Saturday, January 28, 2023
HomeEducationPetugas Kerahkan Alat Berat Untuk Longsor Di Senggigi Akibat Hujan yang Lebat

Petugas Kerahkan Alat Berat Untuk Longsor Di Senggigi Akibat Hujan yang Lebat

Pariwisata di Senggigi sempat terganggu pada Jumat (23/9/2022) di jalan di Lereng Alberto, Desa Batulayar, Lombok Barat. Terjadi bencana alam yang disebabkan oleh hujan deras di kawasan tersebut sehingga membutuhkan alat berat untuk longsor dalam waktu cepat.

Kronologi Tanah Longsor Di Senggigi Karena Hujan Lebat

Hujan mengguyur dengan cukup kuat sehingga menyebabkan tanah longsor di wilayah tersebut. Afghan Kusuma Negara, Camat Batulayar menjelaskan, longsor yang terjadi tidak terlalu besar.

Namun, longsor masih sempat mengganggu pengendara, karena menutup sebagian badan jalan. Afghan juga menuturkan bahwa longsor yang terjadi sebenarnya tidak terlalu besar, namun karena longsor terjadi di musim hujan maka seluruh masyarakat harus waspada.

Afghan mengatakan alat berat telah datang untuk membuka jalan agar dapat kembali normal. Kapolsek Senggigi Kompl Priyo Suhartono mengungkapkan, selain longsor, banjir juga menggenangi sebagian kawasan menuju Pantai Senggigi.

“Ya, hujannya cukup deras, jadi hotel Merrumata itu banjir kecil sekitar 50 sentimeter,” kata Priyo. “Anggota kami datang untuk memantau dampak hujan, termasuk menjaga arus lalu lintas di Jalan Senggigi,” kata Priyo terkait penyiagaan alat berat untuk longsor.

Baca juga : Alat Berat Kobelco yang Dapat Digunakan untuk Penanganan Bencana di Indonesia

Penanggulangan Menggunakan Alat Berat Untuk Longsor

Penggunaan alat berat dalam bencana alam merupakan hal yang lumrah, karena bencana alam tidak dapat ditangani hanya dengan cara biasa. Berbagai bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan lainnya seringkali membutuhkan alat jenis ini.

Tujuan penanganannya adalah untuk membersihkan puing-puing yang berserakan pasca bencana atau membuka kembali jalan yang terhalang material tertentu akibat bencana. Alat berat berikut ini dapat  menangani bencana alam yang terjadi di Indonesia.

alat berat untuk longsor
viva.co.id

Alat Berat Excavator

Ada berbagai jenis excavator yang lebih baik dan dapat melakukan pekerjaan yang cukup berat di lokasi bencana. Beberapa bahkan dirancang untuk pekerjaan multiguna, termasuk bantuan bencana.

Penggali sebagai alat berat untuk longsor ini dapat membantu Anda menghilangkan puing-puing atau dahan yang tumbang setelah bencana alam. Sehingga jalan dapat dibuka kembali dan area tersebut dapat digunakan kembali untuk operasional.

Alat Berat Untuk Longsor –  Crane

Alat berat jenis ini dapat digunakan untuk mengangkat material khusus dari ketinggian tertentu. Crane  cocok untuk penanganan bencana alam, salah satunya kondisi jembatan yang ambruk. Alat ini dapat mempermudah proses evakuasi seluruh jembatan.

Jenis crane yang tersedia cukup bervariasi, terutama dalam hal tenaga. Anda dapat menggunakan alat jenis ini hingga kapasitas beban 180 ton untuk memindahkan  material yang sangat berat dalam satu kali operasi.

Alat Berat Dump Truck

Truk jenis ini dapat digunakan untuk mengangkut berbagai kebutuhan korban bencana alam untuk mengangkut bahan yang berbeda jika terjadi bencana alam. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengevakuasi korban dan berbagai kebutuhannya.

Hal ini karena kapasitas muat dump truck cukup besar. Hampir setiap bencana alam  membutuhkan alat berat jenis ini, karena alat ini dapat membantu memindahkan atau mengangkat berbagai keperluan bahkan membantu evakuasi warga.

Alat Berat Overloader

Jenis alat ini juga sering digunakan pada bencana alam, karena data teknisnya memungkinkan untuk melakukan pekerjaan berat di lokasi bencana. Dilengkapi pula dengan ban dan roda serta memiliki komponen yang disebut sekop di bagian belakang.

Excavator ini dapat digunakan untuk membersihkan tanah atau lumpur dan memindahkan material yang cukup berat. Excavator juga dapat digunakan untuk merestorasi daerah yang terkena bencana alam.

Sekian ulasan mengenai alat berat untuk longsor yang dikerahkan petugas Sengggigi akibat hujan yang lebat. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk mengetahui keadaan terkini pada berbagai wilayah di Indonesia.

Sumber : regional.kompas.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular