Monday, July 15, 2024
HomeEducationPemkab Bogor Resmikan 2,8 Hektare Kantong Parkir Parungpanjang

Pemkab Bogor Resmikan 2,8 Hektare Kantong Parkir Parungpanjang

Setelah melalui proses yang panjang, kantong parkir truk tambang di wilayah Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor akhirnya diresmikan pada Jum’at 17 Mei 2024. Dari total 10,2 hektare kantong parkir Parungpanjang yang akan dibangun, 2,8 hektare diantaranya telah diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

Permasalahan lalu lintas di wilayah Kecamatan Parungpanjang terus memanas selama beberapa tahun belakangan akibat banyaknya truk tambang yang melintas di jalan umum hampir 24 jam. Para pengguna jalan dan warga sekitar yang terdampak akibat kondisi ini membuat Pemkab Bogor memutuskan untuk membangun kantong parkir di wilayah tersebut agar lalu lintas berjalan dengan lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: Tak Kunjung Usai, Menkopolhukam Bantu Urus Angkutan Pertambangan Di Parungpanjang

Kantong Parkir Parungpanjang Siap Tambung 450 Truk Tambang

PJ Bupati Bogor Asmawa Tosepu menuturkan bahwa 2,8 hektare kantong parkir ini nantinya memiliki kapasitas tampung maksimal 450 truk tambang. Peresmian kantong parkir ini membuat aturan jam operasional truk tambang dinilai lebih mudah untuk diikuti oleh para perusahaan tambang.

Asmawa menuturkan bahwa pembangunan seluruh area kantong parkir masih dilakukan secara bertahap sehingga beberapa area yang telah selesai dibangun diresmikan terlebih dahulu. Hingga saat ini progres pembangunan kantong parkir tersebut telah mencapai 68%.

Pembangunan Kantong Parkir Parungpanjang Tidak Gunakan Dana APBD

Terkait dengan anggaran pembangunan kantong parkir Parungpanjang ini, Asmawa Tosepu juga menuturkan bahwa beberapa pihak lain yang juga ikut membantu terlaksananya pembangunan tersebut.

kantong parkir truk tambang parungpanjang
2,8 Hektare Kantong Parkir Parungpanjang Siap Tampung 450 Truk Tambang

Para pengusaha tambang di sekitar wilayah Bogor serta perusahaan perbankan BJB juga turut terlibat dalam proses pembangunan ini. BJB diketahui memberikan support dalam bentuk CSR untuk tahun 2023 sehingga sumber pendanaan untuk realisasi pembangunan kantong parkir ini tidak menggunakan dana APBD.

Asmawa berharap melalui peresmian kantong parkir secara bertahap ini, aturan mengenai jam operasional truk tambang dapat dipatuhi secara keseluruhan sehingga lalu lintas di wilayah Parungpanjang Bogor bisa lebih kondusif. Saat ini aturan jam operasional yang berlaku untuk angkutan tambang yang boleh melintas ke wilayah Parungpanjang dimulai pukul 22.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Pemerintah Kabupaten Bogor sendiri akan terus menerima masukan dari berbagai pihak baik dari warga maupun para pelaku tambang berkaitan dengan berbagai hal yang terkait dengan aktivitas tambang di wilayah Kabupaten Bogor. Kehadiran kantong parkir Parungpanjang ini diharapkan menjadi solusi awal untuk memaksimalkan performa pertambangan di wilayah Bogor sekaligus memberikan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat dan para pengguna jalan.

Sumber: radarbogor.jawapos.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular