan dengan cepat.

Sumber : wartaekonomi.co.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular