Saturday, January 28, 2023
HomeEducationPercepat Penanganan Longsor, Puluhan Alat Berat Diterjunkan Ke Cugenang

Percepat Penanganan Longsor, Puluhan Alat Berat Diterjunkan Ke Cugenang

Dampak bencana gempa Cianjur yang terjadi pada Senin 21 November 2022 hingga saat ini masih terlihat cukup memprihatinkan. Puluhan alat berat diterjunkan ke berbagai wilayah untuk membantu proses penanganan pasca bencana.

Mulai dari penanganan pembukaan akses, pembersihan puing bangunan, hingga pencarian korban terus dilakukan dengan melibatkan berbagai peralatan. Tidak hanya berpusat di satu lokasi bencana saja, ada cukup banyak wilayah yang terdampak bencana salah satunya adalah wilayah Cugenang.

Longsor Cugenang Ditangani dengan Alat Berat

Ruas jalan Cugenang hingga wilayah pemukiman di Kecamatan Cugenang menjadi salah satu wilayah yang terdampak gempa cukup parah. Bencana gempa yang terjadi pada pukul 13.21 WIB ini ternyata juga menyebabkan terjadinya longsoran di Kecamatan Cugenang dalam skala yang cukup besar.

Baca Juga : Pemda Cianjur Siap Siaga Menyediakan Alat Berat Di Wilayah Rawan Bencana Longsor

Longsor ini membuat ruas jalan utama di Kecamatan Cugenang tertutup material longsor serta membuat beberapa pemukiman ikut tertutup material. Skala longsor yang cukup besar membuat pemerintah bergerak cepat dengan langsung mendatangkan berbagai peralatan terutama alat berat jenis excavator dan dump truck untuk membantu proses pembersihan material longsor.

Pembersihan Jalur Cugenang dengan 6 Alat Berat

Jalur cugenang yang tertutup material longsor menjadi salah satu akses jalan besar yang menghubungkan beberapa wilayah di sekitar kecamatan Cugenang. Banyaknya material longsor yang menutupi area jalan membuat jalur Cugenang lumpuh total dan tidak bisa dilewati oleh kendaraan apapun.

Berdasarkan penuturan dari Kombes Muhammad Hidayat selaku Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Polda Jawa Barat, total ada 100  meter jalan Cugenang yang tertimbun material longsor. Untuk membersihkan material longsor yang ada, pihaknya telah menerjunkan 8 unit alat berat agar proses pembersihan bisa berjalan lebih cepat.

Dari total 100 meter jalan yang tertimbun longsor, petugas telah berhasil membersihkan jalan hingga 50 meter dalam waktu beberapa jam saja. Proses pembersihan material ini ditargetkan harus selesai pada h+1 dari bencana atau pada Selasa 22 November 2022.

alat berat
kumparan.com

Selama proses pengangkatan material ini juga terjadi beberapa hambatan seperti kondisi lokasi yang gelap setelah hari mulai malam sehingga petugas kesulitan membersihkan area jalan tersebut. Penemuan jenazah dan kendaraan yang tertimbun longsor juga menjadi salah satu faktor yang membuat peroses pembersihan terhenti sementara.

Pemindahan material di ruas jalan Cugenang juga dipercepat mengingat adanya pemberitahuan bahwa jalan tersebut menjadi salah satu akses yang akan dilewati oleh Presiden Joko Widodo untuk memantau kondisi para korban bencana gempa di Cianjur. Presiden diketahui memang akan mengunjungi beberapa lokasi pengungsian hingga lokasi terdampak gempa lainnya dalam waktu dekat ini.

Kondisi Kecamatan Cugenang Pasca Longsor

Tebing-tebing di sekitar Kecamatan Cugenang mengalami longsor sesaat setelah bencana gempa Cianjur terjadi. Hal ini membuat material longsor menutupi sebagian besar jalan sehingga jalan tersebut tidak bisa digunakan oleh berbagai jenis kendaraan baik besar maupun kecil.

Bukan hanya material longsor, beberapa pohon juga ikut tumbang dan menghalangi permukaan jalan hingga terdapat satu unit mobil yang tertimpa tanah longsor. Jalan aspal di area ini juga mengalami retakan akibat bencana gempa yang terjadi.

Melihat cukup parahnya dampak yang terjadi, pemerintah bergerak cepat dengan menurunkan personil dan alat berat untuk menangani kondisi ini. Material longsor segera di pindahkan menggunakan excavator besar dan excavator mini dengan tujuan agar jalan Cugenang tersebut bisa segera digunakan kembali seperti semula.

Banyaknya pemukiman dan wilayah terdampak lainnya yang harus melewati jalan Cugenang ini untuk mendapatkan bantuan juga menjadi salah satu pertimbangan mengapa pembersihan jalan dilakukan dengan cepat. Pembersihan area yang selesai dilakukan dalam satu hari saja diharapkan mampu membantu wilayah Cianjur agar bisa lebih cepat pulih kembali.

sumber : tvonenews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular