Saturday, January 28, 2023
HomecranePemerintah DKI Jakarta Lakukan Pengadaan Alat Berat Untuk Cegah Banjir

Pemerintah DKI Jakarta Lakukan Pengadaan Alat Berat Untuk Cegah Banjir

Setiap tahun, wilayah DKI Jakarta menjadi wilayah langganan banjir di Indonesia. Hal ini membuat pemerintah DKI Jakarta terus membuat program-program baru agar DKI Jakarta bisa segera terbebas dari bencana langganan ini. Salah satu program yang saat ini sedang menajdi prioritas adalah program pengadaan alat berat.

Program pencegahan dan penanganan banjir di DKI Jakarta memang terus dilakukan karena intensitas banjir yang terlalu sering terjadi terutama saat musim hujan melanda. Di akhir tahun 2022, pengadaan peralatan menjadi fokus utama yang dinilai bisa memberikan pengaruh besar terhadap program pencegahan banjir ini.

Dua Alat Berat Disiagakan Untuk Mencegah Banjir

Unit Pengelola Teknis (UPT) Peralatan Dan Perbengkelan (Alkal) Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta diketahui telah menyediakan dua unit peralatan berat jenis excavator amphibi dalam program pengadaan alat untuk mencegah banjir. Kehadiran dua unit alat ini selanjutnya akan digunakan untuk mengeruk dan melakukan normalisasi pada beberapa sungai di DKI Jakarta.

Baca Juga : Imbas Bencana Banjir, Normalisasi Sungai Dilakukan dengan Alat Berat Pertambangan

Kepala UPT Alkal Dinas SDA DKI Yoserizal menuturkan bahwa sebelum diterjunkan ke lapangan, dua unit alat jenis amphibi ini terlebih dahulu di uji coba di UPT Alkal Jl. Raya Pondok Gede, Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur. Setelah lolos uji coba, kedua peralatan ini langsung dikirim ke Sudin SDA Jakarta Timur dan Jakarta Pusat.

Dalam program pengadaan alat ini, Pemerintah DKI Jakarta telah menggelontorkan dana hingga 11 Miliar Rupiah. Excavator amphibi ini sendiri dibeli dari PT. Pindad Bandung sehingga penyediaan peralatan selesai lebih cepat. Dengan jumlah anggaran yang sangat besar, diharapkan peralatan tersebut bisa digunakan secara maksimal sehingga dapat membantu pencegahan banjir berjalan dengan lebih maksimal.

Alat Berat Jenis Amphibi Digunakan Untuk Keruk Lumpur

alat berat
indonesiainside.id

Setelah diserahkan pada Sudin SDA Jakarta Timur dan Jakarta Pusat masing-masing 1 unit alat berat jenis amphibi, peralatan ini langsung digunakan untuk mengeruk lumpur waduk di wilayah tersebut. Waduk Ria Rio Pulogadung dan Waduk Melati Tanah Abang menjadi lokasi pengerukan lumpur pertama yang dijamah oleh peralatan amphibi ini.

Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bahkan meminta pihak Dinas Sumber Daya Air untuk melakukan pengerukan material sungai setiap harinya di beberapa lokasi secara bergiliran. Hal ini dinilai bisa membantu mencegah terjadinya banjir terutama di musim hujan kali ini.

Setelah selesai dengan proyek pengerukan lumpur di dua waduk ini, nantinya excavator amphibi ini juga akan digunakan untuk menormalisasi waduk, embung, setu, dan saluran air lainnya. Normalisasi sungai dan saluran air dinilai memberikan pengaruh yang cukup besar dalam pencegahan banjir karena jumlah debit air dalam sungai atau waduk yang telah dinormalisasi bisa membesar.

Normalisasi sungai atau waduk yang dilakukan dengan mengeruk material sungai akan membuat permukaan sungai semakin dalam sehingga kapasitas debit air bisa semakin besar. Semakin besar kapasitas debit air yang ada, maka air tidak akan mudah naik ke permukaan dan menyebabkan banjir.

UPT SDA DKI Jakarta Anggarkan 20 Unit Alat Berat Tahun 2022

Sebagai salah satu program utama, UPT SPA DKI Jakarta pada tahun 2022 menargetkan pengadaan 20 unit alat berat di wilayah DKI Jakarta. 20 unit alat berat tersebut terdiri dari 2 unit excavator amphibi, 6 excavator wheel mini, 4 excavator wheel standar, 6 excavator spider kecil, dan 2 truk crane.

Peralatan tersebut dianggarkan melalui lelang e-katalog dan lelang umum agar bisa segera memenuhi permintaan Sudin dari berbagai wilayah DKI Jakarta. Dengan banyaknya alat berat yang dianggarkan, diharapkan program pencegahan banjir bisa memberikan hasil yang maksimal.

sumber : antaranews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular