Saturday, January 28, 2023
HomecrusherPenggunaan Alat Berat Stone Crusher yang Tepat

Penggunaan Alat Berat Stone Crusher yang Tepat

Dalam pertambangan, pemilihan alat yang tepat sangatlah diperlukan. Berbagai pekerjaan tidak hanya dilakukan oleh manusia namun membutuhkan bantuan mesin khusus contohnya alat berat stone crusher. Dengan penggunaan alat yang tepat maka pekerjaan bisa lebih efektif dan lebih mudah diselesaikan.

Salah satu bidang yang kerap menggunakan alat berat adalah bidang pertambangan. Berbagai alat dibutuhkan misalnya untuk menggali, menyingkirkan batu dan mengatasi kendala lainnya. Sebagaimana yang sering terlihat bahwa membutuhkan pertimbangan terlebih dahulu untuk memutuskan penggunaan alat berat.

Setelah itu memikirkan cara yang tepat sehingga proses pengerjaannya bisa benar-benar sesuai dengan yang dimaksud. Setiap peralatan yang digunakan harus terlebih dahulu diketahui fungsinya agar lebih optimal digunakan. Hal ini penting berkaitan dengan proses dan waktu pengerjaan agar lebih efisien.

Saat melakukan pekerjaan, penambang kerap menemui kendala. Salah satunya adalah batu yang cukup besar sehingga menghalangi pekerjaan tambang tersebut. Adapun stone crusher merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memecahkan batu menjadi ukuran yang lebih kecil. Hal tersebut agar lebih memudahkan untuk proses pengolahan.

Pemanfaatan Alat Berat Stone Crusher

alat berat stone crusher
madonna-chart.com

Dalam dunia industri khususnya pertambangan, mesin crusher lebih umum digunakan untuk penambangan terbuka. Hal ini karena mesin tersebut lebih mudah dioperasikan jika dibandingkan dengan penambangan di bawah tanah.

Berkaitan dengan penggunaannya, pasar dibedakan menjadi beberapa jenis tingkatan. Tingkatan primer dan sekunder biasanya digunakan untuk dapat memproses material yang besar dan kasar. Sedangkan crusher tersier dan kuarterner untuk material yang setingkat bijih agar lebih halus lagi.

Dalam pengoperasiannya alat berat stone crusher ini mengirimkan olahan material dimuat oleh truk dumper atau excavator. Namun dengan pemanfaatan teknologi terbaru mesin crusher kini ada yang memiliki mesin penggerak dan bersifat mobile atau berpindah tempat. Selain itu juga dapat menghancurkan material yang lebih besar.

Memilih Mesin Pemecah Batu Yang Tepat

Setelah memutuskan untuk menggunakan mesin pemecah batu maka sangatlah penting untuk menemukan yang benar-benar tepat. Hal tersebut bukan hanya sekedar menghemat waktu tetapi juga dapat menghemat uang untuk jangka panjang.

Mengenal Jenis dan Karakteristik Mesin

Terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis bahan apa yang sedang dikerjakan, apakah batu pasir, granit atau batu kapur. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda dan tentunya dapat menentukan crusher yang digunakan. Beberapa bahan lebih abrasif karena karena mengandung silika dalam jumlah yang tinggi.

Jaw crusher atau cone crusheryang merupakan Compression style crushers biasanya menggunakan bahan yang lebih abrasif. Sedangkan impact crusher seperti vertikal shaft impactor atau horizontal shaft impactor banyak digunakan untuk material yang kurang abrasif.

Perangkat Alat Berat Stone Crusher Perlu Perlindungan

Terdapat beberapa jenis perangkat perlindungan pada mesin ini sehingga membantu melindungi dari kerusakan. Misalnya pada jaw crusher yang memiliki pelat sakelar pada bagian atas yang berfungsi sebagai sekering pengaman. Contoh lain adalah cone crusher yang memilki sistem pelepas tramp yang memungkinkan uncrushables tanpa merusak meskipun lewat.

Berdiskusi tentang Kebutuhan kepada Distributor

Saran yang satu ini merupakan saran cukup penting karena jika Anda mencari mesin pemecah batu tentunya memerlukan informasi sebanyak-banyaknya. Distributor yang berpengalaman tentunya akan memberikan input atau masukan yang bermanfaat. Apalagi berkaitan dengan penggunaan alat berat yang cukup penting dalam suatu proyek.

Itulah sekilas mengenai penggunaan alat berat stone crusher yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya benar-benar mempertimbangkan terlebih dahulu untuk penggunaan jenis hasil pemecahan batu yang tepat untuk digunakan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular