Saturday, June 22, 2024
HomeEducationPenyaringan Operator Alat Berat Terbaik Indonesia Melalui 2022 Caterpillar Global Operator Challenge

Penyaringan Operator Alat Berat Terbaik Indonesia Melalui 2022 Caterpillar Global Operator Challenge

Mengoperasikan alat-alat berat memang tidak bisa dengan mudah dilakukan oleh sembarang orang. Seseorang yang bisa mengoperasikannya adalah operator alat berat yang merupakan seseorang yang memiliki keterampilan dan keahlian khusus dalam hal menjalankan dan mengoperasikan alat-alat berat.

Dalam sebuah perusahaan, operator ini memiliki peranan yang sangat penting dalam memastikan produktivitas kerja yang tinggi serta hasil yang maksimal. Untuk mencari operator terbaik yang ada di Indonesia, PT Trakindo Utama kemudian menyelenggarakan event 2022 Caterpillar Global Operator Challenge.

Kompetisi Operator Alat Berat 2022 Caterpillar Global Operator Challenge

2022 Caterpillar Global Operator Challenge merupakan sebuah kompetensi keterampilan operator alat berat yang diadakan oleh Caterpillar secara global dengan tujuan untuk mencari operator terbaik yang ada di dunia. Seperti yang disebutkan di atas, bahwa di Indonesia penyelenggara event ini adalah PT Trakindo Utama.

Pelaksanaan Kompetisi Operator Alat Berat Tingkat Nasional

Kompetisi semacam ini pertama kali dilaksanakan di tahun 2019 dan mendapatkan antusias dari berbagai negara termasuk Indonesia. Event 2022 Caterpillar Global Operator Challenge versi tingkat nasional akan diselenggarakan di Bali tepatnya di daerah Gianyar. Untuk proses seleksi akan dilaksanakan pada 10 sampai 11 Agustus 2022.

Nantinya, para pemenang event operator alat berat tingkat nasional ini akan mewakili Indonesia pada kompetisi babak regional yang akan dilaksanakan di Jepang pada Oktober mendatang. Dalam proses seleksi akan ada tiga pemenang yaitu National Winner yang akan mewakili Indonesia di babak regional, 1st Runner Up, dan 2nd Runner Up.

Setelah melalui proses babak regional, akan dilanjutkan pada babak Global yang akan dilaksanakan di Las Vegas Amerika Serikat pada tahun 2023. Acara besar ini bersama dengan event pameran alat berat tingkat dunia Conexpo-Con/Agg.

Jumlah Peserta Tingkat Nasional

operator alat berat
siar.com

Di awal Agustus 2022 tercatat terdapat 26 peserta operator alat berat dari berbagai daerah di Indonesia yang sudah mendaftar untuk melakukan kompetisi bergengsi ini. Pada kompetisi ini, para peserta akan diberikan berbagai macam tantangan dan rintangan untuk menguji keahlian dan kelincahan serta akurasi dalam mengoperasikan alat berat.

Jenis Alat Berat yang Akan Digunakan

Pada event ini, tidak sembarang alat berat yang bisa digunakan. Pihak penyelenggara sudah menetapkan tiga jenis alat berat yang bisa digunakan dalam 2022 Caterpillar Global Operator Challenge tingkat nasional.

Adapun tiga jenis alat berat yang ditetapkan yaitu Hydraulic Excavator Cat 320 GX, Mini Excavator Cat 305.5E2, dan Medium Wheel Loaders Cat 966GC. Sedangkan untuk event tingkat regional dan global akan memiliki peraturan berbeda mengenai jenis alat berat yang digunakan oleh operator alat berat yang bertanding.

Baca Juga : Jadi Sumber Cuan, Permintaan Alat Berat Tinggi

Alasan Dan Harapan Penyelenggara

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa event tingkat nasional ini diselenggarakan oleh PT Trakindo Utama. Dalam hal ini  perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan ini ingin mengapresiasi keahlian yang dimiliki oleh para operator di Indonesia.

Melalui event ini pihak PT Trakindo Utama berharap masyarakat bisa merasakan manfaat dari keberadaan perusahaan tersebut. Sedangkan operator yang sudah berhasil lolos di tingkat nasional mampu menjadi pemenang di tingkat dunia dan mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Demikianlah beberapa informasi seputar 2022 Caterpillar Global Operator Challenge yang merupakan kompetisi bagi operator alat berat untuk menunjukkan keahliannya dalam hal mengendarai kendaraan tersebut. Melalui kompetisi ini diharapkan para operator Indonesia mampu meningkatkan kompetensi dan keahliannya masing-masing.

sumber : kompas.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular