Saturday, September 23, 2023
HomeEducationPengertian, Fungsi Bulldozer dan Komponen Bulldozer

Pengertian, Fungsi Bulldozer dan Komponen Bulldozer

Pengertian, Fungsi Bulldozer dan Komponen Bulldozer – Bulldozer merupakan salah satu alat berat yang mungkin sering kita temukan, terutama jika kita berada di lokasi yang berhubungan dengan perpindahan material dan tanah. Fungsi dari bulldozer yaitu untuk meratakan material dan tanah keranan daya dorong yang dimiliki alat berat yang satu ini sangat tinggi. Dalam menjalankan fungsinya, bulldozer dilengkapi dengan berbagai macam komponen.

Setiap komponen pada bulldozer saling menjalankan tugasnya sehingga bulldozer dapat digerakkan dan dioperasikan. Sebenarnya, fungsi dari bulldozer bukan hanya untuk meratakan tanah atau material. Bulldozer juga digunakan untuk melakukan beberapa pekerjaan seperti mendorong, penggalian, menarik, menggusur, dan lain sebagainya. Bulldozer didesain agar mampu bekerja untuk semua jenis permukaan tanah, baik yang keras sampai yang halus. Sementara itu, cara kerja bulldozer tidak jauh berbeda dengan alat berat pada umumnya.

Bulldozer bekerja dengan diatur oleh traktor yang berperan sebagai media penggerak. Dengan begitu, bulldozer memiliki mobilitas yang baik. Alat berat ini juga dilengkapi dengan sistem hidrolik yang digunakan sebagai penggerak dari berbagai perangkat kerja yang ada pada bulldozer.

Fungsi Bulldozer

1. Pembabatan (clearing)

Fungsi bulldozer yang pertama adalah untuk keperluan pembabatan, pembersihan atau penebasan. Bulldozer mampu digunakan untuk membersihkan lahan yang berupa semak, sisa penebangan pohon, batu, gundukan tanah, dan lain-lain yang mengganggu area kerja.

2. Merintis (pioneering)

Fungsi bulldozer yang kedua yaitu untuk merintis atau pioneering. Pekerjaan ini biasanya dilakukan setelah proses pembabatan selesai. Bulldozer tersebut akan digunakan untuk meratakan area kerja atau untuk membuat jalan sehingga bisa mempermudah jalur atau jalan di area kerja.

3. Menggali dan mengangkut untuk jarak pendek

Bulldozer juga dapat digunnakan untuk menggali atau mengangkut material untuk jarak pendek. Bulldozer dapat digunakan untuk membuat aliran irigasi, parit, dam, dan lain sebagainya. Sementara untuk jarak yang bisa ditempuh bulldozer dalam mengangkat material kurang lebih 200 meter. Jika bulldozer dipaksakan mengangkat material melebihi jarak tersebut, dikhawatirkan bisa menyebabkan permasalahan yang tentunya siapapun tidak menginginkannya.

4. Menyebarkan material

Selain ketiga fungsi di atas, bulldozer masih memiliki fungsi yang lainnya yaitu untuk menyebarkan materail. Blade pada bulldozer inilah yang akan meratakan maupun menyebarkan materail dengan tingkat ketebalan tertentu. Material yang berupa gundukan akan didorong bulldozer ke tempat yang diinginkan.

5. Menimbun material

Bulldozer juga bisa digunakan untuk menimbul material kembali. Biasanya bulldozer akan dipakai untuk menimbun kembali bekas proyek galian gorong-gorong, pam, fondasi, dan sebagainya

6. Menarik sesuatu

Pernah melihat bulldozer digunakan menarik sesuatu? Bulldozer mempunyai tenaga yang sangat besar sehingga bisa digunakan untuk menarik pohon dan bahkan alat berat yang lainnya.

Komponen Bulldozer

Bulldozer memiliki beberapa komponen dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Selengkapnya silakan simak penjelasan di bawah ini.

1. Blade

Pembahasan seputar komponen bulldozer akan kami mulai dari blade. Blade merupakan komponen bulldozer yang bertugas mendorong material. Bentuk dari balde sendiri mirip seperti serok yang terbuat dari besi dan memiliki tingkat ketahanan yang tinggi.

Di dalam penggunaannya, blade memiliki beberapa jenis:

  • Universal Blade, digunakan mendorong material dalam jumlah yang banyak.
  • Angling Blade, blade yang bertugas sebagai side casting, cutting ditches, pioneering road, serta side hill out.
  • Straight Blade, blade yang dipakai untuk berbagai macam pekerjaan dan medan.
  • Cushion Blade, digunakan untuk meredam tumbuhan karena sudah dilengkapi dengan cushion rubber.
  • Lisght Material U Blade, merupakan blade yang dipakai untuk keperluan material kohesif ringan seperti lumpur.
  • Bowl Dozer, blade yang berperan meningkatkan efisiensi bulldozer baik dalam pengangkatan maupun pendorongan material. Desainnya memang dibuat untuk mencegah agar material tidak tumpah.

2. Lift Cylinder

Apa itu lift cylinder? Lift cylinder merupakan komponen blade yang berperan sebagai penggerak blade. Komponen ini juga termasuk ke dalam power cylinder yang nantinya akan meneruskan tenaga hidrolik agar blade dapat diposisikan sesuai dengan kebutuhan. Pengontrolan lift cylinder bisa dilakukan dari lever yang berada di cabin.

3. Carier Roller

Jika ada komponen bulldozer yang berperan menahan main frame, maka jawabannya adalah carier roller. Komponen ini juga dinamakan sebagai track roller yang digunakan untuk menahan track shoe sehingga selalu berada dalam posisinya. Dengan begitu, bulldozer memiliki mobilitas yang baik.

4. Sprocket

Sprocket merupakan komponen pada bulldozer yang digunakan untuk menggerakkan track. Komponen ini merupakan gear yang akan meneruskan tenaga putar yang berasal dari engine sehingga bulldozer bisa digerakkan sesuai dengan kebutuhan.

5. Main Frame

Main frame termasuk ke dalam kerangka utama yang tergolong ke dalam undercariege bulldozer yang digunakan sebagai tempat track roller agar dapat menahan track shoe di posisinya. Komponen yang ada pada bulldozer juga mempunyai fungsi sebagai alur carier roller.

6. Straight Frame

Komponen keenam yang akan kami jelaskan adalah straight frame. Komponen ini merupakan yang berperan untuk menyangga blade. Ada juga yang mengatakan jika straight frame merupakan lengan atau tumpuan blade karena langsung berhubungan dengan blade dengan melalui engsel. Hal ini membuat blade bisa bergerak dengan bebas, baik untuk pengangkatan maupun pengerukan material.

7. Track

Track adalah komponen yang berperan sebagai roda bulldozer. Track adalah komponen yang langsung berhubungan dengan permukaan jalan dengan meneruskan tenaga yang berasal dari engine sehingga membuat bulldozer tersebut dapat digerakkan.

8. Cutting Edge

Cutting edge adalah komponen bulldozer yang berguna meratakan tanah. Komponen ini masih menjadi bagian dari blade. Gerigi pada cutting edge inilah yang membuat tanah bisa diratakan dengan baik.

9. End Bit

Fungsi dari end bit yaitu untuk menyerok meterial agar bisa masuk ke blade. End bit posisinya berada di pojokan atau bagian samping blade dan menjorok agak keluar.

10. Cabin

Ruang kendali bulldozer dinamakan sebagai cabin. Di sinilah operator bulldozer menjalankan tugasnya untuk mengendalikan bulldozer sesuai dengan kebutuhan. Posisi cabin berada di upperstructure bulldozer.

11. Engine

Sumber penggerakn bulldozer dinamakan engine. Engine berperan dalam menghasilkan tenaga pusat yang kemudian bisa menggerakkan bulldozer sesuai dengan kebutuhan. 

Demikian informasi mengenai pengertian dan beberapa komponan yang terdapat di dalam bulldozer. Semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular