Tuesday, December 5, 2023
HomeExcavatorPerjalanan Distributor Kobexindo Membangun Prestasi Dalam Industri Alat Berat Di Indonesia

Perjalanan Distributor Kobexindo Membangun Prestasi Dalam Industri Alat Berat Di Indonesia

Industri alat berat di Indonesia terus bertransformasi ke arah yang semakin baik dari tahun ke tahun. Perbaikan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya peran perusahaan-perusahaan yang terkait dengan industri alat berat.

Diantara berbagai pihak yang terkait, distributor alat berat memegang salah satu peran yang besar karena menjembatani produsen alat berat dengan para pengguna alat berat di berbagai sektor. Salah satu distributor yang memerankan posisi penting di Indonesia adalah distributor Kobexindo.

Baca Juga : Kobexindo Optimis Prospek Bisnis Alat Berat Terus Naik

Distributor Kobexindo Berperan Penting Memperluas Pasar Alat Berat

PT. Kobexindo Tractors Tbk merupakan perusahaan terkemuka di Indonesia yang khusus bergerak dalam penjualan, penyewaan, dan layanan alat berat. PT. Kobexindo Tractors Tbk pertama kali didirikan pada tahun 1983 sebagai respon terhadap meningkatnya permintaan akan alat berat berkualitas dalam industri konstruksi dan pertambangan di Indonesia.

Dari awal pendiriannya, perusahaan ini telah mengemban visi untuk menjadi yang terdepan dalam penyediaan solusi alat berat yang handal dan inovatif. Sejak pendiriannya hingga memasuki tahun 1990-an, PT. Kobexindo Tractors Tbk mengalami pertumbuhan yang pesat.

Perusahaan ini tidak hanya fokus pada penjualan alat berat, tetapi juga memperluas portofolio bisnisnya melalui penyewaan dan penyediaan layanan. Langkah ini tidak hanya memperkuat posisi perusahaan di pasar, tetapi juga memberikan solusi lengkap bagi pelanggan. Akses penggunaan alat berat dalam berbagai sektor semakin mudah dilakukan berkat layanan yang disediakan oleh distributor Kobexindo.

Strategi Bisnis Distributor Kobexindo Antarkan Kobexindo Ke Masa Jaya

Tidak lama sejak pendiriannya, Kobexindo sebenarnya mulai dikenal masyarakat luas melalui berbagai layanannya. Masa jaya Kobexindo terus meningkat sejak Kobexindo menjalin kemitraan dengan beberapa brand alat berat ternama.

distributor kobexindo
Kerjasama Kobexindo dengan Berbagai Brand Alat Berat Ternama Membawa Kesuksesan Bagi KOBX

Kobexindo diketahui menjalin kemitraan dengan produsen alat berat ternama seperti Hyundai Construction Equipment. Brand alat berat ini dikenal dengan kemampuan perusahaan dalam menyediakan produk berkualitas tinggi kepada pelanggan.

Kerjasama yang dibuat dengan brand tersebut berhasil membawa nama distributor Kobexindo semakin melejit. Saat ini, Kobexindo telah bekerjasama dengan beberapa produsen alat berat lainnya diantaranya :

  • Doosan
  • Shantui
  • Dynapac
  • Hako
  • Macro
  • Rite Hite
  • Ameise
  • Jungheinrich
  • SAM
  • Mercedes Benz
  • Terex
  • Develon

Setelah kerjasama dengan beberapa produsen alat berat, kobexindo saat ini menangani beberapa sektor terkait alat berat diantaranya sektor pertambangan, logistik dan material handling, environmental solution serta sektor konstruksi dan agrikultur. Tidak hanya fokus pada penjualan alat berat dan kendaraan berat, kobexindo yang memiliki nama emiten KOBX ini juga tidak segan untuk memperluas jangkauan bisnisnya dengan mendirikan anak usaha baru di tahun 2023 ini.

Pada tanggal 21 Agustus 2023 lalu anak usaha dari PT. Kobexindo Tractors tbk yaitu PT. Kobexindo Equipment resmi mendirikan lini bisnis terbarunya. Direktur KOBX Martio dalam keterangannya pada Selasa 22 Agustus 2023 menuturkan bahwa Kobexindo Equipment (KE) mendirikan lini bisnis bernama Kobexindo Rental Nusantara (KRN).

KRN nantinya akan bergerak di bidang penyewaan serta rental alat berat dan kendaraan berat. KOBX menuturkan bahwa pendirian juga menggandeng perusahaan rekanan yakni PT. Infraforce Equipment yang memiliki satu persen saham di KRN sedangkan 99% saham lainnya dimiliki oleh kobexindo equipment dan kobexindo rental Nusantara itu sendiri.

Langkah bisnis ini menjadi salah satu cara KOBX untuk kembali meningkatkan kinerja keuangannya di tahun 2023 setelah kuartal 1 2023 mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022. Berbagai strategi dan langkah bisnis yang dilakukan sejak awal pendirian distributor Kobexindo telah berhasil menjadikan Kobexindo sebagai salah satu distributor terbesar di Indonesia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular