Saturday, December 3, 2022
HomeEducationProfile Merk Alat Berat Doosan

Profile Merk Alat Berat Doosan

Profile Merk Alat Berat Doosan Bagi seseorang yang mengenal tentang alat-alat berat, mereka tentu tidak asing dengan merk Doosan. Merk Doosan memang sudah terkenal dimana-mana dan menjadi salah satu yang terbaik. Produknya sudah terpercaya dalam menjalankan berbagai tugas untuk segala kebutuhan dalam waktu yang lama.

Meskipun di Indonesia sudah banyak merk alat-alat berat yang juga menawarkan kelebihannya masing-masing, namun Doosan masih tetap bertahan dan posisinya pun sepertinya tidak bisa tergantikan dan menjadi salah satu merk alat berat terbaik di dunia

Salah satu alasan mengapa produk Doosan sangat diminati adalah karena mereka mampu menciptakan sebuah alat berat yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Kualitas dan ketahanannya pun unggul dibandingkan dengan merk yang lainnya sehingga sangat pas digunakan untuk jangka waktu yang lama. Bahkan, pada 6 November 2019, Doosan memperkenalkan teknologi mereka yang diberi nama DVC300.

DVC300 merupakan sebuah katup kontrol utama atau MCV untuk dipakai pada excavator yang berukuran sedang. Teknologi ini kemudian mendapatkan penghargaan dari Korean Federation of Mechanical Engineering Societies sebagai ‘’10 teknologi alat berat terbaik’’. Penghargaan tersebut mereka dapatkan pada sebuah acara yang berjudul Machineray Day 2019.

Sekadar informasi bahwa MCV merupakan bagian yang digunakan untuk mengontrol tekanan hidrolis pada excavator. Bagian inilah yang membuat alat berat dapat maju, mundur, dan menggali secara lebih efektif. Hal ini karena setiap komponen akan mendapatkan tekanan hidrolis sehingga fungsinya dapat berjalan secara lebih maksimal.

Sejarah DVC300

Proyek DVC300 pertama kali dimulai pada tahun 2014. Pada saat itu Dognyoun Sohn menduduki jabatan sebagai direktur teknologi kepala Divisi R&D. pembuatannya sudah melalui berbagai macam tahapan, seperti desain, pengembangan bahan, verifikasi, dan lain sebagainya. DVC300 kemudian pertama kali dikomersialkan pada tahun 2018. DVC300 adalah MCV pertama kali di dunia yang dikomersilkan maupun dikembangkan untuk kebutuhan mono-block housing atau bodi terpadu. DVC300 diterapkan pada excavator berukuran sedang.

MCV yang tipe terintegrasi dikembangkan dengan maksud agar konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat kurang lebih 10%. Setelah itu, tujuan lainnya adalah untuk menekan biaya produksi hingga mencapai 20% namun masih tetap menawarkan keunggulan dibandingkan dengan MCV yang tipe gabungan. MCV tipe integrasi juga dirancang agar dapat diaplikasikan pada sistem hidrolik generasi selanjutnya. Selain itu, MCV tipe ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi elektronik yang terbaru sehingga semakin memberikan nilai tambah.

Mengenal Tentang PT. Kobexindo Tractors Tbk

Doosen memang memiliki beberapa wakil atau cabang perusahaan. Di Indonesia, terdapat PT. Kobexindo Tractors Tbk yang merupakan wakil Doosen. Perusahaan ini sudah menduduki urutan kelima sebagai perusahaan alat berat terbaik yang ada di Indonesia.

Kualitas produk yang ada PT. Kobexindo Tractors Tbk sudah banyak diakui. Perusahaan ini berlokasi di Gg. Kobexindo Tower Lt.6 Jl. Pasir Putih Raya Blok E-5-D Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Kelebihan produk yang ditawarkan oleh PT. Kobexindo Tractors Tbk yaitu mudah digunakan, perawatan, pemeliharaan, dan service yang gampang, produktif, dan tentunya tahan lama.

Berkaitan dengan pembayaran, PT. Kobexindo Tractors Tbk telah memberikan kemudahan dimana perusahaan ini akan membantu dalam proses leasing dengan penawaran bunga yang rendah. Populasi produk Doosen sudah mencapai kurang lebih 5000 unit dan tersebar di seluruh Indonesia.

Visi dan Misi PT. Kobexindo Tractors Tbk

  • Visi: membangun kekuatan dan daya saing melalui produk dan dukungan yang terkemuka.
  • Misi: memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui produk dan layanannya, membentuk kerja sama yang berkelanjutan dengan berdasarkan manfaat yang sama untuk kedua belah pihak.

Excavator Doosan

Excavator merupakan alat berat yang di dalamya terdapat lengan (arm), bahu (boom), alat keruk (bracket) yang cara kerjanya dengan memanfaatkan tenaga hidrolis dan dimotori oleh mesin diesel yang bergerak di atas roda lantai (trackshoe).

Excavator termasuk alat berat yang serbaguna karena bisa digunakan untuk berbagai macam pekerjaan seperti pertambangan, penggalian parit, lubang, pondasi, perataan permukaan tanah, perobohan gedung, pemindahan material, dan lain sebagainya.

Beberapa excvator dari Doosan antara lain:

1. DX27Z

Excavator Doosan yang pertama akan kita bahas adalah DX27Z. Alat berat yang satu ini memiliki kinerja tinggi dan mampu menjangkau semua medan. Sistem hidroliknya juga termasuk yang canggih dengan dikombinasikan mesin tangguh sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Alat ini mempunyai berat pengoperasian 2,79 ton.

DX27Z juga dirancang untuk memberikan kenyamanan kepada operator. Selain itu, DX27Z juga dilengkapi dengan fitur canggih untuk mengendalikan excavator tersebut sehingga mampu menjalankan tugas sesuai yang diinginkan. Alat berat ini memiliki mesin bertipe 3TNV82A-SDB yang termasuk mesin bertenaga.

DX27Z mempunyai jangkauan penggalian maksimal 4505 mm. Kemudian untuk kedalaman penggalian maksimalnya 2490 mm. Sebagai salah satu produk andalan dari Doosan, tidak heran jika banyak yang menggunakan DX27Z untuk menjalankan berbagai pekerjaan di segala medan dibandingkan excavator dari merk lain.

2. DX30Z

DX30Z juga merupakan alat berat andalan dari Doosan. Excavator ini didesain untuk menjangkau semua medan dan mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan kerja. DX30Z mempunyai berat pengoperasian 3,18 ton. Menggunakan mesin bertipe 3TNV82A-PDB memberikan performas maksimal. DX30Z memiliki kecepatan travel 2,6/4,6 km/jam. Untuk jangkauan penggalian maksimalnya mencapai 4882 mm dan kedalaman penggalian maksimal mencapai 2828 mm.

3. DX35Z

Excavator ketiga yang akan kita bahas adalah DX35Z. Memiliki berat sekitar 3,66 ton namun masih tetap memberikan kenyamanan ketika dioperasikan maupun dikendalikan. DX35Z merupakan hasil dari orang-orang inovatif yang menyediakan ruang kabin lebih besar dibandingakn dengan excavator merk lainnya. semua fitur yang disediakan semakin mempermudah pengunaan excavator ini.

DX35Z dibekali dengan mesin bertipe  3TNV88 dengan kecepatan travel mencapai 2,5/4,5 km/jam. Untuk jangkauan penggalian maksimalnya mencapai 5090 mm. Sementara itu, kedalaman penggalian maksimalnya mencapai 2838 mm.

4. DX55-5B

Sebuah excavator yang dirancang khusus untuk menjalankan tugas berat sepanjang waktu. DX55-5B termasuk excavator terbaik di kelasnya karena memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingakn merk lain. Konsumsi bahan bakar yang lebih efisien membuat pekerjaan menjadi lebih lancar dan nyaman.

Dx55-5B mempunyai berat 5,5 ton dan memiliki mesin model 4TNV94L-BVDBC. Sementara itu, untuk kecepatan travelnya 2.3/4.1 km/jam dengan jangkauan penggalian maksimal dan kedalaman penggaliannya yang masing-masing 6,135 mm dan 3,800 mm.

4. SOLAR500LCV

SOLAR500LCV merupakan excavator yang mempunyai bobot 50 ton. Kecepatan travelnya mencapai 5 km/jam atau 3,1 mph. Ruang operatornya dibuat lebih luas untuk memberikan kenyamanan kepada operator ketika mengperasikannya. Excavator ini hadir dengan mesin berkekuatan 232/2,000 kW/rpm dan model mesin yang digunakan DE 12TIS. Untuk jangkauan penggaliannya maksimal 10,290 mm dan kedalaman penggalian maksimalnya 6,280 mm.

5. SOLAR340LCV

Meskipun bentuknya hampir sama dengan SOLAR500LCV, namun excavator yang kami bahas kali ini mempunyai berat yang berbeda. SOLAR340LCV memiliki berat sekitar 33 ton dengan kapasitas bucketnya mencapai 1.25 – 1.83m³. Excavator ini dibekali dengan dua tipe mesin. Pertama, mesin bertipe DIN 6271 dengan performa 184 KW (250ps) pada 1,900rpm. Kemudian mesin bertipe SAEJ 1349 184KW (247ps) pada 1,900rpm.

6. DX140LC

Dibekali dengan kapasitas bucket 0,24 – 0,76 m³ dan mesin berkekuatan 95 HP pada 1,850 rpm membuatnya menjadi salah satu excavator dengan mesin bertenaga. DX140LC memiliki berat 14 ton. Bentuknya memang agak berbeda berbeda dengan SOLAR340LCV karena jika diperhatikan DX140LC memiliki bentuk agak ramping. Namun masih tetap memberikan kenyamanan kepada operator.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan tentang Doosan dan excavatornya. Sebenarnya, Doosan juga memiliki produk lain selain excavator yaitu forklift dan traktor.. Informasi selengkapnya silakan mengunjungi www.dealeralatberat.com maupun di asia.doosanequipment.com.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular