Saturday, June 22, 2024
HomeMiningPerusahaan Pertambangan Nikel NICE Diakuisisi Perusahaan Korsel

Perusahaan Pertambangan Nikel NICE Diakuisisi Perusahaan Korsel

Sektor pertambangan nikel menjadi salah satu sektor yang sedang mengalami kenaikan sejak tahun 2023 lalu. PT. Adhi Kartiko Pratama Tbk (NICE) menjadi salah satu perusahaan yang meraih sukses di sektor tambang nikel.

Di awal tahun 2024 ini. PT. Adhi Kartiko Pratama Tbk yang baru saja melakukan IPO di tanggal 09 Januari 2024 diketahui telah diakuisisi oleh perusahaan asal Korea Selatan LX International Corp. LX International Corp merupakan perusahaan perdagangan dan investasi ternama.

Baca Juga: Pertambangan Nikel, Sektor Sukses dengan Kehandalan NICE

NICE Ambil Langkah Akuisisi Demi Tingkatkan Performa Pertambangan Nikel

Sebelumnya telah terjadi penandatanganan Conditional Shares Sale and Purchase Agreement antara PT. Adhi Kartiko Pratama Tbk dengan PT. Energi Battery Indonesia (EBI) yang sahamnya dikuasai oleh LX International Corp. Penandatanganan kesepakatan ini sesuai dengan informasi yang tercantum dalam prospektus penawaran umum perdana saham PT. Adhi Kartiko Pratama Tbk.

Presiden Direktur NICE Stevano Rizki Adranacus menuturkan bahwa langkah akuisisi oleh LX Internasional Corp ini menjadi salah satu langkah strategis NICE untuk meningkatkan nilai perusahaan dalam ekosistem industri pertambangan nikel dan pengolahannya serta baterai kendaraan listrik.

Akuisisi NICE Sesuai dengan Rencana Hilirisasi Pertambangan Nikel

pertambangan nikel
NICE Diakuisisi LX International Corp Menyesuaikan dengan Rencana Hilirisasi Nikel

Dalam proses akuisisi ini, terjadi pengalihan saham dari beberapa pemegang saham NICE diantaranya saham milik PT. Sungai Mas Minerals, PT. Inti Mega Ventura, Michael Adhidaya Susantyo dan Victor Agung Susantyo kepada PT. Energi Battery Indonesia. Transaksi akuisisi saham ini memiliki nilai per lembar saham sebesar Rp 438 dengan total saham EBI pasca akuisisi sebesar 3.649.212.000 saham atau 60% dari total saham NICE.

Stevano juga menuturkan bahwa akuisisi yang dilakukan oleh LX International CORP ini juga sejalan dengan rencana jangka panjang mengenai hilirisasi industri nikel di Indonesia. Melalui akuisisi ini, NICE juga berharap dapat berperan aktif sebagai perusahaan publik untuk mengelola sumber daya alam yang berkelanjutan dan berpartisipasi dalam inisiatif global ESG.

NICE berharap dengan dukungan yang dimiliki dari LX International CORP, NICE dapat meningkatkan kinerja perusahaan sehingga menjadi perusahaan nomor satu di industri pertambangan nikel dan pengolahan nikel di Indonesia.

Sumber: medcom.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular