Saturday, January 28, 2023
HomeAlat beratPerbedaan 3 Jenis Excavator Hitachi yang Wajib Dipahami

Perbedaan 3 Jenis Excavator Hitachi yang Wajib Dipahami

Memilih alat berat yang tepat guna tentu menjadi prioritas setiap kalangan saat akan mengerjakan sebuah proyek industri. Ketepatan pemilihan mesin pasalnya bisa mempengaruhi kualitas proyek secara signifikan dari berbagai aspek mulai dari efektifitas hingga biaya operasional.

Untuk memaksimalkan proses pemilihan mesin konstruksi, beberapa kontraktor biasanya akan mempertimbangkan pemilihan excavator dari brand Hitachi terlebih dahulu sebelum mempertimbangkan produk dari brand lain. Bukan tanpa alasan, brand ini dikenal memiliki cukup banyak produk excavator yang bisa dipilih dengan 3 ukuran yaitu mini excavator, medium excavator, dan large excavator.

Adanya 3 pilihan produk ini tentu sangat mempermudah proses seleksi mesin karena perbandingan bisa dilakukan sekaligus untuk mengetahui ketepatan dan kesesuaian fungsi excavator dari brand ini dengan kebutuhan proyek industri. Lantas apa saja perbedaan yang dimiliki oleh ketiga jenis excavator dari brand Hitachi ini ? Berikut Ulasannya.

  1. Ukuran

Ukuran mesin menjadi perbedaan pertama yang paling mencolok dari ketiga jenis excavator yang dimiliki oleh brand alat berat ternama ini. Perbedaan ukuran fisik ini juga tergambar jelas dari kategori mini, medium dan large excavator yang disematkan pada setiap jenis produk.

  1. Penggunaan

Salah satu latar belakang pembuatan ketiga jenis excavator dengan ukuran fisik yang berbeda terletak pada perbedaan tujuan penggunaan dari ketiga mesin tersebut. Mini excavator lebih banyak direkomendasikan untuk pekerjaan di ruang sempit, medium excavator untuk proyek skala menengah yang membutuhkan excavator dengan mobilitas yang tinggi, sedangkan large excavator direkomendasikan untuk proyek yang membutuhkan kapasitas bucket yang besar serta dikerjakan di ruang proyek yang besar.

  1. Jangkauan Gali

Excavator dikenal sebagai mesin konstruksi yang mengandalkan ayunan arm untuk menggali serta kapasitas bucket untuk memindahkan material. Mini excavator biasanya memiliki jangkauan galian bucket maksimal hingga jarak 4 meter, sedangkan large excavator bisa menggali hingga jarak maksimal 13 meter. Tentu perbedaan jangkauan gali ini sangat mempengaruhi performa yang dimiliki oleh excavator.

Selain ketiga perbedaan diatas, pada dasarnya mesin excavator dari brand Hitachi memiliki kualitas yang sama tinggi namun dengan spesifikasi dan teknologi yang berbeda. Meski memiliki kapasitas yang kecil, namun mini excavator dari brand ini dikenal memiliki mobilitas dan produktivitas yang tinggi sehingga mampu bekerja dengan cepat di ruang kerja yang terbatas.

hitachicm.com

Medium excavator dan large excavator tentu memiliki kapasitas bucket yang lebih besar dengan jangkauan ayunan arm yang lebih jauh. Hal ini sangat membantu proses pemindahan material dalam jumlah yang banyak di ruang kerja yang luas berjalan dengan lebih cepat dengan hasil yang lebih maksimal.

Ada beberapa tipe mini excavator yang dimiliki oleh brand Hitachi diantaranya ZX10U-6, ZX17U-6, ZX19U-6, ZX19-6, ZX26U-6, ZX33U-6, ZX38U-6, ZX48U-6, ZX55U-6, dan ZX65U SB-6. Mini excavator dari brand ini banyak dipilih untuk membantu proses pembangunan di ruang kecil seperti taman dan pemukiman warga.

Tipe medium excavator dan large excavator sendiri pada dasarnya sering digunakan berdampingan pada proyek pembangunan yang serupa seperti pembangunan perumahan dan proyek gedung dan jalan tol. Terdapat 22 tipe medium excavator yang dimiliki oleh brand alat berat ternama ini diantaranya ZX85US-6, ZX135us-7, ZX180-7, dan lain sebagainya.

hitachiconstruction.com

Large excavator juga bukan hanya digunakan pada proyek pembangunan saja namun juga seringkali digunakan di berbagai industri lain seperti pertambangan untuk keperluan penggalian material. Beberapa tipe large excavator yang dimiliki oleh brand Hitachi diantaranya EX1900-6, ZX470LCH-5G, EX2600-7, EX5600-7, dan lain sebagainya.

Ketiga jenis excavator ini seringkali dibandingkan saat proses pemilihan alat berat yang akan digunakan dalam sebuah proyek untuk menentukan tipe excavator mana yang memiliki spesifikasi dan performa paling tepat dengan kebutuhan proyek tersebut. Pemilihan alat berat dari brand Hitachi ini tentu didasarkan pada berbagai alasan mulai dari mudahnya perawatan, ketepatan fungsi hingga kenyamanan dan keamanan operator selama menggunakan mesin ini. Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh brand ini juga dinilai menjadi alasan kuat mengapa alat berat Hitachi banyak dipilih dalam berbagai sektor industri di Indonesia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular