Monday, July 15, 2024
HomeAlat beratPemerintah Kabupaten Muara Enim Menggelar Pelatihan Operator Alat Berat

Pemerintah Kabupaten Muara Enim Menggelar Pelatihan Operator Alat Berat

Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan menggelar pelatihan operator alat beratdan juga pelatihan elektronik perbaikan AC. Kegiatan ini ditujukan bagi warga yang ingin mencari pekerjaan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muara Enim.

Baca Juga : Cara Menjadi Operator Alat Berat yang Handal

Pelatihan Operator Alat Berat Diikuti Oleh Puluhan Pecari Kerja

Pemerintah Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan menggelar pelatihan pekerjaan operator alat berat untuk masyarakat yang mencari pekerjaan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muara Enim. Selain pelatihan alat berat, dalam kegiatan ini juga terdapat pelatihan elekronik perbaikan AC dan mengemudi.

Menurut Kepala Disnakertrans Muara Enim, peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 52 orang. Dari 52 peserta tersebut terdiri dari 20 orang peserta pelatihan operator alat berat, 16 peserta pelatihan elektronik AC dan 16 peserta mengemudi.

Muara Enim adalah Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan yang menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal dengan usaha pertambangannya. Salah satu perusahaan tambang batu bara di Muara Enim ini yaitu PT Bukit Asam yang lokasinya berada di Kelurahan Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim juga dikenal sebagai perusahaan pertambangan ternama di Indonesia.

Potensi unggul dari daerah Muara Enim ini didominasi oleh sektor pertanian seperti perkebunan, peternakan, perikanan, tanaman pangan dan juga hortikultura. Perhutanan, pertambangan dan energi juga menjadi potensi unggulan dari daerah Muara Enim ini.

Sebagai salah satu daerah penghasil batu bara di Indonesia, tentu saja terdapat beberapa perusahaan pertambangan di Muara Enim ini. Dalam perusahaan pertambangan alat berat digunakan untuk membantu dalam proses pekerjaan.

Alat berat ini tidak seperti mesin-mesin lainnya yang dapat bekerja sendiri, diperlukan seorang operator untuk mengoperasikan alat ini. Untuk menjadi operator alat berat juga tentunya harus memiliki keahlian yang khusus dan banyak juga yang harus dipelajari untuk menjadi operator alat berat yang handal.

Pelatihan Operator Alat Berat Akan Berlangsung Selama Satu Bulan

pelatihan operator alat berat
Puluhan Pencari Kerja Ikuti Pelatihan Operator Alat Berat

Kegiatan pelatihan yang mencakup pelatihan elektronik perbaikan AC, operator alat berat dan mengemudi yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim akan dilaksanakan kurang lebih selama 30 hari. Kepala Disnakertrans Muara Enim mengatakan, rencananya pelatihan ini akan berlangsung mulai dari 26 Mei hingga 24 Juni 2023 nanti.

Selain melaksanakan pelatihan selama satu bulan di UPT BLK Disnakertrans, untuk para peserta pelatihan operator alat berat juga harus mengikuti pelatihan di pusat pelatihan sebuah perusahaan alat berat. Hal tersebut dilakukan agar para peserta pelatihan dapat lebih matang dalam menguasai keahlian sebagai operator alat berat.

Pelatihan untuk operator alat berat ini memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Pelatihan dapat berlangsung selama 1-1,5 bulan, bahkan ada juga pelatihan yang berlangsung selama satu tahun. Dalam pelatihan tersebut peserta akan mempelajari berbagai hal mengenai alat berat dan mempraktikan cara menggunakan alat berat. Setelah melaksanakan pelatihan, para peserta akan diberikan sertifikat sebagai bukti bahwa telah mampu menjadi operator alat berat.

Selain tanggung jawabnya yang besar, operator alat berat juga harus memiliki pengetahuan dasar tentang pemeliharaan dan perbaikan alat berat. Jika tidak memiliki pengetahuan dasar tersebut, dapat menimbulkan kecelakaan yang fatal dalam proses pekerjaan.

Menurut Kadisnakertrans Muara Enim, kegiatan pelatihan operator alat berat dan pelatihan lainnya tersebut, bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan diri para pencari pekerjaan. Selain itu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini juga agar para peserta pelatihan dapat mengembangkan keterampilan dan memiliki daya saing dalam dunia kerja.

Sumber : sumsel.inews.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular