Monday, July 15, 2024
HomePerkebunanPenambang Liar Sembunyikan Alat Berat di Perkebunan Warga Lantaran Panik

Penambang Liar Sembunyikan Alat Berat di Perkebunan Warga Lantaran Panik

Tindakan tegas segera akan dilayangkan kepada siapa saja yang kedapatan masih melakukan penambangan emas di Kampung Bowone Kecamatan Tabukan Selatan Tengah. Hal ini merupakan seruan dari Kapolres kepulauan Sangihe AKBP Deni Willy Wolter yang tentunya membuat para penambang liar kocar-kacir.

Beberapa alat berat pun ditemukan disembunyikan di lingkungan pemukiman warga karena kepanikan dari para penambang liar yang terciduk melakukan aktivitas tanpa izin.

Penyembunyian Alat Berat di Perkebunan Warga

Sebuah peralatan berat yang diduga milik dari taipan 9 naga asal kota Manado yang melakukan penambangan emas secara illegal juga diketahui telah disembunyikan setelah imbauan ini. Dikabarkan bahwa pengguna telah mengamankan sejumlah jenis alat yang dikategorikan berat dengan menyembunyikannya di dalam perkebunan milik warga.

Hal ini pun diungkapkan oleh sejumlah warga yang turut mengomentari pemberitaan adanya seruan Kapolres Sangihe yang akan melakukan tindakan tegas terhadap siapapun yang kedapatan melakukan penambangan emas di kampung tersebut.

Seperti yang diunggah oleh akun Santickha Ninghrith Lestari, yang mana menyertakan dua foto alat berat pada kolom komentar yang diabadikan menggunakan drone tengah berada di perkebunan milik warga. Dalam foto tersebut terdapat satu unit jenis alat yang dikategorikan berat berupa loader yang telah disingkirkan dari lokasi tambang bowone.

Komentar Warga dan Netizen

Terdapat banyak komentar warga yang mendukung tindakan tegas netizen tersebut agar segera dilaporkan dan ditindak tegas oleh pihak Kapolres meskipun masih terdapat beberapa netizen yang meragukan hal tersebut. Hal ini dikarenakan berdasarkan keraguan mereka, kepemilikan alat yang dapat melakukan penambangan emas secara liar biasanya dimiliki oleh orang kuat dan sulit untuk terjerat hukum meskipun secara kasat mata telah jelas melakukan perusakan lingkungan.

alat berat
sawitindonesia.com

Bahkan sejumlah tokoh masyarakat Sangihe meminta kepada Kapolres Sangihe agar benar-benar melakukan seperti yang diinstruksikan oleh Kapolri untuk seluruh jajarannya baik yang berada di tingkat Polda ataupun Polres agar dapat memberantas segala jenis tindak pidana termasuk illegal mining atau pertambangan yang dilakukan tanpa izin yang tentunya dengan segala bentuk perjudian.

Respon Pemerintah Terkait Penyembunyian Alat Berat

Sebelumnya untuk kali ini Kapolres Sangihe AKBP Deni Welly Wolter Tompunuh menyatakan bahwa pihaknya bersama dengan pemerintah daerah disertai dengan pimpinan pokok pimda Kabupaten Kepulauan Sangihe akan turun langsung ke Kampung Bowone.

Baca Juga : Alat Berat dalam Proyek Perkebunan

Hal ini akan dilakukan untuk dapat memastikan bahwa aktivitas penambangan liar sudah berhenti. Sehingga sudah tidak akan ada lagi penggunaan alat berat di daerah tersebut untuk kepentingan pribadi.

Dalam wawancaranya pada Jum’at, 26 Agustus 2022, mempertegas pihaknya tidak akan segan-segan melakukan tindakan hukum terhadap para penambang liar yang masih melakukan penambangan liar di daerah Bowone termasuk dalam penggunaan alat yang dikategorikan berat. Beliau mengatakan, “Kami tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas bagi siapa saja yang hingga saat ini mesih melakukan aktivitas penambangan emas di Kampung Bowone,”.

Beliau memastikan bahwa pihaknya tidak akan mentolerir anggotanya yang terbukti melakukan aktivitas tambang liar tersebut. Beliau sampai menyatakan “Kalau ada anggota polisi yang terlibat dalam aktivitas tambang liar, laporkan. Kita hantam pa dorang,”.

Dengan ini sudah sangat jelas bagaimana ketegasan mereka. Hingga saat ini, pihak berwajib tetap melakukan pemantauan lebih lanjut untuk mencegah terjadinya penambangan ilegal kembali di daerah tersebut.

Hal ini agar menghindari terjadinya kerugian terhadap alam dan warga. Proses pengawasan dan berbagai tindakan yang diambil tentunya disesuaikan dengan undang-undang yang telah diberlakukan mengenai penggunaan alat berat.

sumber : kronologi.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular