Saturday, June 22, 2024
HomeHeavy machinePemprov Riau Kebut Perbaikan Jalan dengan Alat Berat

Pemprov Riau Kebut Perbaikan Jalan dengan Alat Berat

Provinsi Riau menjadi salah satu wilayah yang diketahui memiliki cukup banyak area jalan yang rusak. Kondisi ini membuat Pemprov Riau terus berusaha memperbaiki jalan sedikit demi sedikit menggunakan alat berat agar kondisi jalan di berbagai wilayah bisa kembali baik.

Namun perbaikan yang dilakukan secara terus menerus ini diketahui belum menjadi solusi yang maksimal karena beberapa wilayah diketahui memiliki arus lalu lintas yang cukup padat dengan kendaraan bermuatan besar sehingga potensi jalan yang mudah rusak cukup tinggi.

Baca Juga: 4 Alat Berat Didatangkan Untuk Perbaiki Jalan Rusak Di Batang Cenaku

Menjelang Lebaran, Alat Berat Terus Dikerahkan Untuk Perbaiki Jalan

Meski mengetahui bahwa potensi rusaknya jalan di wilayah Provinsi Riau cukup tinggi, namun Pemprov Riau melalui Dinas PUPR terus berusaha untuk memperbaiki jalan dengan maksimal untuk menurunkan potensi kerusakan tersebut.

Salah satu wilayah yang menjadi fokus perbaikan di Provinsi Riau adalah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Di wilayah Kuansing, ratusan lubang jalan yang ada diketahui telah diperbaiki secara berkelanjutan untuk memaksimalkan fungsional jalan bagi masyarakat.

Puluhan Personel Dan Alat Berat Diterjunkan Untuk Perbaiki Jalan Kuansing

Di pertengahan bulan Maret 2024, Pemprov Riau melalui Dinas PUPR kembali mengerahkan sejumlah alat berat dan personel untuk memperbaiki area jalan yang rusak di berbagai wilayah. Kabupaten Kuansing menjadi salah satu wilayah fokus perbaikan jalan pada tahun ini.

Puluhan petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah V Dinas PUPR Riau diketahui telah dikerahkan ke beberapa ruas jalan untuk memperbaiki kerusakan jalan sejak beberapa bulan lalu dan mulai dilakukan percepatan bulan ini.

Baca Juga: Perusahaan Sawit PT. TAL Bantu Warga Perbaiki Jalan dengan Alat Berat

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah V, Basharuddin, ST MT menuturkan bahwa percepatan perbaikan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Pj Gubri SF Hariyanto. Akses jalan provinsi yang terletak di Kabupaten Kuansing turut menarik perhatian Pj Gubri sehingga percepatan segera dilakukan.

Basharuddin menuturkan pada dasarnya perbaikan jalan provinsi ini telah dilakukan secara bertahap sesuai dengan kewenangan provinsi. Beberapa area jalan seperti Jalan Sudirman Beringin Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah dan Kecamatan Benai menjadi area jalan yang terus diperbaiki secara bertahap. Mendekati hari raya Idul Fitri 2024, perbaikan ini kemudian dipercepat dengan melibatkan berbagai jenis peralatan seperti excavator, motor grader, hingga vibro roller.

Basharuddin juga menjelaskan bahwa percepatan perbaikan jalan ini juga memanfaatkan cuaca yang cukup baik karena tidak adanya hujan dalam beberapa hari ini. Menurut Basharuddin, kondisi cuaca yang hujan kerap kali menghambat proses perbaikan jalan sehingga cuaca cerah dalam beberapa hari ini sangat dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil perbaikan jalan.

Bukan hanya mengusahakan perbaikan jalan dengan hasil maksimal, UPT Wilayah V Dinas PUPR Riau juga tetap berusaha memaksimalkan fungsional jalan ditengah perbaikan tersebut. Perbaikan menggunakan alat berat ini ditargetkan akan tuntas sebelum lebaran sehingga diharapkan arus mudik dan balik dapat berjalan dengan lancar.

Sumber: mediacenter.riau.go.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular