Monday, July 15, 2024
HomeEducationPofile Alat Berat Volvo

Pofile Alat Berat Volvo

Pofile Alat Berat Volvo – Bagi seseorang yang memahami seputra alat berat, tentu mereka tidak asing lagi dengan nama “Volvo”. Volvo tergolong salah satu industri alat berat yang berdiri sejak 1832. Volvo Construction Equipment atau Volvo CE telah banyak mengeluarkan produk terbaik mereka. Produk buatan Volvo pun laris manis di pasaran dan diakui sebagai salah satu produk dengan kualitas terbaik.

Setidaknya terdapat dua inovasi terkenal yang semakin membuat nama Volvo melambung yaitu articulated hauler dan wheel loader. Bisa dikatakan bahwa Volvo sudah merevolusi industri alat berat dan bahkan tradisi tersebut masih berlanjut hingga sekarang. Salah satu produk andalan Volvo adalah EC200D termasuk alat berat yang ada di kelas 20 ton. Ketika pertama kali diperkenalkan, EC200D langsung mendapatkan banyak respon positif. Tidak sedikit juga yang mengakui bahwa EC200D merupakan salah satu produk terbaik Volvo dan bahkan lebih baik dibandingkan yang dikeluarkan oleh perusahaan lain.

Sejarah Volvo

alat berat Volvo

Ketika membahas alat berat Volvo kita tidak bisa mengabaikan sejarahnya. Perlu kamu tahu bahwa sejarah Volvo mulai awal hingga saat ini tidak lepas dari kerman Gjuteri och Mekaniska Verkstad yang merupakan perusahaan asal Swedia yang berdiri pada 1890. Sebenarnya, Akerman merupakan perusahaan yang memproduksi alat-alat seperti penggiling dan pompa. Kemudian mereka mulai melebarkan sayapnya untuk mulai memproduksi alat-alat berat.

Mereka mulai memijakan kaki di industri alat berat ketika berhasil memperkenalkan eskavator Akeman 300 model tali sekop yang memiliki berat 8 ton. Produk tersebut diperkenalkan pada 1939 dan tidak menunggu waktu lama untuk mendulang banyak keuntungan dari produk tersebut. Akeman 300 model tali sekop semakin banyak dikenal dan banyak orang yang mulai tertarik untuk membelinya. Hal ini semakin menegaskan eksistensi dari Akerman sebagai perusahaan alat berat yang kiprahkan mulai diperhitungkan di pasar internasional.

Di tahun selanjutnya, bisnis yang dijalani oleh Akerman semakin berkembang dan semakin terkenal dimana-mana. Kemudian pada tahun 1956, Akerman fokus untuk berinovasi. Setelah itu, sekitar tahun 1960-an mereka berhasil memperkenalkan hydraulic excavator pertama mereka. Dari sini nama Akerman semakin banyak dikenal dan reputasinya di dunia internasional pun semakin bagus. Akerman telah dikenal sebagai produsen alat berat kelas premium dengan kualitas yang terbaik dan daya tahan tinggi.

Alat berat merk Akerman tidak ada yang meragukan kualitasnya. Indonesia termasuk salah satu negara yang menjadi tujuan pasar ekspor alat berat Akerman, terutama untuk excavatornya. Di samping banyaknya merk alat berat lainnya, insinyur dari Akerman terus mengembangkan produk mereka dan terus berinovasi untuk tetap menjaga reputasi baik yang selama ini sudah diraih. Kemudian pada tahun 1991, Akerman diakuisisi oleh Volvo dan sekarang kita lebih mengenal nama Volvo sebagai salah satu produsen alat berat terbaik.

Meskipun telah diakuisi pun, perusahaan ini masih tetap menjadi yang terbaik. Bahkan meskipun para kompetitornya tidak berhenti berinovasi, nama Volvo tetap menjadi salah satu yang banyak direkomendasikan bagi mereka yang mau membeli alat berat. Dijamin mereka tidak akan kecewa dengan produk yang dikeluarkan oleh Volvo karena mampu bertahan di segala medan dan mampu digunakan untuk jangka waktu yang lama.

EC200D, Salah Satu Produk Terbaik Volvo

alat berat Volvo

Di awal kami sudah membahas secara singkat mengenai salah satu produk andalan dari Volvo yaitu EC200D. Perlu diketahui bahwa mengapa EC200D merupakan produk andalan Volvo karena alat berat yang satu ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan keluaran para pesaingnya. EC200D mempunyai kualitas mesin terbaik. Mesinnya mampu menghemat konsumsi bahan bakar ketika digunakan untuk pekerjaan seperti tata lahan, konstruksi jalan, dan berbagai pekerjaan umum yang lain.

EC200D terkonfigurasi dengan komponen arm 2,9 mm, boom 5,7 mm, dan juga bucket 0,8 mm³. Kemudian, untuk kekuatan breakout yang dihasilkan oleh produk ini mencapai 116 kN. Perpaduan antara kekuatan dan penghematan bahan bakar ditambah dengan mesin Tier 3 Volvo D5E membuat EC200D mampu menghasilkan tenaga sebesar 115 kW pada torsi sebesar 2.000 rpm. Bukan itu saja, EC200D juga memiliki desain yang ergonomis sehingga mampu memberikan kenyamanan serta visibilitas operator di dalam kabin.

Dengan semua spesifikasi tersebut tidak heran mengapa EC200D menjadi produk andalannya. Di Indonesia, pembangunan jalan merupakan proyek jangka panjang yang sampai sekarang masih terus dilaksanakan. Oleh sebab itu, EC200D merupakan solusi terbaik untu diandalkan dalam melaksanakan pekerjaan ini. Selain semua kelebihan yang sudah kami sebutkan, produk ini juga memiliki kelebihan lainnya yaitu bisa digunakan secara bersama-sama dengan produk Volvo yang lain seperti paver ABG5820 dan compactor DD100.

Adapun kombinasi yang dihasilkan dari mesin bahan bakar tersebut ditambah dengan desain yang pas untuk keperluan konstruksi membuat Volvo CE yakin bahwa produknya akan laku keras dan memberikan banyak keuntungan. Tentunya hal ini bukan hanya sekadar harapan dan pendapat saja karena EC200D memberikan banyak kentungan bag perusahaan tersebut.

Produk Terbaik Lainnya dari Volvo Lengkap dengan Spesifikasinya

Perlu kamu tahu bahwa Volvo bukan hanya menjual excavator. Perusahaan ini juga menjual Wheel Loader dan Articulated Haulers yang semunya dibuat oleh para teknisi handal sehingga mampu menghasilkan alat berat kualitas terbaik.

1. EC55DC

alat berat Volvo

Excavator Volvo yang kualitasnya juga tidak kalah bagus adalah EC55DC. Alat berat ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Operating Weight: 69.300 – 71.700 kg
  • Bucket Capacity: 1,99 – 5,16 m³
  • Gross Power: 346 kW

2. EC300D

alat berat Volvo

Alat berat merk Volvo yang kedua adalh EC300D yang tergolong jenis excavator. Informasi seputar spesifikasinnya yaitu:

  • Operating Weight: 47.300 – 53.100 kg
  • Bucket Capacity: 1,77 – 3,8 m³
  • Gross Power: 265 kW

3. EC750D

alat berat Volvo

Untuk EC750D memiliki spesikasi sebagai berikut:

  • Operating Weight: 72.700 – 74.700 kg
  • Gross Power: 385 kW
  • Bucket capacity: 3,3 – 5,16 m³

4. L90Gz

alat berat Volvo

L90GZ merupakan alat berat merk Volvo berjenis Wheel Loader dengan spesifikasi:

  • Operating Weight: 15.000 – 17.000 kg
  • Bucket capacity: 2,2 – 7 m³
  • B Static tipping load at full turn: 9.140 kg

5. L350H

alat berat Volvo

L350H memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Operating Weight: 50.000 – 56.000 kg
  • Bucket Capacity: 6,2 – 12,7 m³
  • Static tipping load at full turn: 34.780 kg

6. A60H

alat berat Volvo

A60H termasuk ke dalam Articulated Hauler yang memiliki spesifikasi:

  • Payload Capacity: 55.000 kg
  • SAE 2:1 heap: 33,6 m³

7. A40G

alat berat Volvo

Untuk spesifikasi alat berat merk Volvo ini adalah sebagai berikut:

  • Payload Capacity: 39.000 kg
  • SAE 2:1 heap: 24 m³

Informasi selengkapnya, silakan mengunjungi https://indotruck-utama.co.id/ dan dapakan informasi lengkap seputar alat berat merk Volvo. Semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular