Saturday, January 28, 2023
HomeAlat beratPolres Cianjur Fokus Gunakan Alat Berat Untuk Bersihkan Puing Bangunan Pasca Gempa...

Polres Cianjur Fokus Gunakan Alat Berat Untuk Bersihkan Puing Bangunan Pasca Gempa Cianjur

Senin 21 November 2022 menjadi hari yang sangat membekas di ingatan warga Cianjur. Pada hari tersebut tepatnya pukul 13.21 WIB terjadi gempa bermagnitudo 5,6 yang berpusat di Kabupaten Cianjur dan meluluh lantahkan berbagai wilayah.

Segera setelah kejadian gempa tersebut, seluruh warga dan berbagai pihak dari seluruh Indonesia langsung terjun untuk menangani berbagai kerusakan yang disebabkan oleh gempa tersebut. Berbagai bantuan juga diberikan untuk membantu para korban mulai dari bantuan berupa makanan dan pakaian hingga alat berat untuk menangani dampak dari bencana gempa tersebut.

Baca Juga : 12 Alat Berat Diterjunkan Untuk Bersihkan Ruas Jalan Puncak Pasca Longsoran Gempa Cianjur

Alat Berat Dimaksimalkan Untuk Penanganan Pasca Gempa

Hingga hari ke-11 sejak terjadinya gempa tersebut, seluruh pihak mulai dari dinas pemerintahan hingga kepolisian dan relawan dari masyarakat masih terus berusaha untuk melakukan penanganan pasca bencana di berbagai wilayah Cianjur. Salah satu langkah penanganan yang dilakukan adalah membersihkan puing-puing bangunan dan reruntuhan di lokasi gempa tersebut.

Sejak terjadinya bencana gempa, seluruh pihak terus berusaha untuk melakukan tindakan cepat mulai dari pencarian korban hingga pemulihan trauma pada korban-korban gempa lainnya. Setelah lebih dari 10 hari pasca bencana, hampir seluruh korban telah berhasil ditemukan baik dalam kondisi selamat maupun meninggal dunia.

Pembersihan Puing Bangunan Menggunakan Alat Berat

alat berat
ekonomi.bisnis.com

Mulai tanggal 1 Desember 2022, pihak kepolisian mulai melakukan langkah lain untuk menangani dampak dari bencana gempa di Cianjur. Penanganan yang dilakukan yaitu langkah pembersihan terhadap puing-puing bangunan yang ada di lokasi gempa menggunakan beberapa unit alat berat.

Ada cukup banyak lokasi gempa yang menjadi titik fokus pembersihan poin salah satunya adalah Desa Nagrak di Kabupaten Cianjur. Kapolsek Cianjur, Kompol Faisal menuturkan bahwa pembersihan puing-puing bangunan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mempercepat proses pemulihan dan pembangunan kembali di berbagai wilayah Cianjur.

Kompol Faisal juga menuturkan bahwa proses pembersihan puing bangunan ini tidak dilakukan sendirian namun dilakukan dengan  petugas gabungan dari berbagai instansi pemerintahan dan relawan lainnya. Tujuan dari langkah pembersihan ini adalah agar para pengungsi yang rumahnya masih dapat ditinggali bisa segera kembali ke rumahnya masing-masing dan pengungsi yang kehilangan rumah karena roboh akibat gempa bisa segera kembali melakukan pembangunan rumahnya masing-masing.

Tentu proses pembangunan rumah para korban gempa ini nantinya juga akan didukung oleh berbagai pihak termasuk pemerintahan. Berbagai alat berat seperti excavator hingga dump truck diterjunkan untuk membantu proses pembersihan dan pemindahan puing-puing bangunan tersebut.

Tidak hanya fokus dalam membersihkan puing-puing bangunan saja, Polres Cianjur juga membentuk tim khusus untuk memberikan pelayanan terhadap para korban gempa seperti penyediaan dapur umum hingga posko kesehatan. Patroli dari pihak polres Cianjur juga terus dilakukan dengan membentuk tim patroli khusus yang berkeliling ke berbagai wilayah terdampak gempa untuk memastikan keamanan dari rumah-rumah yang ditinggalkan oleh korban gempa.

Hingga hari ke-11 sejak kejadian gempa tercatat ada lebih dari 100.000 warga menjadi korban dari bencana alam ini. Sekitar 328 orang meninggal dunia dan 703 orang mengalami luka-luka akibat dari gempa bermagnitudo 5,6 yang berpusat di 10 km barat daya dari Cianjur ini. Setelah 11 hari berlalu, berbagai pihak mulai dari para pengungsi hingga pemerintahan juga pihak kepolisian terus berusaha untuk menangani dampak bencana ini.

Menteri BUMN Erick Thohir bahkan mengarahkan beberapa perusahaan besar untuk membantu menyediakan alat berat agar proses pencarian dan penanganan pasca gempa bisa dilakukan dengan lebih maksimal dan selesai lebih cepat. Dengan penanganan cepat yang terorganisir dan dibantu oleh berbagai kalangan, proses pemulihan wilayah dan pemulihan para korban gempa diharapkan bisa segera terwujud dengan hasil yang maksimal.

Sumber : republika.co.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular